Resep Ikan Kembung, Panggang Atau Kuah, Anti Gagal - Dapur Umami

Resep Ikan Kembung, Panggang Atau Kuah, Anti Gagal

Ikan kembung adalah salah satu ikan dengan kandungan protein yang tinggi, harganya murah, dan sangat mudah ditemui di manapun. Ikan yang masih berkerabat dengan tuna dan tongkol ini rasanya pun juga enak. Tapi, sebanyak apakah Mama menggunakan ikan ini dalam resep makanan sehari-hari untuk keluarga?


Ikan kembung ini dapat dimanfaatkan dengan diolah dengan berbagai macam variasi. Kalau ingin sebagian contoh, Mama bisa lihat sekilas di Resep Dapur Umami. Nah, di kesempatan ini, kita akan kulik ikan kembung dengan dipanggang dan dibuat sup. Penasaran, kan, Ma? Simak artikel ini hingga habis.


Resep ikan kembung bakar dengan bumbu kunyit

Bila biasanya ikan kembung disajikan dengan digoreng dan dinikmati bersama sambal, kali ini kita kulik agar ada sensasi baru dalam menikmati ikan kembung ini, yakni dengan cara dibakar. Namun, kita tidak akan membakarnya begitu saja. Kita akan marinasi terlebih dahulu dengan bumbu kunyit dan sedikit santan agar rasanya semakin menggigit.


Dalam pembuatannya, tentu saja Mama perlu siapkan bahan utamanya. Yang pertama tentu saja cari ikan kembung yang masih segar. Untuk bumbu, siapkan santan segar, duo bawang, sereh, kunyit bubuk, sedikit cabe merah, pala, merica, dan garam. Untuk memperkuat rasa umami, jangan lupa menambahkan MASAKO┬« Rasa Ayam. 


Untuk membuatnya, Mama memang memerlukan dua langkah dalam membuatnya. Langkah pertama, marinasi ikan dengan garam dan jeruk nipis dan kemudian diamkan kurang lebih 45 menit. Selagi menunggu, Mama perlu menumis bumbu halus dengan minyak hingga harum dan tidak langu. Selanjutnya, masukkan santan ke dalam tumisan bumbu.


Terakhir, rendam ikan kembung ke dalam tumisan bumbu hingga meresap. Baru kemudian ikan siap dipanggang. Mama bisa membakar di atas arang ataupun di teflon hingga matang dan berwarna coklat. Ikan kembung bakar bumbu kunyit ini siap dihidangkan dengan lalapan dan sambal. 


Sup ikan kembung kuah kuning


Sup ikan kembung kuah kuning ini merupakan salah satu resep olahan sup yang pasti digemari seluruh anggota keluarga. Kenapa begitu? Karena rasanya ringan namun manfaatnya sejuta lho Ma! Tiap 100 gram ikan kembung mengandung kurang lebih 19 gram protein, lemak jenuh, dan vitamin B12 dalam kadar yang cukup besar. 


Untuk Mama yang sedang mengandung, ikan kembung ini juga merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Hal itu karena kandungan asam folat yang tinggi. Dengan asam folat tinggi, ikan kembung mampu meminimalisir terjadinya anemia dalam kehamilan.


Nah, untuk membuat ikan kembung dengan kuah kuning, pertama-tama mari kita potong ikan kembung segar menjadi dua bagian. Kemudian, Mama marinasi ikan dengan jeruk nipis dan garam. Apabila tidak memiliki jeruk nipis, Mama bisa memanfaatkan jeruk lemon ataupun air asam jawa. Diamkan ikan kembung beberapa saat.


Untuk bahan yang dihaluskan, Mama bisa mengulek duo bawang, kemiri, dan kunyit yang sudah dibakar hingga halus. Masukkan bumbu yang sudah halus itu ke dalam wajan yang telah diberi sedikit minyak. Tumis bumbu hingga harum dan matang. Masukkan sereh, daun jeruk yang sudah dibuang tulangnya, dan sedikit daun jeruk. 


Bila sudah, Mama tambahkan air pada wajan secukupnya. Masukkan juga sedikit air asam jawa ke dalam wajan, tunggu hingga mendidih. Masukkan ikan kembung paling terakhir, agar bisa matang sempurna tetapi tidak hancur. 


Langkah terakhir dalam pembuatan sup ini tentu saja, masukkan potongan tomat dan daun bawang secukupnya. Tambahkan garam, gula, dan AJINOMOTO®. Hmmm perpaduan gurih kaldu ikan dan sedikit rasa asam ini pasti membuat nafsu makan langsung naik nih Ma.


Siap ke pasar untuk membeli ikan kembung dan mengolahnya kan Ma?