Artikel & Tips 6 Kreasi Jajanan Anak SD Kekinian 1000an, Sehat dan Murah
6 Kreasi Jajanan Anak SD Kekinian 1000an, Sehat dan Murah

6 Kreasi Jajanan Anak SD Kekinian 1000an, Sehat dan Murah

01 Dec 2022, 14:12

Bikin kreasi jajanan anak SD (Sekolah Dasar) kekinian untuk jualan jangan asal-asalan. Selain harganya murah, jajanan yang sehat dan enak menjadi nilai plus. Menunya tidak melulu harus gorengan, Mama juga bisa membuat kudapan manis seperti puding atau jajanan pasar kue basah.


Apakah masih untung jika menjualnya seribuan? Asal bahan dan porsinya sesuai, bisnis jual jajanan anak SD seribuan tetap cuan. Daripada bingung, Dapur Umami akan memberi beberapa ide jajanan anak yang laris, murah dan sehat.


Contoh Kreasi Jajanan Anak SD yang Laris

Berikut beberapa contoh jajanan anak SD harga seribuan beserta cara buatnya:


1. Telur Gulung


Telur gulung masih menjadi salah satu jajanan anak SD terlaris. Sesuai namanya, jajanan ini adalah telur goreng yang digulung dengan lidi. Ini tidak semudah kelihatannya, lo! Adonan harus pas dan teknik menggulungnya perlu latihan. Resep adonan telur gulung, yaitu dua butir telur, garam dan Masako® secukupnya. Kocok merata lalu tambahkan tujuh sendok makan air.


Tuangkan dua sendok makan adonan ke minyak dengan api sedang. Segera gulung telurnya pakai lidi mulai dari tengah kemudian seret ke tepi. Dua butir telur kurang lebih menghasilkan 12 tusuk telur gulung.


2. Sosis Mie

kudou from Getty Images & Billion Photos


Contoh resep jajanan anak SD kekinian yang kedua adalah sosis mi. Bentuknya sosis yang diikat mi. Cukup familier, bukan? Bahan-bahannya cuma satu bungkus sosis dan mi rebus. Modal awal tidak sampai Rp30 ribuan. Untuk persiapan jualan, potong sosis jadi dua dan bentuk ujungnya seperti bunga. Lilitkan mi sampai tersisa kedua ujung sosis. Jangan sampai lepas, ya! Sajikan sosis mi dengan cara menggorengnya sampai berwarna kecoklatan.


3. Puding Sedot

JunzPortraits from Getty Images


Puding sedot adalah ide kreasi jajanan anak SD yang kini banyak di kantin-kantin sekolah. Dengan resep ini Mama tetap untung meskipun dengan harga seribuan.


Cara buatnya sama seperti puding biasa dan tambahkan sedikit tepung maizena sebagai pengencer. Itulah rahasia membuat puding sedot. Dengan adonan yang lebih encer, anak-anak bisa meminumnya langsung dari sedotan tetapi masih terasa kenyal. Jual puding sedot di plastik bening agar tidak perlu menambah modal untuk kemasan.


4. Martabak Telur Mini

zulfikarilyas from Getty Images


Martabak mini atau lebih lengkapnya martabak telur mini adalah jajanan favorit sejuta umat. Kulit renyah dan isiannya yang gurih memang bikin ketagihan. Untuk membuat martabak telur mini tidak jauh beda dengan yang besar, tetapi kulitnya diganti dengan kulit lumpia. Isiannya bebas sesuai selera. Selain telur bisa juga menambahkan campuran daging giling agar lebih nikmat. Jika sudah pernah membuat martabak telur, Mama tidak akan kesulitan.


5. Kue Pukis

Febyan dwi Lesmana from Getty Images


Jajanan anak SD kekinian 1000an yang kelima kue pukis, makanan khas asal Banyumas. Kudapan lembut ini dapat disajikan dengan macam-macam topping manis seperti coklat, keju, bahkan red velvet. Anak-anak pasti suka! Bedanya dengan pancong, bahan utama adonan pukis adalah tepung terigu sedangkan pancong tepung beras. Supaya cuan di harga seribuan, gunakan cetakan pukis berukuran kecil.


6. Pempek Telur Puyuh

Pelita Eka Yahya from Getty Images


Rekomendasi Dapur Umami yang terakhir yaitu pempek telur puyuh. Ini akan jadi jajanan anak SD yang sehat dan murah. Kalau mau jual seharga seribuan, berarti harus mengorbankan ukuran. Dari segi produksi pun sebaiknya sekaligus banyak untuk menekan modal awal. Bahan membuat pempeknya yaitu ikan tenggiri giling, tepung sagu tani dan telur puyuh rebus. Jangan lupa pakai AJI-NO-MOTO® agar lebih sedap. Silakan cek resep pempek telur puyuh untuk mempelajari proses masaknya.


Penutup

Kesimpulannya, membuat kreasi jajanan anak SD yang murah dan enak perlu mempertimbangkan bahan bakunya. Sebab jika ingin menjual dengan harga seribuan berarti ada hal yang mesti dikorbankan seperti bahan dan porsi.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.