Artikel & Tips Wajib Coba, 2 Resep Tipan Tahu yang Recomended, Enak dan Mudah
Wajib Coba, 2 Resep Tipan Tahu yang Recomended, Enak dan Mudah

Wajib Coba, 2 Resep Tipan Tahu yang Recomended, Enak dan Mudah

17 Nov 2022, 12:11

Masyarakat Indonesia pastilah familiar dengan tahu. Tahu merupakan makanan yang terbuat dari endapan perasan kedelai. Nama tahu berasal dari kata serapan bahasa Tiongkok “tauhu” yang berarti fermentasi kedelai. Rasa yang enak, harga terjangkau serta bergizi menjadi alasan mengapa banyak yang menyukai tahu. Makanan ini sering diolah menjadi berbagai masakan, salah satunya adalah tipan tahu. Seperti apa resep tipan tahu? Simak ulasan di bawah ini.


Apa itu Tipan Tahu?


Di Indonesia, banyak orang yang berkreasi dengan resep tahu dan mengolahnya menjadi panganan yang enak. Misalnya, dibuat keripik tahu, semur tahu, atau masakan tipan tahu. Tipan tahu adalah olahan tahu yang dipadukan dengan telur dadar.  


Sekilas tampilannya mirip dengan capcai, bedanya cara menyajikan tipan tahu menggunakan hotplate. Selain menggunakan telur dadar sebagai campuran, banyak juga yang menambahkan udang atau sotong. 


Resep Tipan Tahu

Resep tipan tahu bervariasi tergantung selera masing-masing. Secara umum, rasanya gurih karena berisi udang, ikan, dan cumi, dengan kuah yang sedikit pedas. Bagi pecinta rasa pedas, bisa menambahkan cabai atau paprika. 


Berikut adalah beberapa cara membuat tipan tahu yang bisa Mama praktikkan.


Tahu Hot Plate Seafood


Resep pertama adalah membuat tahu hotplate dengan campuran banyak hasil laut, seperti cumi, udang atau ikan. Bahan-bahan yang perlu Mama siapkan adalah bawang bombay, 2 buah masing-masing duo bawang, fillet ikan, daging cumi, udang kupas, minyak, 1 buah paprika, air, egg tofu potong, maizena, dan daun bawang. Siapkan pula bumbu dan saus, seperti SAORI® saus tiram, kecap asin dan manis. 


Selanjutnya cara membuat tipan tahu adalah tumis duo bawang, paprika dan bawang bombay hingga layu atau beraroma wangi. Lalu, masukkan seafood dan aduk hingga rata. Tambahkan SAORI® saus tiram, Masako® dan bumbu lainnya, aduk rata hingga tercampur rata. Lalu, tes rasa. 


Di penggorengan terpisah, goreng tofu hingga setengah matang. Kemudian masukkan ke dalam kuah tofu yang sebelumnya Mama buat. Jika sudah tercampur rata, tuang larutan maizena agar kuah mengental. Angkat dan taburi daun bawang. Sajikan dengan nasi hangat agar lebih nikmat. 


Tipan Tahu Sayur


Cara memasak tahu lainnya yang bisa Mama coba adalah tipan tahu sayur. Bahan yang Mama perlukan adalah tofu bulat, telur, cumi-cumi, bakso ikan, jagung pipil, irisan wortel, dan sawi caisim. 


Kemudian, siapkan bumbu irisnya, seperti bawang bombay, jahe, dan bawang putih. Jangan sampai lupa, Masako®, SAORI® saus tiram, larutan tepung maizena, gula dan garam. 


Setelah itu, tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan cumi, dan sayuran. Tumis bahan-bahan tersebut hingga setengah layu. Tuang air, kemudian masak hingga matang. 


Berikutnya, masukkan sawi, bakso, tofu goreng, saus tiram, dan penyedap rasa, serta tambahkan secukupnya gula dan garam. Aduk hingga rata, kemudian tes rasa. Apabila sudah pas rasanya, Mama bisa menuangkan larutan maizena. Aduk sayur tofu hingga kuah mengental. 


Panaskan hotplate, buatlah telur dadar di atasnya. Kemudian, tuang sayur tofu yang masih dalam keadaan panas ke atas hotplate. Sayur tofu hotplate pun siap dihidangkan bersama nasi hangat. 


Demikianlah dua resep tipan tahu yang gampang banget Mama praktikkan. Apalagi mengolahnya di saat musim dingin, tipan tahu yang gurih akan lebih pas dimakan bersama keluarga tersayang. Jangan ragu, makanan ini juga merupakan salah satu chinese food yang halal, lho. Penasaran bagaimana rasanya? Coba, yuk!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.