Ide Sajian Jamur Kuah Gurih untuk Makan Malam Spesial - Dapur Umami

Ide Sajian Jamur Kuah Gurih untuk Makan Malam Spesial

Jamur adalah pilihan tepat untuk menu makan malam. Khususnya, bagi Mama dan keluarga yang sedang punya program diet. Bukan hanya mengandung protein dan serat yang kandungannya lumayan tinggi, jamur juga tergolong rendah kalori. Terlebih jika Mama olah jadi hidangan kuah alih-alih menggorengnya.


Tapi ngomong-ngomong, apakah Mama sudah punya ide olahannya? Kalau masih nyari-nyari, pasti pencarian Mama akan berhenti di artikel ini. Dapur Umami punya sejumlah resep dengan menu jamur yang menggunakan bumbu-bumbu spesial dari AJI-NO-MOTO®. Penasaran kan? Berikut daftarnya!


Resep Bakso Jamur Sapi Masako®

Kalau bakso sapi dengan isian daging cincang atau telur, Dapur Umami kira sih Mama dan keluarga sudah sering mencobanya. Namun, bagaimana dengan bakso yang isinya jamur? Kalau belum pernah nyoba, ayo cobain sekarang Ma! Kami punya resepnya untuk Mama!


Mama bisa mulai mengolahnya dengan menyiapkan bahan halus yang terdiri dari daging sapi, tepung tapioka, es serut, serta Masako Rasa Sapi®. Selanjutnya, simpan bahan halus ini dalam wadah lalu campurkan dengan potongan jamur dan wortel. Aduk rata lalu bentuk bulat-bulat seperti bakso.


Kalau adonan bakso sudah siap, mulai panaskan air dengan tambahan Masako® Rasa Sapi. Setelah itu, masukkan bakso satu-per-satu. Saat bakso tampak mengapung, tandanya resep bakso jamur sapi sudah matang dan siap Mama sajikan bersama aneka pelengkap seperti soun dan bawang goreng. 


Resep Capcay Jamur ala Sajiku®

Capcay full jamur ini dapat jadi ide bagus lainnya untuk makan malam. Meski sejatinya jamur bukan kategori sayuran, namun makanan berjenis kingdom fungi ini sangat cocok dihidangkan bersama aneka sayuran. Apalagi, kalau Mama menggunakan bumbu yang Dapur Umami rekomendasikan.


Saran kami, Mama pakai empat jenis jamur sekaligus kalau ada. Jamur kuping, hioko, kancing, serta jamur tiram adalah sejumlah jamur yang dapat Mama gunakan. Untuk sayurannya, cukup wortel, sawi hijau, serta kembang kol. Potong-potong dulu semuanya sebelum mulai mengolahnya.


Jika semua bahan sudah siap, mulailah panaskan minyak dan masukkan semua bahan, masak sampai layu. Kemudian, tambahkan air dan Sajiku® Bumbu Capcay. Tak perlu bumbu lainnya, cukup dengan salah satu varian Sajiku® ini, rasa gurih khas capcay dari resep capcay jamur ini sudah bisa Mama dapatkan.


Resep Sapo Tahu Jamur ala SAORI®

Cukup banyak masakan asal China yang cocok untuk Mama sajikan dengan jamur sebagai bahannya. Selain bakso dan capcay, masih ada yang lainnya yakni sapo tahu. Masakan dengan cita rasa gurih dan tekstur creamy ini dapat menjadi pilihan lainnya untuk menemani makan malam Mama dan keluarga.


Hal pertama yang wajib Mama lakukan adalah menyiapkan potongan bahan-bahannya, antara lain jamur, dada ayam, serta sawi putih. Untuk tahunya, tak perlu Mama potong, langsung saja goreng dan sisihkan secara terpisah kalau sudah matang.


Setelah itu, tumis ayamnya. Masih dalam wajan yang sama, saat ayam sudah matang, tambahkan jamur dan sawi, lalu masak juga sampai matang. Kemudian, baru masukkan tahu, SAORI®, serta air. Saat air mendidih, tuang larutan maizena dan aduk sapo tahu sampai tekstur kuahnya mengental. 

Nah, resep sapo tahu jamur kini siap disajikan!


Resep Sup Tomat Jamur ala AJI-NO-MOTO®

Hidangan jamur kuah terakhir adalah sup tomat jamur yang memiliki kombinasi rasa asam, manis, gurih, dan segar. Pastinya, sangat cocok Mama sajikan bersama nasi hangat.

Untuk tomatnya, Mama haluskan dulu dengan blender, lalu sisihkan. Setelah itu, tumis jamur dengan jinten bubuk sampai harum. Kemudian, masukkan tomat halus ke dalam wajan, lalu tambahkan air, susu cair, merica bubuk, gula, garam, serta AJI-NO-MOTO®.


Terakhir, aduk-aduk masakan sampai kuah tomatnya mengental dan bercampur dengan jamur. Resep sup tomat jamur kini siap disajikan dan siap untuk jadi menu favorit baru di rumah.


Hayoo, pasti bingung kan mau mengolah resep jamur spesial yang mana dulu? Mungkin Mama bisa minta pendapat anggota keluarga yang lain dulu. Hal yang pasti sih, semua resep jamur ini sudah Dapur Umami uji langsung rasanya. Jadi, Mama nggak perlu ragu, tinggal praktekkan langsung di rumah!




Source of thumbnail: thai food spicy chicken tendon soup by Freepik