Artikel & Tips Rice Bowl Olahan Sei Sapi, Ide Jualan Mama
Rice Bowl Olahan Sei Sapi, Ide Jualan Mama

Rice Bowl Olahan Sei Sapi, Ide Jualan Mama

17 Nov 2022, 10:11

Se’i sapi yang merupakan olahan daging sapi asap ber cita rasa khas Nusa Tenggara Timur ini sedang jadi primadona dan viral. Nah, kali ini Mama bisa menjadikannya ladang untuk berjualan ricebowl. Ricebowl olahan sei sapi ini akan menjadi suguhan nikmat dengan porsi yang pas. Plus, dijamin laris manis lho, Ma! Untuk resepnya berikut ada ide yang bisa Mama buat di rumah.


Kelezatan Sei Sapi bisa hadir dalam rice bowl untuk bisnis


Resep olahan se’i sapi: Rice Bowl sei sambal matah

Ide jualan untuk Mama yang memanfaatkan daging sei sapi yang pertama yakni dengan membuat rice bowl sei sapi sambal matah. Cara membuat sei sapi cukup mudah dan simpel. Mama siapkan dulu bahan yang diperlukan ya.


Bahan yang diperlukan tentu saja daging sei sapi. Untuk bahan sambal matahnya siapkan dan iris tipis – tipis sereh ambil salah satu bagian dalam bagian putih, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daun jeruk yang dibuang tulangnya. Pelengkapnya tentu saja garam, gula, merica, dan MASAKO® rasa ayam agar rasa yang dihasilkan semakin mantap ya, Ma.


Langkah pertama untuk membuatnya, panaskan dalam wajan minyak goreng, atau lebih bagus lagi bila Mama memakai minyak kelapa, agar rasa yang dihasilkan semakin gurih. Masukkan sei sapi yang telah diiris atau dipotong dadu, tumis hingga setengah matang saja ya, Ma. Untuk kemudian masukkan semua bahan sambal matah yang sudah di iris tipis tadi. Tumis hingga semua bahan matang dan harum. Bumbui dengan gula, garam, dan MASAKO® rasa sapi, lalu tes rasa. Matikan api bila sudah matang.


Untuk penyajiannya, tata dalam wadah rice bowl nasi pulen. Lalu beri sei sambal matah yang sudah dimasak tadi, dan akan lebih nikmat bila ditambahkan telur ceplok dan irisan mentimun. Olahan sei sapi ini siap di posting di media sosial untuk dijual ya, Ma.


Resep olahan sei sapi: Rice Bowl sei sambal luat

Olahan resep sei sapi berupa sambal luat kali ini otentik dari Nusa Tenggara Timur juga lho, Ma. Kuliner ini merupakan pendamping yang paling pas untuk olahan sei sapi. Sambal luat ini selain pedas juga memiliki rasa yang khas dan unik. Oleh karena itu, bila Mama membuatnya dalam bentuk rice bowl tentu akan memiliki penikmat dan laris manis!


Untuk bahan sei sapinya, Mama siapkan bumbu halus terlebih dahulu berupa bawang putih yang dihaluskan dengan lada, garam, dan MASAKO® rasa sapi. Tidak lupa juga paprika merah dan hijau agar semakin menarik, bawang bombay, dan cabe merah keriting. 


Langkah pertama untuk membuat olahan sei sapi, tumis bumbu halus hingga harum, agar rasa yang dihasilkan tidak langu. Masukkan irisan bawang bombay, paprika, dan cabe merah hingga layu. Terakhir masukkan irisan daging sei sapi yang sudah melalui proses pengasapan, bumbui dengan garam dan MASAKO®. Aduk hingga bumbu meresap dan matang. Nah, sekarang sisihkan dulu ya, Ma.


Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal luat berupa cabe rawit merah, cabe rawit keriting, cabe rawit yang berwarna hijau, daun bawang, bawang merah, air perasan jeruk nipis, dan tomat. Untuk membuat sambal luat ini cukup mudah, Mama ulek kasar semua bahan yang sudah disiapkan, beri perasan jeruk nipis. Sei sapi dan sambal luat ini siap untuk ditata dalam rice bowl.


Jadi olahan sei sapi mana yang akan Mama kreasikan untuk jualan? Untuk ide masakan lain, yang tentu saja bisa buat ide jualan Mama, bisa cek terus aneka resep andalan yang tentu umami di sini. Banyak lho ide olahan sapi yang bisa Mama coba. Sajikan dengan sayur daun pepaya dan nasi hangat agar lebih nikmat.




Source of thumbnail: Se'i Sapi or Beef Sei Is Indonesia Traditional Smoked Beef, by Ika Rahma
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.