Artikel & Tips Aneka Tumis Jamur Praktis untuk Pelengkap Lauk Makan Siang
Aneka Tumis Jamur Praktis untuk Pelengkap Lauk Makan Siang

Aneka Tumis Jamur Praktis untuk Pelengkap Lauk Makan Siang

22 Feb 2023, 16:02

Mau makan jamur, tapi bingung mau mengolahnya jadi seperti apa? Bosan juga dengan jamur krispi? Nggak usah bingung Ma, sini Dapur Umami bantu kasih rekomendasi. Untuk masakan apapun, kami selalu ada ide untuk menjawab kebingungan siapapun yang merasa sedang mati gaya berkreasi di dapur. 


Kami punya sejumlah resep yang bisa diolah untuk menghasilkan hidangan jamur yang lezat sekaligus praktis. Karena mengonsumsi jamur jelas bukan sebuah kesalahan. Asal bukan jamur beracun ya, Ma. Pilih salah satu jamur berikut, yang tentunya adalah jamur bukan hanya diperbolehkan untuk dikonsumsi, tapi juga baik untuk kesehatan karena kaya akan protein vitamin, asam amino, dan lain-lain. Jamur tersebut antara lain: jamur enoki, jamur shimeji, jamur kancing, jamur tiram dan lainnya. Tak sampai 30 menit, semua masakan tumis ini dapat Mama sajikan untuk pelengkap makan siang. Selain itu, cocok juga untuk Mama jadikan bekal makan anak atau suami yang sibuk seharian beraktivitas. 

Cek yuk idenya!


Resep Tumis Tiga Jamur ala Masako®

Kalau keluarga benar-benar lagi ‘ngidam’ makan jamur, sekalian saja jajal resep ini. Dalam satu menu tumis, ada tiga jenis jamur sekaligus. Masing-masing jamur yang punya sedikit perbedaan pada tekstur dan rasanya, dapat Mama satukan dalam satu sajian spesial dengan bumbu Masako®.


Jamur merang, jamur tiram, dan jamur kuping adalah tiga jamur yang bisa Mama pertimbangkan dalam resep ini. Tapi sebelum memasukkan ketiga jamur tersebut dalam tumisan, tumis dulu bawang merah, bawang putih, cabai merah, serta cabai hijau. 


Ketika jamur-jamurnya dalam wajan sudah layu, Mama bisa menambahkan aneka bumbu penyedap yang terdiri dari merica, gula, dan Masako® Rasa Ayam. Terakhir, masukkan air dan daun bawang. Tunggu sebentar sampai daun bawangnya ikut layu, lalu resep tumis tiga jamur siap untuk Mama sajikan!


Resep Tumis Tauge Jamur ala AJI-NO-MOTO®

Jamur, tauge, dan tahu, dapat menjadi penunjang nutrisi yang sempurna untuk makan siang. Ketiganya memiliki kandungan protein serta sejumlah vitamin yang baik bagi tubuh. Hanya untuk menjadi sajian yang menggugah selera, Mama perlu eksekusi dengan bumbu yang tepat. Kami akan bagi rahasianya dalam resep ini.


Mama bisa mulai dengan menumis irisan bawang putih, irisan cabai merah, serta potongan tahu putih. Saat tumisan mengeluarkan aroma yang harum, masukkan tauge dan jamur. Selanjutnya, taburkan garam dan penyedap AJI-NO-MOTO® untuk melezatkan masakan.


Tak perlu bumbu lain lagi, rasa umami khas AJI-NO-MOTO® yang sudah menemani dapur keluarga lebih dari satu abad lamanya ini sudah cukup. Mama bisa dapatkan rasa masakan yang berpotensi bikin anggota keluarga semangat nambah nasi dengan resep tumis tauge jamur tiram ala AJI-N0-MOTO®.


Resep Tumis Kangkung Jamur Merang ala SAORI®

Jamur merang adalah pilihan jenis jamur yang tepat untuk Mama atau keluarga yang punya problem dengan sejumlah penyakit. Misalnya diabetes, anemia, serta masalah pencernaan. Untuk mengolahnya, jamur merang cocok Mama sajikan bersama kangkung dengan sejumlah bumbu rekomendasi Dapur Umami.


Mari mulai membuatnya dengan menumis bawang putih serta bawang merah hingga harum. Kemudian, masukkan jamur merang, kangkung, cabai merah, serta ebi. Aduk-aduk sebentar saja, lalu masukan SAORI® Saus Tiram dan tomat. Untuk bumbu taburnya, gunakan garam, gula, serta merica sesuai selera.


Terakhir, aduk-aduk masakan hingga matang dan siap untuk disantap. Rasa manis, asin, serta umami dari SAORI®, dapat membuat kangkung dan jamur jadi lebih lezat dan menggugah selera saat menyantapnya. Keluarga yang tadinya nggak hobi makan kangkung, bisa malah jadi suka berkat resep tumis kangkung jamur ini.


Resep Cah Jamur Wortel ala SAORI®

Rekomendasi terakhir kami ini adalah yang paling lengkap secara nutrisi untuk Mama jadikan sebagai hidangan makan siang. Bukan hanya terdapat jamur dan aneka sayuran, tapi karena kami menyarankan Mama memasukkan sumber protein hewani dari daging ayam. Menariknya, mengolahnya juga praktis!


Jika tertarik membuatnya, pertama-tama tumis dulu bawang putih, bawang bombay, serta cabai merah keriting sampai harum dan warnanya berubah. Selanjutnya, masukkan potongan wortel, jamur, air, lalu aduk hingga merata. Kalau sudah, tambahkan telur kocok dan aduk kembali masakan.


Sama seperti resep sebelumnya, SAORI® Saus Tiram adalah saran bumbu terbaik untuk sajian ini. Selain SAORI®, tambahkan juga bumbu lain seperti gula, garam kental, serta merica. 

Untuk memberi efek creamy layaknya kuah khas oriental, Mama juga bisa tuang larutan maizena. Resep cah jamur wortel akhirnya siap dihidangkan!


Praktis-praktis bukan Ma aneka resep jamur dari Dapur Umami? Rasa jamur yang umumnya bersifat ‘netral’ dan mungkin kurang menggugah selera, dapat berubah menjadi olahan kaya rasa dengan bumbu-bumbu spesial produk AJI-NO-MOTO®! Bila hobby, Mama juga bisa lho, untuk mulai budidaya jamur. Wah, kebun penuh, dapur juga dapat manfaatnya. Selamat mencoba, Ma.




Source of thumbnail: Vegetable Salad by Ella Olsson at Pexel.com
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.