Artikel & Tips Kreasi Jamur untuk Sarapan di Rumah yang Tidak Bikin Bosan
Kreasi Jamur untuk Sarapan di Rumah yang Tidak Bikin Bosan

Kreasi Jamur untuk Sarapan di Rumah yang Tidak Bikin Bosan

22 Feb 2023, 16:02

Jamur yang bisa dimakan adalah bahan makanan alternatif yang baik sebagai sumber protein. Meski jenis proteinnya termasuk protein nabati, tapi kandungannya tak kalah dengan daging sapi. Jadi, ide bagus jika Mama terpikir untuk menggunakan jamur sebagai bahan utama dalam sarapan.


Jenis jamur yang dapat dimakan sangatlah beragam, yaitu jamur enoki, jamur shimeji, jamur tiram, jamur merang, dan lainnya. Mengonsumsi jamur yang aman untuk dimakan baik untuk kesehatan, karena kaya akan protein vitamin. 


Dapur Umami memiliki sejumlah ide mengolah jamur agar menjadi hidangan yang lezat dan berkelas. Bahkan, bisa menjadi daya tarik yang membuat si kecil semangat makan. Pastinya, dengan berbagai bumbu khas Dapur Umami yang tak perlu Mama ragukan lagi keandalannya di meja makan.


Resep Nugget Jamur Bayam ala Sajiku®

Nugget tak melulu harus menggunakan daging sebagai bahan adonan utamanya. Kalau Mama ingin membuat kreasi lain yang baru di lidah keluarga, coba deh jajal resep nugget isi jamur ini. Selain rasanya nggak kalah dengan nugget daging, gizinya juga bisa menunjang kebutuhan sarapan.


Prosesnya sederhana. Mama dapat memulainya dengan menyiapkan wadah berisi irisan jamur kuping, bayam, wortel, Sajiku® Tepung Bakwan Crispy, lalu aduk rata dan bentuk kotak-kotak. Selanjutnya, kukus sekitar 15 menit, angkat, dan sisihkan. 


Setelah itu, celupkan adonan yang sudah Mama kukus dengan kocokan telur dan balur dengan tepung roti. Kemudian, goreng deh nugget-nya. Mama bisa menyajikannya ketika warna nugget sudah berubah menjadi kuning keemasan dan tampak crispy.  Selain dimakan pakai nasi, jadi camilan juga kayaknya sih oke!


Resep Telur Kukus Jamur ala Masako®

Hidangan kukus jamur lain yang tak kalah lezat dan bergizinya adalah telur kukus. Ini sangat pas, terutama bagi Mama yang hobi banget memilih telur sebagai menu sarapan. Mama dapat mengkreasikan telur dengan jamur untuk menghadirkan sajian yang lebih bernutrisi.


Untuk adonan kukusan telurnya, Mama dapat menyiapkan telur yang dikocok bersama kecap asin, lada bubuk, gula pasir, serta air. Ketika sudah tercampur rata, lanjutkan dengan menaburkan Masako® Rasa Ayam dan aduk lagi. Kemudian, tuangkan ke dalam beberapa mangkuk.


Terakhir, tambahkan sejumlah toping di atasnya yang terdiri dari potongan jamur, potongan crabstick, irisan wortel, lalu kukus sampai matang. Kreasi telur kukus jamur kini bisa Mama sajikan untuk menghadirkan sarapan yang jauh dari kata membosankan. 


Resep Ayam Panggang Saus Jamur ala Masako®

Jamur bukan hanya cocok jadi campuran adonan atau toping, tapi juga cocok untuk jadi saus. Saus jamur merupakan salah satu saus favorit yang populer di banyak resto-resto dunia. Sekarang, Mama dapat menghadirkannya sebagai menu sarapan di rumah bersama ayam panggang.


Langkah pertama, panggang dulu potongan ayam fillet. Selanjutnya, tambahkan jamur kancing dan aduk agar tercampur bersama ayam. Lalu, tuangkan susu cair, merica hitam, Masako® Rasa Ayam, serta daun parsley peterseli cincang. Sisanya, Mama hanya perlu mengaduknya sampai rata dan matang.


Bahan bumbu ayam panggang saus jamur ini memang relatif sedikit. Namun percayalah Ma, rasanya nggak kalah dengan aneka saus yang bumbunya lebih berlimpah. Apalagi, kalau Mama pastikan pakai Masako® sebagai penyedapnya. Penasaran membuktikannya kan Ma?


Resep Steak Ayam Saus Jamur ala Sajiku®

Mama pasti tau dong, saus jamur biasanya jadi salah satu pilihan saus di resto-resto steak kelas atas untuk menemani beef steak. Meskipun demikian, bukan berarti kalau Mama sajikan dengan steak ayam rasanya nggak blend. Faktanya, cocok kok, Dapur Umami sudah mengujinya sendiri di dapur.


Ada dua yang perlu Mama siapkan: ayam dan saus jamur. Untuk ayamnya, gunakan ayam fillet yang Mama balut dengan adonan basah dan kering Sajiku® Tepung Bumbu. Kemudian, goreng sampai matang. Tepung spesial ini dapat menghadirkan tekstur crispy pada ayam.


Sementara sausnya, buat pada wajan terpisah dengan menggunakan margarin, susu yang dituang dan diaduk secara perlahan, Sajiku® Tepung Bumbu, serta jamur kancing. Teruslah mengaduknya sampai tekstur saus sampai pada tingkat kekentalan yang sesuai dengan selera Mama. 


Nah, tinggal sajikan deh resep steak ayam crispy saus jamur ini dengan plating yang menarik!


Sarapan pasti akan semakin hangat dan berselera dengan resep-resep kreatif dari Dapur Umami. Bagi Mama yang masih membutuhkan alternatif olahan jamur, bisa mampir ke artikel rupa-rupa olah jamur lezat untuk masak sehari-hari.





Source of thumbnail: Spinach Mushroom and Egg Frittata by Tvirbickis
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.