Selain Jaga Makan, Lakukan 5 Cara Ini untuk Sukses Diet

SELAIN JAGA MAKAN, LAKUKAN 5 CARA INI UNTUK SUKSES DIET!


Sudah atur pola makan agar jadi lebih sehat? Selamat buat kamu! Tapi, kamu tau tidak, ternyata untuk menurunkan berat badan ke angka ideal butuh lebih dari mengatur pola makan! Banyak loh orang yang sudah berusaha mengatur makanannya tapi tetap saja sulit menghilangkan bobot tubuh. Kalau kamu salah satunya, sepertinya kamu harus mencoba beberapa tips di bawah ini agar dietmu berhasil!


1.   Menghindari Stress

Ada 2 hal yang biasanya dilakukan oleh seseorang saat stress. Pertama adalah mengurangi makan, dan yang kedua adalah meningkatkan makan. Saat stress, orang yang melampiaskannya dengan cara makan akan memakan makanan yang manis seperti cokelat untuk membuat diri menjadi lebih tenang. Padahal, konsumsi makanan manis seperti cokelat justru dapat meningkatkan risiko peningkatan berat badan tubuh karena mengandung gula, lemak dan kalori!


2.   Cukup Tidur

Hayo, apakah kamu suka begadang? Kalau kamu sedang berusaha hidup sehat, sebaiknya kamu kurangi kebiasaan ini! Begadang atau kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan, loh! Mekanisme tersebut secara hormonal akan diatur oleh hormone ghrelin. Saat kamu tidak cukup tidur, maka tubuh akan memproduksi hormon leptin lebih sedikit (hormon yang menstimulasi penurunan nafsu makan) dan memproduksi hormon ghrelin (hormone yang menstimulasi peningkatan nafsu makan). Makanya, lebih baik kamu tidur cukup, yaitu 7 hingga 9 jam per hari.


3.   Rutin Olahraga

Selain membantu tubuh tetap bugar, olahrga teratur dapat membantu menurunkan berat badan melalui mekanisme pembakaran kalori dan lemak tubuh secara bertahap. Olahraga sebaiknya rutin dilakukan setiap hari selama 30-60 menit untuk memperoleh hasil yang optimal.

Jenis olahraga yang bisa kamu lakukan harus sesuai dengan kondisi tubuh, ya! Kalau kamu termasuk dalam kategori overweight maupun obesitas, maka kamu sebaiknya tidak melakukan olahraga dengan intensitas tinggi karena dapat mengakibatkan cidera tubuh. Tapi, kamu bisa tetap melakukan olahraga intensitas ringan hingga sedang, misalnya jalan kaki maupun jogging. Kalau berat badanmu sudah telah turun secara perlahan hingga mencapai indeks massa tubuh yang normal, barulah kamu bisa melakukan olahraga berat seperti cardio.


4.   Defisit Kalori dan Intermitten Fasting

Kamu pasti sudah familiar dengan 2 istilah ini kan? Keduanya memang populer di dunia maya dan termasuk cara yang aman untuk menurunkan berat badan. Bila kamu ingin melakukan defisit kalori, kamu bisa mengurangi asupan kalori setiap kali makan sebanyak seperempat hingga setengah bagian dari sebelumnya dan menggantinya dengan makanan yang mengandung tinggi serat. Selain defisit kalori, kamu juga bisa melakukan intermitten fasting (puasa selang-seling) untuk membantu program penurunan berat badan. Intermitten fasting bisa membantu kamu mengurangi jumlah asupan kalori dan lemak harian.


5.   Penerapan “Mindfull Eating”

Mindfull eating merupakan konsep penerapan kesadaran penuh yang bisa kita lakukan saat makan. Biasanya, saat makan buru-buru, ngemil, dan makan yang dibarengi dengan aktivitas lain seperti menonton TV bisa membuat seseorang tidak menyadari banyaknya asupan kalori, gula dan lemak yang sudah masuk ke dalam tubuh. Penerapan mindfull eating saat makan bisa membuat kita menyadari apa saja yang sudah kita makan, seberapa banyak makanan yang telah dimakan, dan berhenti makan ketika sudah sesuai kebutuhan atau saat kita sudah cukup banyak makan. Penerapan mindfull eating saat makan akan membantu kita untuk tidak terburu-buru saat makan, berhenti makan saat sudah kenyang, serta dapat membedakan rasa lapar yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh atau rasa lapar yang hanya kita inginkan agar terus-menerus makan.


Sepertinya sih tips-tips di atas akan sulit dilakukan di awal, tapi lama-kelamaan kamu pasti akan jadi terbiasa! Kalau sudah terbiasa, kamu tinggal menanti hasil dietmu yang tidak akan sia-sia.


Tetap semangat untuk hidup sehat, ya!