Artikel & Tips 5 Menu Kaya Protein yang Baik untuk Ibu Hamil
5 Menu Kaya Protein yang Baik untuk Ibu Hamil

5 Menu Kaya Protein yang Baik untuk Ibu Hamil

13 May 2024, 14:05

Selama masa kehamilan, gizi yang seimbang sangat penting untuk mendukung kesehatan ibu dan perkembangan bayi dalam kandungan. Selain asam folat, zat gizi lain yang harus diprioritaskan adalah protein. Asupan protein berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang bayi yang optimal, mencegah stunting dan meningkatkan sistem imunitas (daya tahan tubuh). Artikel Dapur Umami kali ini akan mengulas seputar 5 menu kaya protein yang baik untuk ibu hamil.

Menu Kaya Protein untuk Ibu Hamil

  • Daging Ayam: Daging ayam terutama bagian dada ayam, merupakan sumber protein hewani yang kaya akan asam amino penting untuk perkembangan janin. Selain mengandung protein, daging ayam juga mengandung zat besi heme, yang lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan zat besi non-heme dari pangan nabati dan sayur-sayuran. Pastikan untuk memasak daging hingga matang dengan baik untuk mencegah risiko infeksi makanan. Contoh menu olahan daging ayam misalnya Asem-Asem Ayam Kampung Ala AJI-NO-MOTO®.
  • Telur: Telur adalah sumber protein yang mudah diperoleh dan kaya gizi misalnya seperti kolin, yang mendukung perkembangan otak janin. Protein dalam telur juga membantu dalam pembentukan jaringan dan organ janin. Telur merupakan pilihan makanan mudah dan dapat dimasak dalam berbagai cara, seperti direbus, digoreng, atau ditambahkan ke dalam salad. Contoh menu olahan telur misalnya Kalio Telur ala AJI-NO-MOTO®.
  • Ikan Salmon: Ikan salmon adalah sumber protein berkualitas tinggi yang juga mengandung asam lemak omega-3, seperti DHA, yang penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi risiko komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia. Ibu hamil tidak direkomendasikan mengkonsumsi ikan mentah selama kehamilan. Contoh menu olahan salmon misalnya Grilled Salmon with Oregano.
  • Kacang-kacangan: Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, dan lentil, dan lain sebagainya merupakan sumber protein nabati yang kaya akan serat dan zat gizi lainnya. Contoh menu olahan kacang-kacangan misalnya Sup Kacang Merah Masako®
  • Susu: Susu merupakan sumber protein yang kaya akan kalsium dan vitamin D yang mendukung kesehatan tulang ibu dan janin. Ibu hamil sebaiknya memilih produk susu yang rendah lemak untuk mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol. Hindari produk susu yang tidak dipasteurisasi atau mengandung bakteri berbahaya seperti Listeria.

Nah, itu dia informasi seputar 5 menu kaya protein untuk ibu hamil. Menyertakan makanan-makanan kaya protein dalam pola makan sehari-hari ibu hamil adalah langkah penting untuk memastikan bahwa ibu mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk kesehatan dirinya sendiri maupun perkembangan janin. Kalau kamu memiliki pertanyaan seputar gizi selama kehamilan, yuk konsultasikan saja ke Nutriexpert Dapur Umami. 

(NTR-HF)

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.