Artikel & Tips Aneka Masakan Udang dengan Sayuran Lezat dan Bernutrisi Tinggi
Aneka Masakan Udang dengan Sayuran Lezat dan Bernutrisi Tinggi

Aneka Masakan Udang dengan Sayuran Lezat dan Bernutrisi Tinggi

14 Feb 2023, 17:02

Jadikan keluarga semakin produktif hari ini dengan resep kombinasi udang dan sayur dari Dapur Umami.


Seafood yang hidup di perairan khususnya sungai laut atau danau yaitu udang masuk dalam kategori superfood jika Mama kombinasikan dengan aneka sayuran adalah ide yang hebat.

Kombinasi dua bahan tersebut akan diolah menjadi hidangan bergizi dengan nutrisi lengkap yang membantu menjaga keluarga tetap sehat dan produktif. Tapi, apakah Mama sudah punya ide resepnya?


Kalau masih bingung, tak perlu khawatir! Dapur Umami tak pernah kehabisan ide untuk membantu keluarga di seluruh Indonesia agar selalu mampu mengkreasikan aneka hidangan spesial.


Berbagai jenis udang yaitu udang rebon, udang vaname, lobster, udang windu, udang peci maupun udang yang berukuran besar dan kecil dipastikan ada dalam kumpulan resep Dapur Umami. Termasuk, kali ini kami akan memberikan ide olahan udang bersama sayuran yang bisa Mama coba langsung hari ini!


Resep Kailan Cah Udang ala SAORI®

Resep kailan cah udang adalah resep Kachimeshi yang merupakan resep dari program Dapur Umami yang mendukung atlet dan pecinta olahraga. Selain lezat, keseimbangan gizi di dalamnya membantu tubuh menghasilkan performa maksimal. Jadi, pasti cocok juga untuk menunjang produktivitas Mama dan keluarga.


Cara membuatnya mudah kok, Ma. Cukup tumis bawang bombay dan udang sampai matang, sayur kailan, cabai, SAORI® Saus Tiram, dan air. Kemudian, aduk-aduk semua bahannya sampai rata. Terakhir, tuang larutan tepung maizena untuk menghasilkan tekstur yang lebih menggugah.


Sehatnya kailan dengan bumbu SAORI® bercita rasa asam, manis, dan gurih, menjadi jaminan sayuran ini bukan hanya bergizi, tapi juga lezat. Kalau masih ragu, mending langsung coba deh, Ma!


Resep Buncis Tabur Udang ala Masako®

Rasa buncis muda yang agak manis membuatnya jadi salah satu sayuran favorit dalam menu-menu sayuran di seluruh dunia. Bukan hanya mengandung aneka vitamin dan mineral, buncis juga termasuk sayur yang tinggi protein. Jika ditambah dengan udang, tentu gizinya jadi semakin lengkap!


Resep buncis tabur udang bisa Mama coba dengan cara menggoreng buncisnya dulu sebentar, lalu sisihkan. 


Setelah itu, siapkan wajan, tumis bawang putih, masukkan udang, kemudian tumis. Saat warna udang mulai berubah, tambahkan minyak wijen, masukkan buncis yang sudah digoreng, kecap asin, SAORI® Saus Tiram serta Masako® Rasa Ayam. Terakhir, aduk semuanya sampai rata lalu sajikan di meja makan! Mudah, kan?


Resep Salad Roll Udang ala Mayumi®

Kalau Mama baru pertama kali mendengar salad roll, Dapur Umami kasih tau! Ini adalah salah satu makanan khas dan populer di Vietnam. Berupa lumpia gulung berisi aneka sayuran yang pastinya menyehatkan. Selain itu, sebagian salad roll juga menggunakan sumber protein seperti udang sebagai isian.


Kalau Mama mau membuatnya, buat dulu campuran sayur dengan saus mayo yang terdiri dari wortel, selada air, timun, kol ungu, serta Mayumi® Pedas. Setelah itu, siapkan rice paper yang sudah Mama celupkan ke dalam air sekitar dua detik. Kemudian, taruh sayuran dan udang rebus di atas rice pepper lalu gulung rapi.


Mama tak perlu mengukus atau menggorengnya lagi. Toh, pada dasarnya kan semua bahannya memang sudah matang. Dengan begitu, selain enak dan kaya gizi, resep salad roll udang ini juga low kolesterol karena tidak melibatkan minyak dalam prosesnya.


Resep Udang Sayur Popcorn ala Sajiku®






Untuk resep kombinasi udang sayur terakhir ini, Dapur Umami buat spesial untuk jadi menu bekal makan anak sekolah atau suami ke kantor. Selain lezat dan bergizi, campuran bahannya juga gurih dan penuh warna sehingga lebih menggugah selera. Mau coba bikin Ma? Yuk! 


Pertama-tama, buat dulu adonan crispy-nya dari campuran Sajiku® Tepung Bumbu, daun kemangi, serta air. Kemudian, siapkan udang, potongan brokoli, serta wortel. Lalu, lumuri ketiganya dengan adonan crispy dan goreng satu per-satu hingga habis. 


Kalau sudah, tinggal tata deh di dalam lunch box. Mama juga bisa sisipkan saus sambal atau saus tomat sachet jika anak dan suami suka dengan keduanya. Pasti senang kan membayangkan mereka lahap makan bekalnya dan tetap produktif berkegiatan berkat resep udang sayur popcorn yang Mama buat?


Dapur Umami yakin, sebagian dari Mama sudah tidak sabar untuk mengolah salah satu resep di atas! Ayo Ma, buat dari sekarang. 


Tapi kalau masih membutuhkan referensi lainnya, Dapur Umami juga masih punya kok aneka resep udang dan sayur yang tidak kalah lezatnya. Selamat mencoba, ya!









Source of Thumbnail: salad roll vegetables with salad by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.