Artikel & Tips Sarapan Tak Perlu Bingung Lagi dengan Aneka Ide Masakan ala Masako®
Sarapan Tak Perlu Bingung Lagi dengan Aneka Ide Masakan ala Masako®

Sarapan Tak Perlu Bingung Lagi dengan Aneka Ide Masakan ala Masako®

06 Mar 2023, 23:03

Masako® memungkinkan Mama memasak aneka menu sarapan pagi yang lezat. Dijamin keluarga tidak mau melewatkan momen sarapan di rumah.


Selain itu, bumbu kaldu ini juga efektif mengurangi konsumsi garam, lho. Pastinya masakan jadi lebih terkontrol dan lebih bijak garam.


Resep masakan Masako® sendiri bukan cuma seputar makanan berkuah seperti sup atau soto. Banyak masakan lain yang dapat Mama kreasikan tanpa batas.


Pada artikel kali ini Dapur Umami akan mengulas beberapa ide menunya.


Aneka Resep Masakan ala Masako®

Berikut aneka resep sajian sarapan sehat dan mengenyangkan buat keluarga yang patut dicoba:


1. Kebab Bolognese

Kebab cocok untuk sarapan karena isiannya lengkap. Menu pertama ini juga membuktikan kalau resep kreasi Masako® tidak melulu berkuah.


Kebab sangat bergizi. Makanan khas Turki berisi daging yang kaya protein serta beragam sayuran. Bahkan kulitnya pun terbuat dari tepung berprotein tinggi.


Cara menyiapkan kebab rumahan mudah banget, Ma. Kulitnya bisa pakai tortilla siap masak supaya praktis.


Bahan isiannya ayam filet matang, selada dan keju. Resep Kebab Bolognese ala Masako® kali ini agak unik karena menggunakan bumbu Italia.


Pertama-tama, siapkan dulu saus bolognese-nya. Tumis bawang putih, bombay, lalu tuangkan puree tomat. 


Sambil mengaduk, masukkan ayam filet beserta daging giling. Jangan lupa tambahkan Masako® Ayam, merica bubuk, dan bumbu lainnya sesuai selera.


Kemudian susun kebab dengan urutan tortilla panggang, selada, isian bolognese, keju. Lipat kulitnya dan sajikan.



2. Bubur Ayam

Dari makanan khas luar negeri beralih ke menu sarapan yang Indonesia banget, bubur ayam. Masak bubur untuk sarapan tidak sesulit yang dibayangkan kok.


Resep Bubur Ayam ala Masako® terbilang praktis karena semua bahan dimasak secara bersamaan.


Cara membuat bubur Masako® mungkin sedikit berbeda. Pasalnya, di sini Mama menggunakan susu cair sebagai pengganti santan.


Bahan lain yang dibutuhkan yaitu beras, merica bubuk, bawang putih, bombay, serta Masako® Rasa Ayam biar masakan lebih mantap.


Bumbunya bawang putih dan bombay saja. Tumis sebentar, lalu tuangkan air seperlunya. Tambahkan Masako® juga sampai rasanya pas.


Masukkan beras, susu cair, masak hingga menjadi bubur. Sambil menunggu, sesekali aduk berasnya. 


Bubur sudah siap. Selanjutnya, tinggal sajikan bersama pelengkap meliputi ayam suwir, telur rebus, kerupuk, kacang goreng. Bahan pelengkap lain opsional.


3. Sayap Ayam Sayur

Butuh inspirasi resep Masako® ayam tidak berkuah yang disukai anak? 


Mari coba masak menu sayap ayam goreng campur aneka sayuran. Dalam bahasa Inggris istilahnya Resep Chicken Wings Mix Veggies


Masakan ketiga ini cocok agar anak terbiasa makan makanan sehat. Persiapannya tidak sampai 30 menit sebelum si kecil berangkat sekolah.


Untuk satu porsi, siapkan dua potong sayap ayam goreng tanpa bumbu. Kemudian komposisi sayurannya wortel, brokoli dan jagung manis pipil.


Cara memasaknya, tumis bawang putih dan bombay terlebih dahulu. Masukkan ayam dan semua sayuran kecuali brokoli.


Kalau sudah berubah warna, masukkan brokoli. Penyedapnya cukup Masako® dan kecap manis saja. Aduk merata semua bahan tersebut.


Tuang air serta tepung maizena, lalu masak hingga mengental.


“Tepung maizena dalam masakan berfungsi membuat kuah jadi kental.”


4. Shakshuka Telur

Resep masakan dari Masako® yang terakhir, shakshuka telur. Jika Mama belum familier, Dapur Umami akan menjelaskannya sedikit.


Shakshuka secara harfiah berarti campuran. Bahan dasarnya telur ceplok yang diolah lagi bersama berbagai bumbu rempah. Umumnya sih bercita rasa pedas.


“Makanan shakshuka diyakini berasal dari negara-negara di wilayah Afrika Utara.”


Resep Shakshuka Telur Ala Masako® tentunya bikin menu sarapan di rumah lebih bervariasi. Yuk, langsung bahas cara masaknya.


Satu telur untuk satu porsi. Silakan Mama sesuaikan jumlah telurnya dengan anggota keluarga.


Langkah pertama, siapkan irisan bombay, tomat, serta cabai hijau ke teflon. Tumis bahan-bahan tersebut dengan minyak panas sampai tomatnya layu.


Tuang Masako® Rasa Ayam ke tumisan. Boleh juga menambahkan merica bubuk. Lanjutkan masak sambil mengaduknya.


Setelah itu, pecahkan telur satu persatu, masukkan ke masakan di sisi yang berbeda. Jangan ditumpuk! Sebagai pemanis, taburkan seledri cincang di atasnya. Pastikan telur benar-benar matang ya, Ma.


Menu Sarapan Lebih Variatif dengan Masako®

Dengan bahan-bahan yang berbeda, Masako® selalu menyajikan masakan bercita rasa lezat. Makanannya bervariasi, tidak melulu yang berkuah. Intinya, Kreasi Menu ala Masako® tidak akan membuat Mama bingung saat mau masak untuk sarapan.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.