Gak Perlu Jajan! Ini 5 Resep Cemilan yang Mudah Dibuat di Rumah

Jajan di rumah? Bisa saja! Yuk simak resep-resep cemilan yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Kantong hemat, lidah nikmat!


Hampir semua orang doyan cemilan. Bersantai dan berkumpul dengan keluarga di rumah tidak lengkap rasanya tanpa cemilan. Membeli adalah cara praktis menyediakan cemilan tanpa repot. Akan tetapi, cemilan yang dibeli belum tentu enak dan higienis. Padahal, Mama bisa membuat resep cemilan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan di rumah. 

 

Ini 5 resep cemilan yang mudah dibuat dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.


1.Telur gulung

Tahan lama dan praktis diolah jadi alasan banyak orang menyimpan telur di rumah. Mama dapat membuat resep cemilan yang mudah seperti telur gulung Aji- no-moto. Masukkan telur kocok ke dalam wajan berisi minyak panas, gulung telur tersebut menggunakan lidi bambu atau kayu dan seterusnya, telur gulung hangat pun siap disajikan. Resep cemilan ini dapat juga Mama kreasikan dengan tambahan mi, sosis, atau bakso agar isinya lebih padat dan nikmat.


2.Martabak mi

Mi instan juga menjadi bahan makanan yang selalu disediakan di rumah. Kalau Mama bosan dengan sajian mi instan yang direbus saja, martabak mi bisa jadi pilihan resep cemilan sekaligus lauk makan. Campurkan telur, mi instan yang sudah direbus, bumbu mi, daun bawang, dan potongan cabai dalam satu adonan, lalu kocok dan tuang semuanya dalam wajan berisi minyak panas. Setelah matang dan dipotong-potong sesuai selera, martabak mi lezat kini siap menghangatkan keluarga Mama.


3.Tahu crispy

Tahu menjadi bahan makanan rumahan yang mengandung sumber protein baik untuk tubuh. Tahu memang disukai banyak orang karena rasa yang lezat dan mudah diolah. Cukup dengan tahu putih dan tepung bumbu, Mama sudah bisa membuat resep cemilan tahu crispy. Setelah memasukkan adonan tahu yang telah dibumbui dengan tepung ke dalam wajan berisi minyak panas dan tiriskan setelah digoreng matang, tahu crispy hangat siap dinikmati bersama cocolan saus atau cabai rawit.


4.Cireng

Cireng atau “aci goreng” merupakan cemilan populer khas Sunda berbahan tepung kanji atau tapioka yang mudah diolah. Siapkan tepung tapioka dan tepung terigu yang dicampur dengan bumbu seperti merica, bawang putih, bawang merah, daun bawang sehingga menjadi adonan cireng. Mama juga bisa menambahkan suwiran ayam, bakso, atau sosis sebagai isian cireng. Resep cemilan inilah yang akan digoreng dan dapat Mama nikmati dengan saus kecap atau cabai.


5.Bakwan 

Cemilan berbentuk gorengan sayur-sayuran ini sangat populer dan banyak dijual di pinggir jalan. Padahal, Mama bisa mengolahnya sendiri karena lebih terjamin kebersihannya. Untuk membuat bakwan, pakai kol, wortel, dan daun bawang yang dipadukan dengan adonan tepung terigu berbumbu, lalu digoreng dalam wajan berisi minyak goreng panas. Jika ada tepung tapioka, resep cemilan ini dapat Mama kreasikan dengan tambahan jagung atau udang sehingga menjadi bakwan jagung atau bakwan udang yang cocok dikunyah dengan cabai rawit!


Itulah 5 resep cemilan yang mudah dibuat di rumah. Jika perlu, resep cemilan ini menjadi lebih berselera saat Mama menambahkan Aji-no-Moto ke dalam kreasi cemilan ini. Cukup praktis dan higienis, kan?


sumber:https://www.freepik.com/free-photo/pretzels-chips-crackers-popcorn-bowls_7608242.htm