Resep-resep Daging Sapi Paling Gampang untuk Pemula

Ini daftar resep sederhana untuk memasak daging sapi bagi pemula. Tidak harus heboh dan repot, rasanya dijamin enak!


Daging sapi dikenal sebagai sumber zat besi paling baik dibandingkan dengan daging ayam atau ikan. Kandungannya berisi protein, berbagai vitamin, dan mineral yang direkomendasikan untuk makanan sehat dan seimbang. Bagian dari daging sapi untuk dikonsumsi pun berbeda tergantung teksturnya. Misal, tenderloin (has dalam) dan sirloin (has luar) untuk steak, gandik untuk empal, dendeng, atau rendang, buntut untuk sop, dan iga untuk barbeque. 


Mengolah daging bisa dibilang gampang-gampang susah, tapi tahukah Mama sebenarnya banyak resep olahan yang mudah? Apalagi saat ini banyak bumbu instan yang dijual, jadi praktis banget untuk pemula. Olahan daging sapi juga identik dengan makanan bersantan, terutama di hari-hari besar di Indonesia, seperti Idulfitri dan Iduladha. Nah, apa saja resep daging yang paling gampang? Simak berikut ini:


1.Rendang 

Bagi pemula, resep rendang ini wajib dicoba. Kenapa? Karena Mama cuma butuh seperti 500 gram daging sapi, santan, kelapa parut dan dua jenis bumbu dapur. Pakai bumbu instan juga bisa lho, Ma, sehingga prosesnya jadi semakin mudah dan praktis. Bumbu segar yang diperlukan juga hanya daun serai, daun jeruk dan/atau daun salam. 


Kunci untuk memasak rendang yang enak ada pada lama waktu memasaknya. Semakin lama dimasak, semakin mantap rasanya. Tapi jangan lupa masak dengan api kecil agar bumbu lebih merasap. Lalu jangan terlalu sering diaduk ya, sesekali saja sudah cukup agar daging sapi tidak pecah. Sajikan resep ini kapan saja dan untuk acara apa saja.


2.Sop Daging

Kalau waktu Lebaran Haji kemarin Mama dapat daging sapi, masak sop daging saja! Resep ini memiliki cita rasa yang lebih segar dan cocok bagi mereka yang bosan dengan kuah santan. Untuk menyingkat waktu masak, potong daging menjadi ukuran dadu terlebih dahulu. Rebus daging selama 30 menit sampai empuk atau gunakan panci presto. 


Gunakan bawang bombay dan bawang putih yang ditumis untuk mengeluarkan aroma wangi. Air rebusan dagingnya pun bisa digunakan kembali sebagai kaldu untuk semakin menyedapkan rasa sup. Tambahkan sayur pilihan Mama sendiri, baik wortel, kentang atau kacang merah. Terakhir, jangan lupa tambahkan bawang goreng biar sedap!


3.Bistik Daging Sapi 

Menggunakan bagian has dalam pada daging sapi adalah kelezatan nomor 1 dalam olahan ini. Karena mempunyai tekstur paling empuk, memasak bistik ini tidak perlu waktu yang lama. Bistik daging sapi ini memiliki cita rasa manis khas Jawa karena bistik adalah versi lokal dari steak a la barat. Jadi bumbunya semua bisa didapatkan secara lokal. 


Gunakan 500 gram daging has dalam dan bumbu dapur untuk mengolah resep ini. Siapkan juga wortel dan kentang, atau bahkan brokoli sebagai sayuran pelengkap. Bumbu-bumbu ditumis dengan mentega sebelum daging ditambahkan. Sayur dimasukkan setelah daging mulai matang. 


Itu tadi 3 resep daging sapi paling gampang untuk pemula. Agar percobaan masak jadi sempurna, jangan lupa untuk beri Aji-no-moto sebagai penyedap rasa. Selamat berkarya di dapur!


sumber:https://pixabay.com/id/photos/fillet-fillet-daging-sapi-4090727/