Artikel & Tips Rasa Umami yang Alami ada Pada Bahan-bahan Ini
Rasa Umami yang Alami ada Pada Bahan-bahan Ini

Rasa Umami yang Alami ada Pada Bahan-bahan Ini

11 Nov 2022, 11:11

Kita ini sebenarnya sangat diuntungkan hidup di zaman yang memudahkan kita mendapatkan rasa gurih atau umami ya, Ma? Saat ini, kalau Mama masak apa saja dan ingin gurih, Mama tinggal menggunakan AJINOMOTO® atau MASAKO® dan hidangan pun jadi gurih. Tapi, tahukah Mama bahwa selain menggunakan produk andalan kita ini, Mama juga bisa mendapatkan rasa umami yang alami? 

Kalau belum tahu, inilah kesempatan bagi Mami untuk sedikit mengetahui sumber rasa umami yang bisa kita temukan pada bahan-bahan makanan yang mungkin sudah ada di dalam kulkas? Mari deh kita lihat sebentar apa saja bahan-bahan yang berpotensi menjadi sumber rasa umami yang alami


Sayuran Sumber Rasa Umami yang Alami

Mungkin ini tidak banyak ditebak orang, tapi rasa umami bisa didapatkan dari bahan alami dari sayur-sayuran yang bahkan pada saat ini mungkin ada sebagian di kukas Mama. Bila digunakan dengan tepat, beberapa bahan sayur ini akan menghasilkan asam amino glutamat atau penghasil rasa umami yang biasanya bisa kita peroleh dari produk-produk AJINOMOTO® kita. 


1. Tomat

Tomat adalah sayuran yang bisa dijadikan andalan ketika Mama ingin menghasilkan cita rasa umami. Ketika dipanaskan, kandungan tomat berubah menjadi glutamat. Kandungan glutamat yang bisa diperoleh dari tomat cukup tinggi, yakni sekitar 240 mg/ 100 gram. Oleh karena itu, omat menduduki peringkat tertinggi sumber rasa gurih yang alami. 


2. Jamur

Sayuran kedua yang sangat populer sebagai sumber rasa umami adalah jamur. Jamur, khususnya jamur enoki dan jamur shiitake, saat ini sudah banyak diolah menjadi bubuk kaldu penyedap rasa. 


Cara pembuatan kaldu jamur ini sebenarnya sangat mudah dan semakin banyak dipraktikkan. Yang Mama perlukan hanya jamur shittake atau jamur enoki, bawang bombai, dan sedikit minyak untuk menyangrai. Potong-potong jamur dan bawang bombai. Sangrai semua bahan ini dengan sedikit minyak hingga harus. 


Kemudian panaskan air dan masukkan jamur dan bawang bombai yang telah disangrai tadi. Setelah beberapa saat air mendidih, pisahkan air dengan jamur dan bawang bombai. Air inilah yang bisa dipakai sebagai kaldu ketika Mama memasak. Air inilah yang banyak mengandung glutamat sebagai penyedap rasa. 


3. Rumput laut

Rumput laut adalah sumber rasa umami yang paling populer di negeri asalnya, yaitu Jepang dengan bahasa Jepang nya yaitu nori. Bahkan, rasa umami itu ditemukan setelah seorang peneliti penasaran dengan rasa gurih yang muncul saat menggunakan rumput laut dalam produk kuliner berbahan ikan. 


Untuk mendapat kekayaan rasa gurih dari rumput laut yang sudah dalam bentuk nori, Mama bisa melakukan berbagai hal. Salah satu yang paling sederhana adalah dengan meremukkan nori menjadi serpihan lembut dan kemudian menaburkannya ke dalam kuah sayur yang sedang mama buat.


Sumber Hewani

Selain dari sayur-sayuran, rasa umami juga bisa diperoleh secara alami dari beberapa bahan hewani yang sangat mudah diperoleh. Apa saja sih bahan-bahan hewani yang bisa memberikan rasa gurih tersebut? 


Udang termasuk sumber rasa umami yang alami yang paling populer

1. Daging Ayam dan Daging Sapi

Yang pertama tentu saja daging ayam dan sapi. Kedua jenis daging ini secara alami bisa memberikan rasa gurih yang menggoda. Mendapat manfaatkan untuk, Mama bisa langsung saja memasak bahan-bahan ini dan menikmati gurihnya. Atau, cara kedua yang sangat lazim adalah membuat kuah dari bahan-bahan ini.


Hal inilah yang sebenarnya dilakukan oleh AJINOMOTO® dengan produk legendarisnya MASAKO® Rasa Ayam dan Rasa Sapi. AJINOMOTO® menggunakan daging sapi pilihan untuk dimasak dan diambil sarinya, tentu saja dengan teknologi terkini yang dimiliki AJINOMOTO®


Di rumah, Mama juga bisa melakukan hal yang sama, yaitu membuat kaldu dari daging sapi atau daging ayam yang ada. 


2. Udang

Udang adalah sumber alami rasa umami yang tidak diragukan lagi efektivitasnya. Ketika dimasak, kulit atau daging udang bisa menghasilkan glutamat yang nilainya cukup tinggi untuk bisa membuat orang merasakan gurihnya. Produk-produk seperti petis dan terasi yang sangat populer di Jawa Timur adalah sebenarnya hasil pemanfaatan glumata dari udang. 


Satu hal yang unik dengan glutamat dari udang adalah kita bahkan bisa mendapatkan glutamat itu dari kulit dan ekor udang. Dua bagian ini biasanya dipisahkan dari daging untuk kemudian dibuang. Namun, sebelum dibuang, Mama bisa memasukkannya ke dalam air mendidih selama beberapa saat. Air inilah yang nanti bisa digunakan sebagai kaldu penyedap. 


Nah, banyak bukan bahan-bahan di kulkas Mama yang sebenarnya bisa menghasilkan rasa gurih umami yang alami. Apakah Mama sudah memeriksa kulkas? Bahan apa yang bisa dijadikan sumber gurih umami di rumah Mama?

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.