Cara Masak Tahu Kekinian karena Kita Perlu Tahu

Salah satu jenis masakan yang memberikan kesan Asia adalah tahu. Makanan yang berasal dari Asia Timur ini dibawa para pendatang Tiongkok ke Nusantara kemungkinan sejak abad-ke 10, demikian menurut sejarawan J.J. Rizal. Seiring waktu, warga lokal mulai berkreasi dan masak tahu dengan berbagai cara. 


Saat ini, kita sudah mengenal berbagai olahan tahu yang seolah tidak ada habisnya. Dari yang paling sederhana seperti tahu petis, hingga membutuhkan pengolahan seperti tahu bulan, maupun pengolahan dan penggabungan seperti gadon tahu–semuanya sudah menjadi bagian dari kuliner nusantara. 

Berikut tiga cara masak tahu dengan sedikit pengolahan tanpa menghilangkan cita rasa dan manfaat tahu. 


Gadon Tahu dan Daging

Gadon pada intinya adalah kuliner kukus yang terdiri dari bahan makanan yang dihaluskan dan dicampur dengan rempah. 

Untuk membuat gadon, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tahu (300 gram, haluskan), daging (50 gram, giling), santan (200 ml), telur (2 butir, kocok lepas), daun jeruk (4 lembar), daun salam (2 lembar), gula merah (1 sendok teh), garam (½ sendok teh). 


Selain bahan utama di atas, ada juga bumbu halus yang harus Mama siapkan. Gadon memiliki aroma khas yang berasal dari ketumbar. Karena itu ketumbar tidak boleh terlewat. Selain itu siapkan juga bawang merah dan bawang putih. Bawang merah boleh lebih banyak 2 atau tiga kali dari bawang putih. 


Untuk membuatnya, campurkan semua bahan yang sudah disiapkan. Pastikan semuanya tercampur rata. Selanjutnya, Mama boleh membungkus adonan dalam daun pisang seperti membuat botok. Atau, kalau ingin praktis tata daun pisang di panci kukus dan kemudian tuangkan semua adonan di atas daun pisang. 

Kukus selama 20 atau 30 menit hingga daging matang. 


Bakwan tahu udang

Di antara berbagai cara masak tahu kali ini, bakwan tahu udang mungkin paling sederhana. Kalau pun Mama belum pernah memasak ini pastinya Mama tidak asing dengan cara membuat bakwan. 


Untuk membuatnya, Mama membutuhkan tahu (200 gram), udang kupas (50-100 gram, cincang), Sajiku® tepung bakwan (1 bungkus), terigu (1 sendok makan), telur (1 butir kocok lepas), sayuran (sesuai selera, idealnya udang, tauge, dan buncis). 


Campurkan semua bahan ini dengan air secukupnya. Pastikan untuk menuangkan air sedikit demi sedikit agar tidak sampai kebanyakan air. Sementara itu panaskan minyak goreng di atas api sedang. 


Tuangkan adonan ke wajan dan biarkan hingga berubah warna tetapi tidak terlalu kering. Silakan menikmatinya sambil nonton streaming series ya!


Nugget Tahu dan Tempe

Nugget adalah istilah yang saat ini sangat populer dipakai untuk berbagai jenis makanan olahan dengan cara masak dihaluskan, dicetak dalam ukuran sekali gigit, dan kemudian digoreng dengan tepung panir. Kita pasti kenal nugget ikan, ayam, sampai pisang. 


Bagaimana dengan nugget tahu? Pada intinya tidak terlalu berbeda dengan cara masak bahan-bahan lain menjadi nugget. 

Untuk membuat ini, bahan-bahannya bisa dilihat di sini. Yang Mama perlu siapkan adalah tahu (200 gram), tempe (200 gram), telur (2 butir), Sajiku® tepung goreng tempe (1 bungkus), terigu (2 sendok makan), daun seledri, dan daun bawang. 


Untuk lapisan panirnya, Mama membutuhkan telur dan tepung roti. 

Setelah semuanya siap, campurkan semua bahan utama. Kemudian, bentuk adonan seperti petak-petak seukuran nugget sekali gigit. Kemudian, celupkan nugget mentah ini ke telur dan baluri dengan tepung roti. 


Terakhir, goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga warnanya berubah menjadi kuning gelap atau kecoklatan. 

Menyiapkan nugget untuk digoreng dengan telur dan tepung panir