Artikel & Tips Oatmeal, Makanan untuk Penderita Hipertensi
Oatmeal, Makanan untuk Penderita Hipertensi

Oatmeal, Makanan untuk Penderita Hipertensi

09 Nov 2022, 09:11

Hipertensi yang tidak tertangani dengan baik akan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti stroke atau gangguan jantung. Sebagai penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, Mama harus lebih berhati-hati dalam memilih menu makanan atau minuman. Salah satu makanan untuk penderita hipertensi yang direkomendasikan adalah oatmeal. 

Yuk, kenali bahan makanan yang satu ini yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan hipertensi.


Apa Itu Oatmeal?

Bagi penderita hipertensi, mengonsumsi obat secara rutin saja tidaklah cukup. Mama juga harus mengontrol tekanan darah dengan menerapkan pola makan sehat dan hidup sehat. 


Biasanya, dokter akan menyampaikan pantangan makanan hipertensi, termasuk saran makanan yang bagus untuk kesehatan yang spesifik mengontrol tekanan darah. Misalnya, dengan mengonsumsi banyak sayuran, mengonsumsi makanan penurun darah tinggi salah satunya adalah buah beri, atau makanan oatmeal sebagai pengganti nasi ketika sarapan. Makanan penurun tekanan darah tinggi alami paling cepat yang banyak direkomendasikan adalah oatmeal. 



Apa itu oatmeal? Ya, oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari biji oat yang masih tergolong dalam tumbuhan serealia. Bentuknya pipih kasar dengan aroma yang gurih gandum. Sebagian orang juga menyebut oatmeal dengan nama havermut. 


Manfaat Oatmeal bagi Penderita Hipertensi


Sikap yang menjadi salah satu yang menaikkan risiko terkena tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asin atau mengandung garam. Maka itu penting untuk kita untuk bijak menggunakan garam. Cek, yuk, ulasannya bijak garam, Ma.


Jumlah ideal natrium yang masuk ke dalam tubuh adalah satu sendok teh per hari atau 2.000 mg. Pada kenyataannya, beberapa jenis makanan mengandung tinggi garam. Padahal banyaknya natrium yang masuk ke dalam tubuh dapat menyumbat arteri yang mengalirkan darah ke otak. Selain itu, terlalu banyak sodium juga dapat meningkatkan volume darah yang menekan pembuluh darah. Hal inilah yang memicu tekanan darah menjadi meningkat. 


Untuk menghindari konsumsi garam berlebihan, Mama bisa rutin mengonsumsi oatmeal. Sebab, oatmeal tidak hanya tinggi serat tetapi juga bebas sodium dan natrium. Dengan demikian, mengonsumsi oat sebagai pengganti sarapan dapat membantu penderita hipertensi untuk kontrol tekanan darahnya. 


Kandungan oatmeal per 100 gram terdiri dari 15% lemak, 6% protein, 69% karbohidrat dan beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, oatmeal tidak hanya berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah tetapi juga membantu Mama yang ingin berdiet. Oatmeal untuk diet akan membantu perut terasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk “ngemil”. 


Jenis Oatmeal

Tidak sulit mencari oatmeal di pasaran, karena sudah banyak yang menjualnya dalam bentuk kemasan. Berikut adalah beberapa jenis oatmeal yang bisa menjadi pilihan Mama :


Rolled Oat


Rolled oat merupakan oat berbentuk pipih yang gampang terserap air, sehingga tidak membutuhkan waktu lama dalam mengolahnya. Belakangan ini, rolled oat banyak dipilih sebagai bahan dasar pembuatan makanan sehat. 


Cara membuat oatmeal untuk sarapan, yaitu dengan merendam rolled oats dengan susu dengan buah-buahan dalam wadah tertutup semalaman. Kemudian, Mama bisa menyantapnya saat pagi tiba. Teknik ini dikenal dengan istilah overnight oat.


Quick Oat Vs. Instant Oat


Nah, quick oat  dan instant oat adalah jenis oat yang banyak Mama temukan di supermarket. Mama hanya perlu memasak quick oat selama 3-5 menit di atas kompor. Sebaliknya, instant oat tidak perlu dimasak terlebih dahulu. Mama hanya perlu menyeduhnya dengan air panas. Resep oatmeal yang paling mudah adalah menyeduhnya dengan susu rendah lemak dan buah pisang. 


Steel Cuts Oat


Jenis oat yang satu ini merupakan hasil olahan pertama, sehingga butirannya masih kasar. Daripada jenis oat yang lain, kandungan gizi steel cuts adalah yang paling tinggi. Akan tetapi, Mama butuh waktu lebih lama saat memasaknya. 


Itulah informasi tentang oatmeal, sebagai salah satu makanan untuk penderita hipertensi. Dengan rutin konsumsi oatmeal, tekanan darah bisa tetap stabil, sehingga menekan risiko terjadinya gagal jantung.


Source of thumbnail: Oatmeal Porridge - Mirina by Getty Image Signature

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.