Resep Olahan Telur Agar Tidak Bosan, Unik dan Dijamin Enak!

Menggunakan resep olahan telur untuk makanan sehari-hari itu memang pilihan bagus. Selain harga yang terjangkau, Mama dan keluarga bisa mendapatkan asupan gizi yang besar. Terutama, protein.


“Jika angka kebutuhan protein harian itu 45-55 gram protein, maka 1 butir telur yang umumnya mengandung 6 gram protein, sudah bisa memenuhi lebih dari 10%-nya”

Sayangnya, kalau keseringan, bukan tak mungkin orang-orang di rumah bosan. Maka, penting buat Mama untuk memvariasikan resepnya. Dapur Umami punya sejumlah resep olahan telur agar tidak bosan yang bisa Mama coba sekarang!


Telur Kukus Jamur ala Masako®


Kalau biasanya telur itu digoreng, kali ini coba deh Mama kukus. Dengan teknik olahan telur untuk diet ini, Mama dan keluarga bisa dapatkan sensasi rasa baru makan telur.


Bahan dasarnya hanya 5 butir telur kocok, kecap asin, lada bubuk, gula pasir, dan tentu saja penyedap rasa dari Masako®. Silahkan Mama campurkan semuanya dalam satu mangkuk kecil. 


Agar kandungan gizinya meningkat, Mama bisa tambahkan topping dari jamur, irisan wortel, serta crabstick. Jika sudah selesai, mulailah mengukus dan tunggu hingga matang. Kami rekomendasikan sih, resep telur dimakan pas masih hangat ya!


Telur Panggang Sayur ala Masako®


Telur dipanggang, emang bisa? Bisa dong. Resep kreatif ini super cocok agar keluarga tidak bosan makan telur.


Untuk memulainya, tumis campuran daging giling, jamur kancing, kacang polong, bawang putih, serta daun bawang. Lalu, siapkan wadah tahan panas yang sudah diolesi margarin. Kemudian, tata potongan telur rebus, campurkan tumisan, tuangkan kocokan telur, dan taburkan lada bubuk serta keju parut di atasnya.


Sambil menunggu adonan matang di oven, Mama bisa buat sausnya. Mulailah dengan merebus air 100 mililiter, lalu secara berurutan tambahan Masako®, tomat halus, serta bawang bombay. Jika sudah mendidih, tuangkan gula pasir dan larutan maizena. Aduk-aduk hingga teksturnya mengental sebelum Mama angkat. 


Sekilas, telur panggang ini memang mirip telur dadar. Namun percayalah, rasanya lebih enak.


Telur Ceplok Bumbu Gulai Padang ala Sajiku®


Tanpa tambahan bumbu apapun, telur ayam ceplok sebenarnya sudah enak. Lalu, bagaimana jadinya kalau diberi bumbu gulai padang yang terkenal kayA RASA? Resep olahan telur ceplok ini kelezatannya pasti auto meningkat berkali-lipat.


Cara membuat bumbu gulainya, nyalakan api sedang dan mulailah menumis jeruk dan lengkuas. Ketika aromanya sudah keluar, tambahkan irisan tomat lalu tumis sampai layu. Kemudian, tambah air dan rebus hingga mendidih dan masukkan gula, garam, merica bubuk, serta Bumbu Gulai Padang dari Sajiku®.


Selanjutnya, goreng telur hingga matang atau setengah matang (opsional sesuai selera). Terakhir, masukkan telur ke dalam adonan gulai, lalu aduk hingga Mama pastikan bahwa bumbu sudah melumuri dan meresap ke setiap sisi telur.


Ekkado Telur Mayo ala Mayumi®


Resep telur khas Jepang ini sepertinya asing atau setidaknya jarang-jarang keluarga Mama konsumsi di rumah. Padahal, membuatnya tak begitu sulit lho!

Di awal, Mama bisa mencampurkan dan mengaduk ayam cincang serta setengah bungkus saus Mayumi® hingga rata.


Jika sudah, masukkan adonan tersebut ke dalam kulit pangsit bersama dengan telur puyuh. Lalu, bungkus dan ikat dengan kucai rebus.


Kalau semua sudah siap, Mama tinggal goreng di atas minyak panas hingga warna kulit pangsitnya menguning. Selain cocok jadi cemilan, salah satu resep telur ini juga enak kok Mama santap bersama keluarga sebagai lauk untuk makan berat.


Gimana, sudah ada ide mau eksekusi yang mana dulu? Kalau semua resep olahan telur di atas sudah Mama coba satu-satu, lain waktu Mama masih bisa cari resep lain di Dapur Umami. Masih banyak resep telur yang tak kalah unik dan enak!