Dukung Zero Waste, Kamu Bisa Buat 5 Resep Lezat Ini

Dengan mendukung gaya hidup zero waste, Mama sebenarnya masih bisa membuat resep lezat lho! Selain bentuk penghematan, memanfaatkan makanan yang tersisa adalah bagian dari kontribusi positif terhadap lingkungan.


“Indonesia pernah dinobatkan jadi pembuang makanan terbesar kedua di dunia oleh Economist Intelligence Unit. Lembaga tersebut mencatat, setiap orang di Indonesia membuang 300 kilogram makanan setiap tahun.”¹

Mama pasti tertarik kan ikut memperbaiki citra Indonesia di mata dunia? Maka, mari kita lihat apa saja resep yang bisa Mama buat untuk menyukseskan misi tersebut


Dukung Zero Waste dengan Resep Nasi

Nasi adalah sampah makanan paling banyak yang terbuang. Padahal, ada banyak cara untuk membuatnya menjadi makanan yang menggugah selera. Baik untuk makanan berat maupun ringan, resep nasi sisa ini bisa jadi pilihan.




  • Nasi Goreng


Memang, biasanya nasi yang dipakai untuk nasi goreng berasal dari beras pera yang ketika Mama goreng teksturnya lebih keras. Namun sebenarnya, pakai beras jenis lain dari sisa makanan di rumah juga tetap enak kok.

Selain menggunakan telur, Mama juga bisa campurkan berbagai makanan yang tak habis di rumah. Apapun campurannya, rasanya akan tetap enak selama Mama gunakan bumbu yang pas. Sajiku® punya beberapa varian bumbu nasi goreng, mulai dari rasa ayam, pedas, dan kecap yang bisa Mama coba.




  • Kerupuk Nasi

https://pixabay.com/id/photos/kerupuk-beras-makanan-nutrisi-3481623/ 


Mengolah resep nasi sisa semalam menjadi kerupuk sangat mudah. Mama hanya perlu menumbuk adonan yang terdiri dari nasi sisa, bawang putih, ketumbar, dan penyedap rasa Masako®. 

Selanjutnya, bentuk adonan dengan ukuran gepeng dan jemur hingga kering sebelum akhirnya siap goreng. Kerupuk ini bisa jadi stok teman makan Mama yang nikmat


Dukung Zero Waste dengan Resep Sayuran

Karena murah dan sekali beli bisa dapat banyak, seringkali sayur tersisa di dapur. Daripada dibuang, Mama bisa olah jadi resep sayur sisa berikut ini.




  • Capcay


Sisa-sisa sayuran yang masih bagus paling pas memang Mama olah jadi capcay. Agar gizinya lebih lengkap, siapkan tambahan bakso, sosis, atau mie. Tambahkan Sajiku® bumbu capcay yang dapat membuat rasa kombinasi sayur tersebut jadi asin dan gurih.




  • Acar


Kalau tak mau buru-buru mengolah sayur jadi capcay, Mama bisa mengawetkannya untuk dijadikan acar. Proses fermentasi bisa Mama lakukan dengan cara menyimpan potongan sayur dalam larutan garam, cuka, atau minyak di wadah tertutup. Dari proses fermentasi selama lima minggu, acar bisa awet dalam hitungan tahun


Dukung Zero Waste dengan Resep Tulang

Beberapa menu harian Mama mungkin menyisakan tulang, baik tulang ayam, sapi, atau kambing. Padahal, tulang masih bisa Mama olah jadi menu makan yang tak kalah nikmat dengan olahan dagingnya.




  • Kaldu dan Sup


Jika biasanya Mama masak sup menggunakan kaldu bubuk, sesekali bagus juga jika Mama memasak dengan kaldu buatan sendiri. 

Saat merebus sisa tulang, Mama bisa tambahkan bawang putih, seledri, lada, dan garam untuk membuat rasa dan aromanya lebih kuat. Selain dapat langsung Mama gunakan, kaldu yang sudah disaring, bisa Mama simpan di kulkas atau freezer agar tahan lama.




  • Olahan Tulang Pedas


Selain jadi masakan berkuah, tulang juga cocok untuk Mama olah lagi jadi berbagai masakan pedas. Resep bumbu rica-rica, bumbu kuning, saus tiram, hingga seblak, cocok untuk jadi campuran tulang.


Sari-sari yang menguar dari tulang membuat aroma masakan ini bisa jadi lebih nikmat ketimbang resep dengan memanfaatkan dagingnya. Jangan lupa pakai bumbu-bumbu dari Ajinomoto untuk mendapatkan efek gurih lebih kuat.


Bagaimana, sudah dapat ide mau mengolah resep pro zero waste yang mana? Cek deh di rumah ada apa saja. Nah, langsung saja eksekusi idenya!