Artikel & Tips Variasi Olahan Salad Sehat untuk Bantu Sukseskan Program Diet
Variasi Olahan Salad Sehat untuk Bantu Sukseskan Program Diet

Variasi Olahan Salad Sehat untuk Bantu Sukseskan Program Diet

22 Feb 2023, 16:02

Salad menjadi andalan dan cocok untuk banyak orang yang berusaha menjaga gaya hidup sehat dalam kesehariannya. Mama tentu satu diantaranya. Benar bukan?


Berbagai kandungan gizi yang terdapat pada varian menu salad memang menjadi kebutuhan tubuh. Pada buah dan sayuran, terkandung aneka vitamin dan mineral penting yang dapat menunjang gaya hidup sehat.


Persoalannya, kebuntuan mungkin ide jadi problem Mama yang ingin membuat menu salad. Namun tenang Ma, setelah membaca artikel ini, problem tersebut tak akan lagi muncul. Dapur Umami punya aneka ide salad yang dapat Mama jadikan menu sehari-hari baik menjadi makanan pembuka, maupun menu utama!


Ide Resep Salad Enak Praktis untuk Sarapan

Di tengah padatnya aktivitas, Mama memerlukan menu salad yang proses pengolahannya praktis dan mudah dibuat. Tentu, tanpa mengabaikan kandungan gizi dan nutrisinya seperti sejumlah resep ini.


Salad Kentang Mayo

Kentang adalah alternatif bagi nasi yang baik. Bahan jenis makanan ini mengandung kadar serat yang lebih tinggi ketimbang nasi putih yang sering Mama makan. Jadi, memasukkannya dalam bagian resep salad adalah ide bagus!


Ide resep ini menjadikan kentang sebagai dressing sekaligus mangkuk. Mama bisa mengeruk bagian dalam kentang, lalu mencampurkan kentang yang dikeruk bersama telur rebus yang dihaluskan dan menaruhnya sebagai dressing. Kemudian, lengkapi menunya bersama aneka sayuran seperti brokoli, selada, serta Mayumi®.


Salad Nanas Segar

Memasukkan nanas dalam menu sarapan bukanlah ide yang buruk. Selain kaya dengan vitamin C dan serat, nanas yang Mama konsumsi saat memulai hari dapat membantu menurunkan berat badan. Hanya saja, Mama perlu kreasi untuk mengolahnya jadi menu sarapan.


Selain nanas, tambahkan juga sayuran seperti selada, timun, dan tomat dalam menu ini. Untuk menambahkan protein, Mama juga dapat melengkapi sajian ini dengan daging panggang yang diiris tipis dan Mama bumbui dengan Masako® Rasa Sapi.


Salad Udang Crispy

Kalau Mama seringkali membutuhkan look makanan yang menarik untuk meningkatkan mood makan, coba buat resep salad berikut ini. Bukan hanya menarik, resep ini juga mengandung gizi seimbang.


Bagian dasar yang dapat Mama taruh pada adalah biskuit berbentuk bulat. Pada bagian atasnya, Mama dapat menaruh selada, Mayumi® Pedas, udang, dan peterseli secara berurutan. Agar semakin lezat, Mama juga bisa menambahkan air lemon, bawang bombay, tomat, serta paprika sebagai campuran saus sebelum menaruhnya.


Kami masih punya sejumlah resep salad untuk sarapan lainnya lho Ma! Sering-sering saja mampir ke Dapur Umami ya!


Ide Resep Salad Gizi Seimbang untuk Makan Siang

Makan siang tetap berenergi meski dengan makan salad? Bisa kok! Syaratnya, Mama perlu menambahkan komponen yang kaya dengan protein. Dapur Umami punya idenya!


Salad Thousand Island

Bagi Mama yang masih asing dengan thousand island, ini adalah salah satu varian salad yang cukup populer dengan cita rasa asam khas yang menggugah selera. Pastinya, dengan kekayaan nutrisi di dalamnya.


Sebagai sumber proteinnya, Mama bisa gunakan telur rebus di dalam menu. Jagung, buncis, selada, tomat, serta wortel, adalah sejumlah sayuran yang sebaiknya Mama pilih. Untuk dressing-nya, cukup pakai racikan yang terbuat dari campuran Mayumi®, acar, serta saus tomat.


Fish and Chips with Salad

Salad dalam menu makan siang ini berfungsi sebagai pelengkap bagi fish and chips sebagai sumber protein dan karbohidrat. Meski pelengkap, peran salad dengan saus khas dari Dapur Umami dalam resep ini tetap penting sebagai pendukung gizi dan memperlezat makanan.


Jadi, selain kentang goreng dan ikan dori crispy, Mama tetap perlu cara membuat saladnya. Sausnya terbuat dari campuran Mayumi® dengan acar mentimun, telur rebus, serta kacang polong. Kombinasinya dapat menghasilkan rasa menarik sebagai saus cocol bagi fish and chips. 


Ayam Salad Don

Cita rasa olahan salad tak selalu mengandung rasa asam. Mama masih mungkin berkreasi untuk menghasilkan salad dengan rasa gurih. Misalnya, dengan daging ayam salad don untuk menu makan siang ini.


Di atas susunan nasi serta selada yang Mama taruh diatas piring, Mama dapat menambahkan ayam yang Mama tumis bersama bahan lain. Mulai dari cabai, garam, kecap manis, kecap asing, serta AJI-NO-MOTO®. Rasa umami yang menu ini hasilkan lebih mungkin untuk membuat Mama berselera.


Oh ya, Dapur Umami juga masih punya ide resep salad untuk makan siang lain yang tak kalah menarik untuk Mama olah! 


Ide Resep Salad Buah untuk Dessert Makan Malam

Untuk membuka makan malam atau menu berbuka puasa, cita rasa manis yang spesial dari berbagai resep dessert salad ini sangat cocok! Kuncinya, terletak saus salad praktis dari Mayumi® yang wajib ada pada berbagai resep ini.


Salad Buah Ambrosia

Perbedaan salad ala ambrosia dengan salad buah umumnya terletak pada penggunaan marshmellow dan penggunaan buah tropis. Bagi Mama yang tinggal di Indonesia, tentu sangat mudah menemukannya. Beberapa buah yang dapat Mama gunakan antara lain anggur, pir, nanas, atau melon.


Sementara dressing-nya, Mama hanya perlu tuang campuran potongan buah dengan Mayumi®. Satu komponen saja sudah cukup menghasilkan dessert yang bikin ketagihan. 


Salad Buah Saus Melon

Pilihan buah untuk salad ini sebenarnya dapat Mama sesuaikan dengan selera. Hal terpenting ada pada racikan sausnya yang spesial dan mungkin belum pernah Mama rasakan sebelumnya.

Jadi, saus melon ini merupakan hasil campuran Mayumi®, susu kental manis, serta sirup melon. Kalau Mama senang bereksperimen di dapur, Mama juga dapat mengganti sirup melon dengan varian rasa lain yang tak kalah lezat. Menarik bukan ide dari Dapur Umami?


Salad Buah Saus Strawberry

Selain memanfaatkan sirup sebagai perasa praktis untuk melezatkan dessert, Mama juga bisa menggunakan blender sebagai alat untuk membuat saus yang lezat. Caranya, dengan menjajal salah satu ide dessert dari Dapur Umami ini.


Demikian untuk bahan, menggunakan bahan yaitu buah strawberry untuk menghasilkan saus strawberry-nya yang diblender langsung. Untuk meningkatkan kelezatannya, campurkan juga Mayumi® sebagai saus tambahan. Untuk buah-buahannya, silahkan sesuaikan saja Ma!


Jika ketiga ide dessert di atas masih kurang banyak, Dapur Umami masih punya ide dessert salad buah lain yang dapat Mama coba.


Ide Resep Camilan Salad untuk Teman Diet

Salad buah jadi camilan yang lezat dan menarik? Bisa kok. Dua ide ini buktinya! 


Frozen Salad Buah

Dengan mengolah salad jadi makanan frozen, Mama bisa menikmati camilan salad dengan lebih awet. Bahkan, dengan cara yang sangat mudah.

Buah-buahan yang dapat Mama kombinasikan antara lain melon, pir, buah naga, serta strawberry. Sebelum membekukannya dalam freezer, campur potongan buah tersebut dengan dressing saus dari Mayumi®, susu cair, dan susu kental manis. Mama pasti sudah dapat membayangkan kelezatannya sebelum membuatnya!


Salad Sayur

Resep salad sayur juga tak kalah lezat untuk Mama jadikan camilan dengan dressing yang tepat. Buktinya adalah camilan yang perlu Mama coba ini. Teksturnya tetap creamy, tapi rasanya spesial berkat Mayumi® Pedas yang jadi rekomendasi pilihan saus dari Dapur Umami.


Adapun untuk sayurannya, jenis sayur yang Mama bisa gunakan adalah potongan wortel, buncis, serta jagung. Tambahkan juga potongan telur jika ingin memperkaya nutrisi camilan dengan sumber protein.


Ide camilan salad dengan cita rasa lezat beserta ide salad lainnya, bisa Mama dapatkan update-nya dengan sering-sering berkunjung ke Dapur Umami. Dijamin, Mama nggak akan kehabisan ide untuk membuat berbagai olahan makanan terbaik. Bukan hanya makanan untuk sendiri, tapi juga untuk keluarga!





Source of thumbnail: healthy green vegetarian Buddha bowl lunch with eggs rice tomato avocado blue cheese table by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.