Artikel & Tips Olahan Mie Kreatif untuk Camilan, Bisa Jadi Ide Jualan Juga
Olahan Mie Kreatif untuk Camilan, Bisa Jadi Ide Jualan Juga

Olahan Mie Kreatif untuk Camilan, Bisa Jadi Ide Jualan Juga

18 Jan 2023, 18:01

Siapa sih yang nggak suka makan mie? Dapur Umami yakni, Mama juga termasuk penggilanya kan? Tapi tahu nggak sih Ma, sebenarnya mie itu bukan hanya bisa jadi makanan berat pengganti nasi. Faktanya, bisa jadi camilan lezat juga lho


Dapur Umami punya beberapa ide-ide kreatif resep camilan mie yang sudah teruji. Meskipun punya kesan unik, tapi cara membuatnya nggak terlalu sulit. Bahan-bahannya juga terjangkau dan pasti mudah Mama dapatkan.

Sekarang, yuk kita bongkar ide-ide resepnya!


Resep Sosis Gulung Mie ala Sajiku®

Sosis jadi topping untuk mie mungkin sudah jadi ide yang sering Mama coba di rumah. Tapi, bagaimana dengan resep ini? Selain enak, ini bisa jadi camilan yang menarik buat anak-anak.


Sosis jadi topping untuk mie mungkin sudah jadi ide yang sering Mama coba di rumah. Tapi, bagaimana dengan resep ini? Selain enak, ini bisa jadi camilan yang menarik buat anak-anak. 


Ada dua bahan utama yang perlu Mama olah, yakni sosis dan mie. Untuk sosisnya, cukup potong masing-masing sosis menjadi beberapa bagian, lalu iris dan belah bagian ujungnya. Sementara untuk mie, campurkan mie yang sudah direbus, air, serta Sajiku® Bumbu Rasa Nasi Goreng dalam satu wadah, kemudian aduk rata.


Setelah itu, lilitkan potongan sosis dengan adonan mie yang sudah Mama buat, atau menggunakan mie instan yang mama rebus juga bisa menjadi alternatifnya. Sesuaikan banyaknya mie dengan jumlah potongan sosis. Terakhir, goreng sosis dengan lilitan mie sampai matang dan kering. Tekstur crispy serta rasa gurih dan umami dari Sajiku®, pasti bikin si kecil ketagihan.


Kalau mau lebih lezat, bisa juga siapkan saus sambal atau saus tomat untuk cocolannya. Kalau mau praktek yang lebih lengkap, intip Resep Sosis Gulung Mie ala Sajiku® langsung di page resepnya dan eksplor nggak pake ya, Ma.


Resep Pizza Mie Goreng ala Sajiku®

Dengan sedikit sentuhan kreatif, Mama juga bisa mengolah mie jadi pizza yang memiliki plating menggugah selera. Resep ini, pas untuk jadi camilan, oke juga jadi menu sarapan. Mama sesuaikan saja.


Dengan sedikit sentuhan kreatif, Mama juga bisa mengolah mie jadi pizza yang memiliki plating menggugah selera. Resep ini, pas untuk jadi camilan, oke juga jadi menu sarapan. Mama sesuaikan saja.


Untuk membuat ‘pizza dough’ dari mie, sediakan sebuah wadah. Kemudian, campurkan mie yang sudah direbus, irisan sosis, air, serta Sajiku® Tepung Bumbu Bakwan Crispy. Aduk semua bahan hingga merata sempurna.

Saat adonan siap, panaskan minyak lalu masukkan adonan mie dan atur agar bentuknya menyerupai pizza. Setelah itu, masak hingga sisi-sisi adonan berubah warna menjadi kuning semi coklat. 


Terakhir, angkat pizza mie, tuang ke atas piring, lalu taburkan pizza dengan seledri cincang dan keju parut. Jangan lupa, taruh wadah terpisah untuk menyimpan saus tomat. Kebayang yummy-nya kan? kreasikan Resep Pizza Mie Goreng ala Sajiku®, terbaik versi Mama! 


Resep Burger Mie Ayam Crispy ala Sajiku®

bikin burger tak harus selalu pakai roti yang proses pembuatannya lumayan panjang. Mama bisa jadikan stok mie di rumah sebagai alternatif yang lebih praktis sebagai pengganti roti. Anak-anak pasti suka dengan ide ini!


Ternyata, bikin burger tak harus selalu pakai roti yang proses pembuatannya lumayan panjang. Mama bisa jadikan stok mie di rumah sebagai alternatif yang lebih praktis sebagai pengganti roti. Yup, jadi Burger Mie Ayam Crispy ala Sajiku®. Anak-anak pasti suka dengan ide ini! 


Untuk membuat adonan mienya, siapkan rebusan mie dengan campuran telur, garam, dan Sajiku® Tepung Bumbu. Aduk-aduk rata, lalu dadar dengan minyak panas. Setelah matang, potong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya , siapkan ayam fillet crispy untuk isian


Sebelum menggoreng ayamnya, potong ayam lalu celupkan ke dalam adonan pelapis basah dan gulingkan ke adonan kering yang harus Mama siapkan. Untuk adonan basah, isi wadah dengan Sajiku® Tepung Bumbu dengan air es. Sementara yang kering, cukup gunakan Sajiku® tanpa campuran apapun.


Setelah itu, ayam matang dan teksturnya crispy, tumpuk ayam di tengah dua lapisan dadar mie. Untuk menambahkan nutrisi dan variasi warna makanan, taruh juga selada dan potongan tomat. 


Resep Bola-Bola Mie ala Masako®

Adonan terdiri dari wortel, bawang merah, bawang putih, daun bawang, serta seledri, mie rebus, kocokan telur, ayam giling, dan Masako® Rasa Ayam. Campurkan semuanya dalam satu wadah, lalu aduk hingga merata.


Resep terakhir ini bisa jadi jurus andalan Mama kalau tiba-tiba si kecil susah makan. Selain enak dan menarik, nutrisi dari bahan-bahannya juga cukup kaya untuk menunjang kebutuhan si kecil.


Pertama, tentu Mama harus buat dulu adonannya. Adonan terdiri dari wortel, bawang merah, bawang putih, daun bawang, serta seledri, mie rebus, kocokan telur, ayam giling, dan Masako® Rasa Ayam. Campurkan semuanya dalam satu wadah, lalu aduk hingga merata.


Kemudian, olah adonan dan bentuk menjadi bola-bola berukuran kecil. Agar tidak lengket, Mama bisa menggunakan alat seperti sendok untuk membentuknya. Setelah itu, panaskan minyak dan goreng bola-bola tersebut sampai matang.

Terakhir, plating dengan cantik. Mama bisa tambahkan selada, tomat, atau saus tomat untuk melengkapi sajian di piring. Jadilah Resep Bola-Bola Mie ala Masako® kesayangan sekeluarga!


Oh ya Ma, meskipun resep ini mungkin bakal jadi favoritnya anak-anak, tapi sebenarnya bisa juga jadi bahan jualan. Mama juga bisa coba Aneka Olahan Mie yang Tidak Kalah Lezat dengan Mie Instan sekarang dan tidak pakai lama! 

Untuk tester, anak-anak bisa jadi objeknya. Kalau kata mereka enak, Mama bisa pertimbangkan lebih serius untuk menjual camilan dengan salah satu resep mie di atas. Lumayan kan buat tambah-tambah uang jajan? Hehe.. 








Source of thumbnail: front view tower ramen noodles by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.