Artikel & Tips 7 Kreasi Menu Ikan yang Tidak Bikin Bosan
7 Kreasi Menu Ikan yang Tidak Bikin Bosan

7 Kreasi Menu Ikan yang Tidak Bikin Bosan

14 Jun 2024, 11:06

Ikan yang biasa dipandang sebelah mata sebagai pilihan lauk di meja makan, ternyata merupakan sumber gizi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Ada banyak manfaat yang membuat mengonsumsi ikan sehari-hari begitu baik, seperti berikut ini:

  • Sumber protein hewani
    Ikan merupakan sumber protein hewani yang baik dan menjadikannya alasan paling utama mengapa kita perlu menambahkan dalam daftar bahan utama masakan sehari-hari. Protein dalam ikan mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki sel-sel yang rusak.
  • Mengandung omega-3
    Bahan makanan satu ini sangat kaya akan omega-3 yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh dan dikenal penting untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah. Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.

    Selain mencegah risiko penyakit kardiovaskular, omega-3 pada ikan juga baik untuk kesehatan otak. Zat gizi ini dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fungsi kognitif secara keseluruhan.
  • Kaya akan vitamin dan mineral
    Ternyata di dalam ikan, juga mengandung vitamin dan mineral penting lain seperti vitamin D, vitamin B12, zat besi, dan selenium. Nutrisi-nutrisi ini berperan dalam menjaga kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, serta fungsi tiroid dan hormon.

Dengan segudang manfaat yang ditawarkan, sudah seharusnya ikan menjadi bagian rutin dari pola makan kita. Apabila kamu merasa bingung mulai dari mana mengonsumsi ikan, bisa langsung cek di Dapur Umami. Ada banyak rekomendasi menu-menu ikan yang dapat dicoba seperti lima menu berikut ini:

 

1. Ikan Dori Saus Teriyaki ala SAORI® 2. Sup Ikan Tenggiri Ala AJI-NO-MOTO® 3. Ikan Bakar Rica-Rica ala AJI-NO-MOTO® 4. Ikan Panggang Bumbu Ketumbar ala AJI-NO-MOTO® 5. Sate Tuna ala AJI-NO-MOTO® 6. Ikan Kembung Sambal Matah ala Sajiku® 7. Ikan Tongkol Bumbu Rujak ala AJI-NO-MOTO®

Dengan membiasakan untuk mengonsumsi ikan secara rutin, tubuh kita akan mendapatkan asupan gizi yang seimbang dan optimal. Kebiasaan ini juga merupakan langkah awal untuk hidup lebih sehat dan bugar dalam jangka panjang. Jadi tunggu apa lagi? Segera buat menu masakan ikan spesial pertamamu bersama Dapur Umami!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.