Artikel & Tips Serba-Serbi Resep Masakan Crispy Bergizi untuk Sarapan Tiap Hari
Serba-Serbi Resep Masakan Crispy Bergizi untuk Sarapan Tiap Hari

Serba-Serbi Resep Masakan Crispy Bergizi untuk Sarapan Tiap Hari

28 Feb 2023, 13:02

Menu lauk crispy bikin sarapan pagi keluarga lebih menyenangkan. Cara pembuatannya mudah dan praktis. Setiap hari Mama bisa ganti-ganti menu karena bahan apapun dapat diolah jadi crispy. Pastinya tidak akan membosankan.


Selain tepung bumbu, teknik mengolah masakan crispy juga harus benar agar hasilnya renyah dan tahan lama. Masih bingung mau masak apa? Sebagai referensi, di artikel kali ini Dapur Umami berikan contoh resep lauk crispy yang cocok untuk sarapan.


Ide Resep Masakan Crispy yang Mudah

Dengan bahan utama telur, tempe, ayam, dan udang, coba masak beberapa pilihan menu berikut:


1. Telur Dadar Crispy

Telur dadar ala warteg memang sudah terkenal banget dengan kulitnya yang crispy, tetapi resep satu ini jauh lebih renyah. Rahasia telur crispy dadar adalah dua kali penggorengan supaya renyah. Ini juga bikin gorengan tidak terlalu berminyak.


Bahan utama Resep Telur Crispy Ala Sajiku® empat butir telur ayam dan bayam secukupnya. Jadi, selain enak, juga tetap sehat. Untuk bumbu, gunakan satu bungkus Sajiku® Tepung Bumbu. Bagi dua tepungnya untuk bumbu cair dan kering.


Prosesnya terbagi dua fase. Pertama, buat adonan telur dadar. Campurkan juga daun bayam, setelah itu goreng matang. Fase kedua, potong-potong telur dadar empat bagian, masukkan ke tepung basah, tepung kering, kemudian goreng. Hasilnya, telur dadar sangat crispy. Telur dadar crispy bisa buat lauk sarapan ataupun sekadar camilan


2. Tempe Sajiku® Crispy

Ide masakan yang kedua tempe crispy. Bedanya dengan tempe goreng biasa atau mendoan yaitu kulitnya seperti ayam krispi. Ini spesial karena pakai Sajiku®. Kalau Mama sedang diet, sebaiknya olah tempe dengan dipanggang atau makan mentah saja. Tempe goreng memang enak, namun harus diperhatikan kalorinya.


Resep masakan tempe goreng tepung crispy bahannya super simpel. Prosesnya tidak sampai 30 menit, cocok buat sarapan. Yang harus Mama siapkan yaitu satu papan tempe dan Sajiku® Tepung Bumbu.


Cara memasak Resep Tempe Crispy Sajiku® sama seperti yang pertama tadi. Siapkan bumbu cair dan kering, balurkan bergantian, lalu goreng. “Kunci tempe renyah adalah mencairkan tepung bumbu serba guna pakai air es.” Tempe crispy nikmat dimakan hangat-hangat bersama nasi dengan sambal kecap.


3. Bola-Bola Ayam Sayur

Butuh kreasi lauk sarapan biar anak tidak susah makan? Silakan Mama masak bola-bola ayam sayur. Anak cenderung menyukai makanan yang punya warna, tekstur serta penyajian berbeda. Daripada ayam crispy biasa, bentuk bola tentu lebih menarik.


Tenang, Ma, cara bikinnya sama sekali tidak sulit kok. Sajiku® Tepung Bumbu memudahkan Mama membuat sajian unik ketiga ini. Bahan dasar resep masakan ayam crispy adalah daging ayam cincang. Sayurnya, sawi putih matang dan wortel, cincang juga keduanya. 


Untuk menghasilkan ayam yang kulitnya crispy, perlu sampai tiga lapisan tepung. Lapisan pertama dicampur langsung ke cincangan ayam sayur. Buat bentuk bola-bola, celupkan ke tepung Sajiku® cair, kemudian balurkan tepung kering. Sebagai finishing Resep Bola Sayur Crispy, hiasi bola-bola pakai wortel dan jamur kuping agar bentuknya menyerupai anak ayam. Si kecil pasti doyan


4. Salad Udang Sehat Crispy

Mama mengira menu diet, contohnya salad, tidak mungkin crispy. Di ide resep terakhir, Dapur Umami akan menunjukkan menu udang crispy yang sehat. Caranya tanpa digoreng, tetapi menggantikan tepung dengan biskuit cracker tawar. Menarik, bukan?


Pilih menu keempat ini kalau Mama tidak punya banyak waktu menyiapkan sarapan. Dalam 20 menit, semua sudah siap di meja. Bahan-bahan Resep Salad Udang Crispy ala Mayumi® yaitu udang rebus kecil-kecil, cracker tawar, peterseli, serta irisan head lettuce.


Pelengkapnya bebas, cari saja bahan yang tersedia di dapur. Boleh menambahkan tomat, bombay, paprika hijau, perasan lemon. Jangan lupa Mayumi® Pedas. Buat dressing salad dari irisan paprika, bombay, tomat, perasan lemon. Aduk merata semua bahan tersebut.


Tumpuk berurutan dari bawah ke atas mulai biskuit, lettuce, dressing, Mayumi®, udang rebus, lalu hiasi dengan peterseli. “Satu porsi salad biskuit udang ini mengandung kalori 224 Kkal.”


Menu Crispy Bikin Sarapan Happy

Sekarang Mama punya empat tambahan referensi ide masak menu sarapan crispy enak dan sehat. Jangan ragu untuk membuat kreasi sendiri karena Ide Masakan Crispy tidak terbatas. Selamat memasak, Ma!





Source of thumbnail: Crispy fried chicken on a plate with tomato sauce by Jcomp on Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.