Resep Tipan Tahu Telur Hot Plate dan Cara Membuatnya - Dapur Umami

Resep Tipan Tahu Telur Hot Plate dan Cara Membuatnya

Di antara olahan tahu Indonesia, tipan tahu merupakan salah satu menu unik dan enak. Resep tipan tahu juga relatif mudah dibuat sendiri di rumah, lo. Alasan hampir setiap daerah di Tanah Air pasti punya menu tahu yang berbeda karena bahan baku tahu tersedia di mana-mana. Pengaruh masakan asing turut menambah banyak pilihan olahan tahu, misalnya tipan tahu. 


Untuk menambah variasi masakan di rumah, Dapur Umami akan menjelaskan apa itu tipan tahu dan cara membuatnya. Yuk, ikuti panduan di bawah ini.


Apa Itu Tipan Tahu?

Tipan tahu adalah olahan tahu di hot plate dengan berbagai macam campuran seperti sayuran atau seafood. Cara penyajiannya ala chinese food. Sering disebut tipan tahu telur karena makanan ini menggunakan telur dadar sebagai alas. 

4kodiak from Getty Images Signature


Awalnya, tipan tahu merupakan menu khusus vegan. Akan tetapi, Mama bisa menambahkan jamur, udang, cumi atau apapun sesuai selera. Makanan ini berasal dari Batam dan mulai tersebar ke berbagai daerah sehingga muncul bermacam-macam variasi.


Resep Tipan Tahu Telur Khas Batam

Tipan tahu menggunakan bisa 1 buah tahu Jepang atau bisa jadi lebih banyak atau tofu yang bertekstur lebih lembut. Saat makan tofu potong rasanya seperti lumer di mulut. Tofu juga terbuat dari kedelai, namun tidak melewati proses pemadatan sehingga membuatnya begitu lembut.


Bahan Membuat Tipan Tahu

ildipapp


Bahan-bahan resep masak tahu enak ini untuk porsi dua orang, ya. Silakan sesuaikan sendiri resepnya dengan jumlah orang di rumah. Untuk isian sayurnya, siapkan sebungkus tofu, dua butir telur, potongan pakcoy dan buncis, serta irisan wortel. Mau bikin tipan tahu non vegan?

Tambahkan bahan seafood apapun bebas, sebagai contoh udang dan cumi. Selanjutnya, bahan untuk bumbu terdiri dari merica bubuk, bawang putih cincang, kecap asin, minyak wijen, dan maizena. Semua dengan takaran satu sendok teh. Jangan lupa pakai SAORI┬« saus tiram agar tipan tahu yang Mama bikin lebih sedap. Cukup satu sendok makan saja dan aduk rata. Terakhir, garam, gula, air, dan minyak goreng secukupnya saja. Sekarang semua bahan telah siap diolah dan siap membuat tipan tahu yang lezat.


Cara Membuat Tipan Tahu Sayur

bm4221 from Getty Images


Bikin tipan tahu Batam itu mudah dan cepat, jadi cocok sekali dihidangkan hangat-hangat saat makan siang atau malam. Jika Mama sudah biasa masak, resep tahu enak ini tidak sulit-sulit amat kok.

Pertama, tumis bumbu-bumbunya. Kalau sudah beraroma sedap, masukkan sayuran yang Mama siapkan tadi. Tumis semua bahan selama beberapa menit. Kemudian tuangkan sedikit air. Tunggu sampai mendidih dan matang. Barulah setelah itu masukkan tofu serta bahan-bahan yang lain. Oh, ya, sebelum itu Mama potong-potong dulu tofunya dan goreng agar tidak gampang hancur dan rasanya lebih gurih. Tuang semua bahan yang disiapkan di awal lalu aduk merata. Langkah terakhir tinggal menambahkan maizena cair. Untuk apa maizena? Singkatnya, tepung maizena bisa jadi pengental kuah makanan. Sampai di tahapan ini, segera angkat sayurnya sembari menyiapkan hot plate dan telur dadar.


Menyiapkan Hot Plate Telur Dadar

Langkah selanjutnya mudah banget, Ma. Tinggal buat telur dadar di atas hot plate dengan sedikit minyak. Tidak perlu dibolak-balik, biarkan sampai matang. Jika sudah siap, tinggal guyurkan sayur tofunya ke atas telur dadar. Sudah bisa bayangin aroma dan kelezatannya, kan? Makan tipan tahu hangat-hangat pasti nikmatnya berlipat. Bagaimana kalau tidak punya hot plate? Pakai saja piring saji biasa. Masak telur dadarnya secara terpisah lalu letakkan di piring dan tuangkan sayur tofu. Simpel!


Penutup

Olahan bahan tahu memang tidak pernah ada habisnya. Resep tipan tahu di atas menjadi contoh bahwa tahu bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Cicipi juga resep tahu walik dengan cocolan sambal kecap.