Ayam Rica-Rica Manado, Pedasnya Nagih

Sup brenebon, panada, dan tinutuan khas Sulawesi Utara–atau tepatnya Manado–ini tentu sudah tidak asing di telinga. Mama juga sering icip kan? Ada satu lagi nih kuliner Manado yang perlu Mama icip, yakni ayam rica-rica. Dalam bahasa Manado, “rica” sebenarnya berarti pedas atau cabai.


Sebenarnya tidak hanya ayam yang bisa diolah menjadi rica-rica. Bebek dan ikan pun bisa dimasak menggunakan bumbu ini. Namun yang paling lazim yakni memang menggunakan ayam. Yang menjadikan olahan ini spesial adalah rasanya yang pedas menggigit, warnanya yang merah cabai, dan juga aroma kemanginya yang khas. 


Betul! Daun kemangi ini juga menjadi kuncian dari masakan satu ini. Selain memberikan aroma yang khas, kemangi ini juga mampu menambah rasa nikmat dari ayam rica-rica Manado ini.


Bila Mama dan keluarga belum berkesempatan menikmati kuliner ini langsung di Manado, Mama bisa mengolahnya sendiri di dapur Mama. Simak cara pembuatannya di bawah ini ya, Ma.


wings-g8e39af51f_640.jpg

Ayam Rica-rica Manado Digoreng Kering


Bumbu ayam rica-rica Manado

Untuk membuat ayam rica-rica ini tentu Mama harus mempersiapkan bahan utama, yakni ayam. Mama bisa memotongnya menjadi 12 bagian. Gunakan jenis ayam sesuai selera keluarga. Untuk marinasi, Mama kucuri ayam ini dengan jeruk nipis dan sedikit garam. Tujuannya agar ayam tidak terlalu berbau dan rasa jeruk ini pun akan memperkaya cita rasa. Marinasi ayam kurang lebih 30 menit.


Untuk bumbu halus, Mama perlu menyiapkan cabai merah keriting, bawang merah (7 buah), bawang putih (5 butir), jahe, kunyit, gula garam dan tentu saja Masako® penyedap rasa ayam untuk menambah rasa.


Bahan pelengkap yang tidak boleh terlupakan adalah daun jeruk, daun sereh, dan tentu saja daun kemangi yang sudah Mama siangi. Agar rasa ayam rica-rica Manado ini semakin otentik, Mama bisa menambahkan daun kunyit dan daun pandan sebagai pelengkap. Fungsi dari daun kunyit ini tentu saja memberikan rasa dan aroma yang khas.


Cara membuat ayam rica-rica Manado

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menggoreng ayam yang sebelumnya telah dimarinasi. Goreng ayam dalam minyak banyak hingga setengah matang. Lalu sisihkan.


Selanjutnya panaskan secukupnya minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi. Masak dengan api kecil saja, sehingga aroma dari bumbu yang telah dihaluskan tadi lebih keluar. Eits, jangan lupa masukkan juga daun pelengkapnya.


Bila bumbu sudah mulai matang, masukkan ayam yang telah digoreng tadi ke dalam wajan. Tambahkan sedikit air. Biarkan air mendidih dan ayam matang. Test rasa, bila sudah pas. Masukkan daun kemangi yang telah disiangi tadi. 


Tips dalam mengolah ayam rica-rica :

Untuk rasa pedas yang lebih nendang, jangan buang biji cabe yang Mama pakai.


Agar lebih nendang, Mama juga bisa menghaluskan sereh, ambil bagian putihnya saja, haluskan bersama dengan bumbu yang telah disiapkan

Bila keluarga Mama tidak terlalu menyukai rasa pedas pada rica, maka Mama bisa tambahkan sedikit kecap sesaat sebelum memasukkan daun kemangi.


Apabila ingin membawa ayam rica-rica ini sebagai bekal, Mama dapat membuat ayam rica-rica ini dalam bentuk ayam suwir, sehingga lebih praktis dibawa dan siap dimakan.


Ayam rica-rica khas Manado ini siap disajikan. Sajikan bersama nasi hangat, dijamin ngabisin nasi. Untuk resep ayam rica lainnya Mama bisa lihat di sini yah. 

Kata orang Manado: “Mari makang jo!”