Artikel & Tips Resep Bola Nasi Goreng Buat Bekal Hari Pertama Sekolah
Resep Bola Nasi Goreng Buat Bekal Hari Pertama Sekolah

Resep Bola Nasi Goreng Buat Bekal Hari Pertama Sekolah

26 Jul 2022, 16:07

Hari pertama sekolah merupakan sesuatu yang krusial bagi jagoan dan juga Mama sebagai orang tua. Agar nantinya jagoan Mama selalu bersemangat untuk pergi ke sekolah tanpa rasa malas, Mama perlu mempersiapkan bekal yang menarik dan lezat, misalnya dengan menyimak resep nasi goreng berbentuk bola yang kita bahas di sini.


Eh, apa itu bola nasi goreng? Mari kita simak bersama resep yang bisa dijadikan inspirasi bekal ini.


Bola nasi goreng sosis

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat masak nasi goreng berbola-bola dengan sosis ini sangatlah mudah. Untuk bahan utama, Mama hanya perlu mempersiapkan nasi putih, bawang putih cincang halus, wortel dan sosis yang dipotong dadu, daun bawang, sedikit garam dan merica.


Untuk bahan pelapisnya, Mama perlu mempersiapkan telur ayam dan tepung roti.

Selanjutnya, untuk mempermudah Mama dalam membuat bola nasi goreng sosis ini, Mama tentu harus punya SAJIKU® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam di rumah.


Pastinya akan lebih memudahkan kalau Mama bisa mempercepat waktu memasak bekal sekolah di pagi hari.


Cara membuatnya pun cukup mudah dan praktis walaupun bola nasi ini harus melewati dua tahap dalam memasaknya. Langkah pertamanya adalah Mama masukkan sedikit minyak goreng atau margarin untuk menumis bawang putih. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lalu tunggu hingga bawang ini harum.


Masukkan wortel, daun bawang dan sosis yang telah dipotong dan aduk sampai rata. Bila semua sudah tercampur rata, masukkan Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam, sedikit merica dan tambahan garam sesuai selera. Angkat dan sajikan.


Langkah kedua yang perlu Mama lakukan yaitu membuat bulatannya. Pertama-tama, lapisi tangan Mama dengan plastik bersih. Ambil nasi goreng sosis tadi dan bentuk menjadi bulatan atau bola-bola. Gulingkan bola bola nasi goreng tadi kedalam kocokan telur yang sudah dikocok lepas.


Terakhir gulingkan kedalam tepung roti. Lakukan hingga semua bola nasi goreng tertutup dengan bahan pelapis. Goreng bola nasi goreng sosis tadi hingga kuning kecoklatan.


Bila sudah, tata bola nasi goreng sosis tadi kedalam wadah bento box anak, tambahkan saus tomat atau mayonaise sachet. Wah, bekal yang praktis dan mengenyangkan ini siap untuk menemani hari pertama sekolah.


Pilihan cita rasa nasi goreng

Nah, kalau Mama ingin variasi cita rasa nasi gorengnya sendiri, Dapur Umami punya banyak piliihan nasi goreng simpel yang bisa membuat bola nasi goreng ini penuh variasi. Silakan Mama pilih dari berbagai opsi yang ada demi memberikan kejutan bagi jagoan kecil setiap kali mereka menggigit bola nasi gorengnya. 


Bola nasi goreng saus keju

Untuk membuat bola nasi goreng saus keju ini, bahan dan langkah sama persis dengan resep bola nasi goreng sosis di atas. Hanya saja Mama perlu memodifikasinya dengan membuat saus keju. Rasa saus keju yang gurih ini tentu akan menambah nafsu makan jagoan Mama untuk nantinya dimakan di sekolah.


Untuk membuat saus keju pelengkap bola nasi goreng ini tidaklah rumit, bahan yang diperlukan yaitu mentega, susu cair, tepung terigu, keju yang mudah meleleh, gula pasir, dan sedikit Masako® rasa ayam.


Mama hanya perlu melelehkan margarin atau mentega secukupnya, tambahkan dengan sedikit tepung terigu. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil tetap mengaduk.


Pastikan tidak sampai menggumpal ya, Ma. Masukkan keju, beri gula pasir dan sedikit Masako® rasa ayam. Bila sudah bergelembung artinya saus keju ini sudah matang.


Saus keju ini siap dijadikan cocolan yang pas untuk teman makan bola nasi goreng di sekolah. 


Bagaimana, Ma? Bekal anti ribet untuk jagoan yang mulai sekolah esok pagi ini siap dipraktekkan, kan?

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.