Artikel & Tips Masak Apa Hari Ini: 5 Menu Ayam Spesial, Simpel dan Sehat
Masak Apa Hari Ini: 5 Menu Ayam Spesial, Simpel dan Sehat

Masak Apa Hari Ini: 5 Menu Ayam Spesial, Simpel dan Sehat

27 Sep 2022, 14:09

Lagi bingung mau masak apa hari ini? Cobain saja 5 menu ayam spesial yang sudah teruji kelezatannya di Dapur Umami berikut.

Image: freepik 


Buat Mama yang bingung mencari resep masakan sehari hari, menu ayam bisa jadi pilihan yang tepat. Selain harganya terjangkau, bahannya juga selalu ada setiap hari.

Tak perlu pusing nak masak ayam apa hari ini. Biar bervariasi dan nggak ngebosenin, Mama bisa pilih menu masakan sehari-hari yang sehat dari Dapur Umami berikut.


Sawi Gulung Ayam Ala Masako®

https://www.dapurumami.com/resep/sawi-gulung-ayam-ala-masako 


Menu Sawi Gulung Ayam Ala Masako® adalah pilihan tepat kalau Mama bingung mau masak apa hari ini untuk anak-anak. Terbiasa dengan gulungan daun pisang, kali ini dengan gulungan sawi yang menggugah selera kita. Selain bisa untuk lauk di rumah, menu ini juga cocok untuk bekal makanan ke sekolah atau luar rumah.


Bahannya juga gampang Mama cari. Yang utama cukup sawi dan daging ayam. Bisa juga tambah daging sapi sedikit biar makin lezat dan sehat.

Untuk campuran isian, sediakan juga telur, potongan wortel, dan tepung maizena. Adapun bumbunya cukup bawang putih, daun bawang, lada, dan tak lupa Masako® rasa ayam.


Setelah itu, masukkan isian dalam lembaran sawi kukus, lalu gulung dan kukus. Untuk takaran dan cara masak lengkapnya, bisa lihat di video Resep Sawi Gulung Ayam ala Masako® atau klik di sini.


Tumis Ayam Brokoli

https://www.dapurumami.com/resep/brokoli-dengan-daging-ayam-0TDg5 


Mau masak yang cepat tapi lezat? Mama bisa coba Tumis Ayam Brokoli berikut. Ini merupakan resep masakan sederhana sehari-hari untuk pemula dengan bahan dan cara masak yang simpel.


Bahan utamanya hanya ayam potong dadu dan brokoli kukus. Untuk pelengkapnya, Mama bisa menambahkan potongan wortel dan jamur merang.


Bumbunya pun simpel, cuma bawang putih, daun bawang, gula pasir dan garam. Untuk kelezatan sempurna, tambahkan SAORI® Saus Tiram dan AJI-NO-MOTO®.


Resep dan cara membuat atau masaknya bisa Mama lihat di Resep Brokoli dengan Daging Ayam. Cukup 30 menit menyiapkan masakan, menu sehat langsung siap disantap.


Selain mudah dibuat, menu ini juga sehat dan bergizi, karena brokoli kaya dengan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan.


Ayam Saus Teriyaki

https://www.dapurumami.com/resep/ayam-saus-teriyaki-6vRsB


Mau yang lebih simpel dan nggak kalah lezat? Kenapa nggak coba Ayam Saus Teriyaki saja? 

Secara tampilan, ayam teriyaki memang agak mirip seperti ayam kecap. Untuk menu ini sangat sederhana karena bahan utamanya hanya ayam. Namun, tak perlu ragu tentang kelezatannya, dijamin semua anggota keluarga bakal suka.


Bahan yang perlu Mama siapkan hanya potongan daging ayam sebanyak 500 gr saja. Itu pun sudah bisa untuk 10 porsi. 


Selanjutnya tinggal menyiapkan cabai merah besar, bawang bombai, kecap, dan bumbu utamanya, Saori® Saus Teriyaki. Rasa yang nikmat, tidak butuh banyak bumbu lainnya seperti kaldu bubuk dan sebagainya.


Waktu memasaknya paling hanya sekitar 30 menit mulai dari mencuci bersih dan memotong ayam, cabai, bawang, hingga menumisnya sampai matang. Simpel, cepat, dan lezat. 

Kalau bingung takarannya, contek saja di Resep Ayam Saus Teriyaki ini.


Sup Ayam Spesial Ala Masako®

https://www.dapurumami.com/resep/sup-ayam-spesial-ala-masako 


Ada anggota keluarga yang sakit dan nggak mood makan? Masakkan saja Sup Ayam Spesial yang bisa membangkitkan selera makan dan bikin badan cepat baikan.


Bahan utamanya ayam potong 1 kg (untuk 10 porsi). Adapun sayurannya, Mama bisa menambahkan wortel, kentang, buncis, brokoli, dan tomat agar terasa segar.


Untuk bumbu halus, cukup pakai bawang merah, bawang putih, dan merica saja. Kemudian untuk kuahnya, tambahkan seledri, masukkan daun bawang, serta bawang bombai agar makin sedap. Jangan lupa menambahkan Masako® rasa ayam sesuai selera.


Untuk takaran bahan dan bumbunya, Mama bisa mengikuti resep Sup Ayam Spesial Ala Masako® dan memodifikasinya sendiri. Berbeda dengan sop saudara khas Makassar, sup ayam tidak perlu perasan jeruk nipis, Ma.


Ayam Goreng Bumbu Lengkuas

https://www.dapurumami.com/resep/ayam-goreng-lengkuas-sajiku-WJYla 


Pusing cari menu masakan sehari-hari agar tidak bosan? Coba saja Ayam Goreng Bumbu Lengkuas. Ini merupakan menu yang selalu lahap disantap siapapun dari mulai anak-anak sampai orang tua.


Bahan utamanya adalah ayam goreng dan lengkuas parut. Potong ayam 1 kg menjadi 8 porsi dan lengkuasnya sekitar 100 gr. 

Untuk bumbu, gunakan bawang putih, ketumbar, kunyit, dan jahe yang dihaluskan. Selanjutnya, ketika menumis, tambahkan daun salam, serai, merica bubuk, serta bumbu spesial Sajiku® Ayam Goreng.


Untuk langkah memasaknya, Mama bisa mengikuti di resep Ayam Goreng Lengkuas Ala Sajiku®. Nggak ribet, kok. Cuma butuh 25 menit saja untuk membuat ayam gorengnya.


Dari 5 menu ayam spesial di atas, mana yang Mama suka? Yang manapun, bebas saja, tinggal contek resepnya karena semua resep sudah teruji di Dapur Umami.


Begitu juga dengan bumbu spesial dari Masako®, Saori® Saus Teriyaki, hingga Sajiku® Ayam Goreng, semua terjamin halal dan terbuat dari bumbu pilihan.


Jadi, tak perlu bingung lagi masak apa hari ini. Daftar 5 menu ayam spesial di atas bisa jadi pilihan yang pasti disuka semua anggota keluarga.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.