Cara Membuat Klepon Dari Berbagai Bahan Dasar

Klepon merupakan termasuk salah satu jajanan kue tradisional Indonesia yang digemari. Hal ini karena rasanya yang unik berkat paduan antara kulitnya yang gurih dan ledakan isian gula merahnya yang manis saat digigit. Keunikan paduan dan tekstur ini membuat orang salah mengira bahwa cara membuat jajanan itu tidak mudah. 


Padahal membuat kue klepon tidaklah serumit yang dibayangkan. Biasanya klepon terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah, di artikel ini kita akan membahas cara membuatnya dari berbagai bahan dasar, sehingga Mama bisa mempraktekkan dengan bahan yang sudah ada di dapur.


Cara Membuat Klepon Tepung Ketan


bread-g4fdea877b_640.jpg

Tepung ketan wajib ada dalam cara membuat klepon tradisional


Klepon yang satu ini bahan dan cara pembuatannya yang paling lazim digunakan. Yakni dengan bahan dasar tepung ketan. Untuk membuat adonan klepon perlahan lahan Mama bisa siapkan tepung ketan tepung beras dengan komposisi tepung ketan sebanyak 200 gram, tepung beras 50 gram saja, campurkan kedua tepung itu dengan tuang air secukupnya, tambahkan air perasan daun pandan atau pasta pandan, dan uleni hingga kalis dan bisa dipulung saja yah Ma. 


Ambil sedikit adonan, pipihkan lalu isi dengan gula merah sisir. Masukkan kedalam panci yang telah berisi air yang sudah mendidih, tunggu hingga klepon mengapung tanda sudah matang. Terakhir, sajikan hidangan dengan bahan taburan kelapa (parutan kelapa). 


Cara membuat klepon singkong

Siapa bilang singkong hanya bisa diolah sebagai kolak, singkong rebus maupun singkong goreng. Mama yang kreatif tentu bisa mengolah singkong menjadi panganan yang menarik. Singkong dijadikan sebagai kulit klepon misalnya. 


Bila Mama di rumah ada sisa atau lebihan singkong, Mama bisa menjadikannya sebagai klepon. Untuk membuatnya Mama bisa menyiapkan 500 gram singkong. Pilih singkong yang bagus dan tidak keras ya. Untuk selanjutnya singkong ini diparut dan diperas airnya. Sisihkan terlebih dahulu. 


Dalam wadah masukkan tepung ketan sebanyak 70 gram, singkong yang sudah diparut, dan air hangat. Uleni hingga seperti adonan yang kalis. Untuk proses selanjutnya sama seperti pembuatan klepon yang menggunakan tepung ketan. Untuk klepon yang ini teksturnya akan lebih lengket, namun tetap juara dalam memanjakan lidah


Cara membuat klepon labu kuning

Labu kuning untuk klepon? Mama mungkin heran mengapa labu digunakan untuk bahan dasar kulit klepon. Namun jangan salah, labu adalah bahan yang baik digunakan untuk bahan dasar kuliner kita ini, karena warnanya yang berbeda akan menarik penggemar untuk segera mencicipinya. 


Untuk membuatnya Mama perlu mengukus labu kuning sebanyak 200 gram atau 2 ons. Setelah itu haluskan labu dan campurkan dengan tepung ketan sebanyak 1 ons. Uleni hingga kalis di wadah yang bersih, pulung dan isi dengan gula merah sebaiknya, tidak gula pasir. 


Untuk pembuatannya tentu sama saja, namun hasilnya klepon dengan warna kuning dengan rasa yang khas siap menyapa lidah.


Cara membuat Klepon ubi ungu

Untuk membuat klepon ubi ungu ini maam perlu siapkan bahan utama, ubi ungu sebanyak 300 gram, kukus hingga empuk lalu haluskan dengan garpu. Selanjutnya di wadah yang bersih Mama campurkan tepung ketan sebanyak 100 gram dengan ubi ungu, campurkan juga sedikit garam, agar rasa asin sedikit mengimbangi dari rasa manis ubi ungu.


Uleni adonan ini dengan mencampurkan air sedikit demi sedikit hingga kalis. Pulung adonan dan diisi dengan gula merah atau sesuai dengan yang Mama inginkan, masukkan ke dalam rebusan air yang telah disiapkan. Klepon dengan warna ungu yang cantik ini siap menemani Mama ngeteh.


Klepon dengan berbagai bahan dan warna siap melengkapi meja makan Mama. Enjoy!