3 Olahan jagung out of the box dari yang paling simpel - Dapur Umami

3 Olahan jagung out of the box dari yang paling simpel

Mama pasti selalu punya jagung di rumah, baik yang masih ada tongkolnya, yang sudah pipilan, maupun dalam bentuk tepung maizena. Pastinya, tidak sedikit resep jagung yang sudah Mama kuasai. Namun, bagaimana dengan variasi olahan yang Mama kuasai? Apakah itu-itu saja, atau adakah yang baru?  


Karena itulah kali ini Dapur Umami ingin mengajak Mama mencari olahan paling out of the box untuk bahan pangan yang berasal dari Meksiko ini. Kalau keluarga lebih lahap makan dengan jagung, pastinya bagus juga dong dampaknya bagi keluarga. 


Perkedel jagung

Mari kita awali dengan yang tidak terlalu asing buat kita, yaitu perkedel jagung. Sebagian besar dari kita pasti tidak asing lagi dengan istilah perkedel. Tapi, perkedel yang kita kenal biasanya adalah perkedel kentang. 


Untuk membuat hidangan ini di rumah, sebenarnya Mama sekali tidak perlu takut. Bahan-bahan yang diperlukan cukup sederhana, yaitu 2 buah jagung yang sudah dipipil, bawang putih dan bawang merah secukupnya, 1 ruas kencur, 200 gr tepung terigu, cabai merah besar, 3 batang daun bawang, dan kaldu ayam kegemaran Mama dan keluarga MASAKO®.


Untuk membuatnya, Mama hanya perlu menghaluskan jagung pipil bersama bawang merah dan bawang putih. Kemudian, masukkan semua bahan yang lain dan aduk hingga rata. Terakhir, bentuk adonan menjadi bulatan yang cenderung pipih. 


Adonan perkedel pun kini siap digoreng. Kalau ingin resep yang out of the box ini, kunjungi halaman dapur umami kalau ingin mendapat detail resepnya di sini.


Nasi tim ayam jagung




Nasi tim ayam jagung ini agak panjang prosesnya tapi worth it banget! 


Kalau ingin yang sedikit lebih menantang prosesnya tapi hasilnya worth it, Mama bisa coba olahan yang satu ini. Proses membuat olahan kali ini agak menantang utamanya karena membutuhkan tahapan beberapa kali.


Mama siapkan dulu bahan-bahannya. Kita perlu nasi aron 500 gr, jagung 100 gr, 1 buah bawang bombay yang dipotong dadu, SAORI® saus teriyaki, 1 buah dada ayam dipotong dadu, kuah kaldu, dan daun bawang. 


Cara membuatnya adalah: pertama mama siapkan nasi aron. Nasi aron ini adalah nasi yang pertama-tama masaknya dengan 1) dikukus hingga setengah matang, 2) diangkat dan diaduk dalam air panas, dan 3) dikukus lagi. Untuk keperluan nasi tim ayam, angkat nasi setelah tahap kedua tadi. 


Selanjutnya, kita perlu menyiapkan ayam dan jagungnya. Cara membuat isian ini cukup gampang. Pertama, tumis bawang bombay dadu hingga harus. Selanjutnya masukkan ayam yang sudah dipotong dadu. Kemudian masukkan jagung dan SAORI® Saus Teriyaki. Tambahkan garam dan gula sesuai pilihan. 


Setelah semua bagian matang, ambil satu wadah dan tuangkan tumisan ayam jagung teriyaki pada dasar wadah hingga ketebalan 2 cm. Kemudian masukkan nasi aron ke wadah hingga penuh. Terakhir kukus nasi yang sudah disatukan dengan ayam teriyaki ini. Kukus hingga cukup matang dan jadi salah satu andalan Dapur Umami ini

Tahapnya ada beberapa ya, Ma, tapi dijamin worth it deh. 


Bakwan jagung keju

Yang terakhir ini pasti Mama akan senang, terutama karena prosesnya yang cukup mudah. Dan anak-anak pun pasti senang karena anak sekarang suka sekali elemen keju dalam hidangan. 


Untuk membuat bakwan, bahannya cukup mudah dan bisa dimodifikasi dengan gaya apa saja sesuai kebutuhan Mama. Namun, yang bisa dijadikan panduan adalah seperti yang ada di situs Dapur Umami, yaitu 70 gr jagung, 1 bungkus SAJIKU Tepung Bumbu Bakwan Crispy, 30 ml air, minyak goreng secukupnya, 40 gr udang (cincang lebih baik), 20 gr keju (potong dadu) dan 1 sendok teh seledri. 


Cara membuatnya adalah dengan mencampur semua bahan jadi satu. Pastikan Mama mengaduk semua hingga mencampur rata dan tidak menggumpal. Panaskan minyak goreng dan tuang adonan ke dalam minyak dengan menggunakan sendok makan agar ukurannya sama. Angkat bakwan ketika sudah berwarna keemasan. 


Super simple, kan, Ma? Pasti para bocah heran dan suka ketika nyeplus kejunya. 

Dengan tiga olahan yang out of the box ini, Mama jadi punya cara yang tidak biasa untuk menghadirkan jagung di meja makan.