Artikel & Tips Rupa-Rupa Camilan Salad Sehat, Cocok Kalau Sedang Diet
Rupa-Rupa Camilan Salad Sehat, Cocok Kalau Sedang Diet

Rupa-Rupa Camilan Salad Sehat, Cocok Kalau Sedang Diet

22 Feb 2023, 16:02

Kalau Mama sedang concern dengan gaya hidup sehat atau diet, jangan hanya fokus pada pilihan makanan saat jam sarapan, makan siang, atau makan malam. Lebih dari itu, Mama juga perlu memperhatikan pilihan camilan. Salah adalah salah satu alternatif terbaik untuk tujuan ini.


Selain kaya dengan vitamin dan mineral, olahan salad juga umumnya rendah kolesterol dan kaya serat. Pastinya, cocok untuk menunjang gaya hidup sehat yang ingin Mama bangun. 

Oh ya, satu lagi. Kelezatan juga patut jadi pertimbangan. Dapur Umami punya sejumlah resep camilan salad makan sehat untuk dikonsumsi sekaligus lezat untuk Mama!


Resep Salad Sayur ala Mayumi ®

Jenis sayur seperti wortel, buncis, dan jagung dengan takaran 50 gram adalah bahan utama pada salad sayur ini. Ketiganya memiliki khasiat yang menunjang kontrol berat badan. Cara membuat salad sayur ini, campurkan ketiganya dengan saus ala Mayumi® dalam resep yang akan kami bagikan. 


Selain menyiapkan sayur, siapkan juga sausnya. Caranya sangat mudah! Siapkan wadah dan tuangkan dua bungkus Mayumi® Pedas dan 1 butir telur yang sudah dihancurkan, lalu aduk merata. Kemudian campurkan sayur dan sausnya dalam satu wadah.


Dalam satu porsi salad sayur ala Mayumi® ini, Mama bisa dapatkan sekitar 12 gram protein dan 3 gram serat. Kalorinya juga cukup rendah, hanya sekitar 300 Kkal dengan 47 gram karbohidrat. 


Resep Salad Wortel ala AJI-NO-MOTO®

Tidak mengherankan jika wortel sering terdapat pada menu salad sayur para pejuang diet. Sayuran ini punya kandungan serat yang cukup tinggi dengan kalori yang rendah. Jadi, mari membuat Salad Wortel!

Wortel yang Mama gunakan dalam resep ini adalah perasannya. Secara medis, kadar vitamin dan kandungan nutrisi penting pada wortel lebih besar pada perasan dan ampasnya. Tapi sebelum memeras wortel, kupas dan parut dulu. Untuk satu porsi, cukup pakai dua wortel ukuran sedang.


Setelah wortelnya siap, campurkan dengan kismis, air jeruk nipis, gula, garam, sedikit minyak goreng, dan penyedap AJI-NO-MOTO®. Kemudian, taruh daun lettuce di atasnya. Resep salad wortel ini mengandung 5 gram protein dan 5 gram serat. Menarik bukan?


Resep Frozen Salad ala Mayumi®

Mengolah makanan menjadi frozen adalah salah satu cara yang tepat untuk membuat camilan awet. Jadi, Mama bisa sekaligus menyiapkan camilan untuk beberapa hari karena bisa menyimpannya di dalam freezer. Tentunya ini lumayan menghemat waktu Mama yang mungkin terbatas dan punya banyak kesibukan.


Mulai proses membuatnya dengan mencampurkan potongan buah melon, pir, strawberry dan buah naga. Kemudian, campurkan aneka buah dengan dressing yang terdiri dari campuran Mayumi®, susu kental manis, serta susu cair. Setelah itu, aduk merata dan bekukan apa yang sudah Mama olah dalam freezer. 


Agar dapat awet, membeku dan tahan dari bakteri, simpan sajian dalam suhu berkisar -4 hingga -8 derajat celcius. Mama bisa merasakan nikmatnya resep frozen salad beserta nutrisinya yang lengkap dari buah-buahan yang menjadi bahannya kapanpun Mama inginkan.


Resep Salad Buah ala Mayumi®

Hanya dengan melihat gambar salad buah di atas, Mama pasti sudah menduga dan membayangkan rasanya. Rasa manis, rasa asam, dan segar, bisa sekaligus Mama dapatkan dalam satu sajian. Pastinya, soal nutrisi di dalamnya tak perlu Mama ragukan.


Dalam satu porsi, cukup siapkan potongan belimbing, pepaya, dan melon sekitar 100 gram. Selain itu, sediakan juga 1 buah apel dan ½ buah jeruk. Taruh semuanya dalam wadah. Untuk dressing-nya, Mama hanya perlu menuangkan satu bungkus Mayumi® isi 100 gram.


Mama bisa tebak nggak kira-kira jenis makanan ini mengandung berapa banyak kalori? Faktanya, hanya sekedar 200 Kkal. Jumlah yang sedikit bagi pegiat diet jika Mama bandingkan dengan kebutuhan kalori harian. Di luar itu, salad buah Mayumi® ini jelas kaya dengan berbagai vitamin serta mineral.


Bagaimana? Praktis dan menarik bukan ide-ide dari Dapur Umami? 


Oh ya, Mama juga mungkin tahu, salad bukan hanya cocok jadi camilan. Dengan pengolahan yang sedikit kreatif, Mama dapat menjadikan salad sebagai menu makanan berat seperti untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. 


Dapur Umami punya cukup banyak ide salad lezat lainnya yang bisa Mama jadikan hidangan untuk menu makanan berat.





Source of thumbnail: salad from sliced fresh fruit table by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.