Masak Apa Hari Ini? Aneka Pepes Rendah Kolesterol

Salah satu pertanyaan yang paling menghantui Mama pasti “masak apa hari ini?” Nah, pepes adalah salah satu sajian Nusantara berbungkus daun pisang yang memang sangat mudah dicoba dan pilihan yang mantap sebagai resep masakan sehari-hari. Pemula pun bisa membuatnya.


Seringkali pepes ini identik dengan ikan. Tapi, di zaman now, pepes bisa menggunakan beragam bahan dasar. Tahu, tempe, bahkan jamur pun bisa digunakan. Di artikel ini kita akan coba ulas tuntas aneka pepes itu.

Eh, kenapa pepes? Jawabannya simpel: pepes bisa mempertahankan berbagai mineral, vitamin, dan bahkan protein yang terkandung dalam bahan makanan. Tidak semua resep bisa begini lho? 


Dengan pepes, berbagai kebutuhan gizi dan vitamin harian tubuh tetap terpenuhi. Selain itu, menggantikan makanan yang diolah dengan cara digoreng dengan cara dipepes pun mampu membuat kadar kolesterol dalam darah tetap stabil. 

So, mari kita mulai aneka pepes ini.


Pepes duo kedelai

Apalagi kalau bukan pepes tahu tempe! Selain sangat mudah ditemukan, kedua bahan ini juga murah. Selain itu pepes tahu tempe ini pun nantinya masih bisa Mama kreasikan isiannya agar lebih bervariasi, contohnya Mama bisa menambahkan teri, udang, hingga telur asin kedalamnya.


Bahan utama yang diperlukan adalah: tahu 6 potong (hancurkan menggunakan sendok), tempe setengah papan (potong kecil kecil lalu kukus sebentar), bumbu halus (bawang merah 5 butir, tomat, cabai rawit sesuai selera), daun bawang, telur 1 butir sebagai perekatnya, sedikit kunyit. 


Oh ya, jangan lupa gula-garam dan AJI-NO-MOTO® untuk rasa gurih yang tak boleh terlewat.

Untuk membuatnya, aduk rata dan campur semua bahan hingga merata.

Tambahkan gula, garam, dan AJI-NO-MOTO® dan kemudian tes rasa.

Ambil daun pembungkusnya, masukkan 2 hingga 3 sendok, dan bungkus rapat. Kukus hingga matang, kurang lebih 15 menit. Untuk rasa dan aroma yang semakin mantap, bisa juga ditambahkan kemangi bila suka.


Pepes Ikan Nila

Resep pepes ikan nila ini juga bisa lho Mama pakai untuk jenis ikan lainnya. Mama sesuaikan saja dengan jenis ikan yang mudah ditemukan di daerah Mama. Selain ikan nila, biasanya Mama juga bisa menggunakan ikan mas, ikan patin, ikan kembung, bahkan ikan tongkol. 

Untuk membuat pepes ini, maka Mama harus memarinasi terlebih dahulu ikan yang digunakan agar bau amis hilang. Caranya adalah dengan melumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam sebelum mengolahnya.

Untuk bahan utama, siapkan ikan nila segar, cabe merah (iris tipis), daun jeruk, salam, sereh, belimbing wuluh, dan kemangi. Bahan yang dihaluskan tentu saja duo bawang, kemiri, kunyit, jahe, dan secukupnya lengkuas.


Cara membuatnya simpel: campurkan semua bumbu utama dan bumbu halus yang sudah disiapkan. Siapkan daun pisang, tata ikan nila dan baluri dengan semua bahan hingga rata, sematkan dengan tusuk gigi. Kukus ke dalam dandang kurang lebih 30 menit lebih sampai 45 menit atau hingga pepes matang.

Sekadar info saja, kalau ingin coba pepes ikan ala Sajiku®, di sini ada lho resepnya. 


Pepes Jamur Tiram

Mengolah Pepes ini tergolong singkat . Dalam pembuatannya, Mama cukup mempersiapkan bahan utama berupa jamur tiram yang disuwir tebal-tebal sebanyak 500 gram. Bumbu halus yang diperlukan hanyalah duo bawang, cabe rawit, tomat hijau (bila suka), daun salam, sereh dan tentu saja gula garam dan AJI-NO-MOTO® (kunci rasa umami dong!).


Untuk membuatnya pun sangat simpel, Mama hanya perlu mencampurkan semua bumbu halus yang sudah disiapkan dengan jamur tiramnya. Siapkan daun pisang pembungkusnya, tata daun sereh dan salam terlebih dahulu, lalu ambil 3 sendok adonan pepes jamur tiram. Paling atas beri potongan tomat hijau. Kukus hingga matang, siap disajikan bersama nasi panas.

Jadikan pepes sebagai menu sarapan, makan siang maupun makan malam keluarga. Mantap dan mudah bukan, Ma?