Memahami Umami, Cita Rasa Sedap yang Tak Terlupakan

Tahukah Mama ada cita rasa dasar kelima bernama umami? Ini dia fakta menarik tentang cita rasa umami!


Cita rasa itu penting untuk masakan. Selama ini, Mama mungkin lebih banyak mengenal asam, asin, manis, dan pahit sebagai empat cita rasa dasar. Sekarang saatnya Mama mempelajari cita rasa dasar kelima bernama yang disebut umami. 


Umami adalah cita rasa gurih yang khas seperti kaldu atau daging. Rasa gurih ini berasal dari asam amino glutamat, sebuah komponen penambah rasa alami. Glutamat dapat ditemukan di banyak bahan makanan, misalnya aneka kaldu daging hingga sea food. Salah satu cita rasa umami juga dapat diperoleh dari penambahan monosodium glutamat (MSG), seperti Aji-no-moto, yang mengandung 78% glutamate dan bahan-bahan lain yang melezatkan dan menyehatkan.  


Yuk simak beberapa fakta menarik tentang umami berikut ini.


Cita Rasa yang “Misterius”

Rasa umami dianggap unik karena merupakan perpaduan dari empat rasa dasar seperti asam, asin, manis, dan pahit. Dalam Kamus Gizi Indonesia, umami disebut sebagai rasa tambahan yang melengkapi empat komponen rasa utama. Jadi, meskipun diakui sebagai rasa kelima, umami tidak bisa diperoleh tanpa empat rasa dasar. Inilah yang menyebabkan umami dianggap sebagai cita rasa yang “misterius”.


Ditemukan dari Rasa Penasaran Profesor Jepang

Penemuan Umami sebagai cita rasa kelima bermula dari rasa penasaran Kikunae Ikeda, seorang profesor ahli kimia asal Jepang, terhadap makanan favoritnya sejak kecil: Konbu (kaldu rumput laut). Pada 1908, Profesor Ikeda mengumumkan hasil penemuannya bahwa rasa sedap konbu berasal dari asam amino glutamat dalam rumput laut. Profesor Ikeda menamakan rasa gurih ini sebagai umami. Pada 1985, umami akhirnya diakui sebagai “rasa kelima”.


Bisa Didapatkan dari Bahan Makanan Alami

Cita rasa umami dapat diperoleh dari bahan makanan alami yang berprotein tinggi, misalnya rumput laut, daging, kerang, udang, ikan, jamur, sayuran hijau, tomat, bawang putih, keju, hingga teh hijau. Selain itu, umami juga ditemukan dalam produk fermentasi seperti kecap, saus ikan, bahkan makanan khas Indonesia: tempe dan terasi udang!


Ada dalam ASI

Umami juga terdapat dalam air susu ibu alias ASI. Hal ini karena ASI mengandung asam amino glutamat yang menjadi sumber umami. Bahkan, rasa umami pada ASI sangat tinggi karena kandungan glutamatnya 10 kali lebih banyak dibandingkan susu sapi.


Melezatkan dan Menyehatkan

Adanya cita rasa dalam suatu makanan memang melezatkan sehingga Mama nggak perlu menambahkan banyak bumbu atau rempah-rempah lagi, misalnya garam atau gula, yang jika berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Jadi, umami membuat Mama dan keluarga bisa menyantap makanan dengan lebih nikmat. Sekadar menambahkan Ajinomoto ke masakan Mama di rumah sudah bisa menimbulkan cita rasa umami yang lezat


sumber:https://pixabay.com/id/photos/piring-makanan-pemula-pesta-2009590/