Cara-cara Membuat Mi Instan Jadi Lebih Sehat

Cara membuat mi instan gampang: tinggal baca petunjuk di balik kemasan dan buat. Cara bikin mi instan jadi lebih sehat? Ini yang wajib Mama pelajari!


Lagi lapar, makan apa ya? Ujung-ujungnya banyak yang membuat mi instan karena cara membuat mi instan itu gampang. Tinggal merebus air, menuang bumbu dan hidangan mi instan siap disantap. Tapi Mama pasti sudah tahu bahwa mi instan itu tidak baik jika dimakan terus menerus. Hampir tidak jauh berbeda dari junk food, mi instan itu mengandung banyak karbohidrat, garam dan lemak, namun tidak begitu kaya akan protein, serat, vitamin dan mineral. Jadi sekarang Mama harus mencari cara agar mi tersebut jadi lebih sehat. 


Sebenarnya dengan sekadar menambahkan sayuran saja sudah mampu membuat mi instan menjadi lebih sehat. Namun banyak kreasi lainnya yang bisa bikin mi instan jadi lebih sehat namun tetap nikmat bagi keluarga. Ini dia cara-cara membuat mie instan lebih sehat tapi tidak mengurangi rasa sedapnya.


Ganti air rebusan

Setelah merebus mi, buang air hasil rebusannya. Lalu rebus kembali air baru yang kemudian dimasukkan bumbu. Tuangkan mi ke dalam rebusan air baru yang sudah dibumbui. Dengan cara membuat yang seperti ini, zat-zat tak sehat yang ada di mie instan pada awalnya setelah dikeluarkan dari kemasan sudah hilang bersama air yang pertama direbus tadi. Simpel, bukan?


Ganti bumbu kemasan

Bumbu-bumbu mi instan yang ada di dalam kemasan bisa jadi kurang sehat karena terlalu tinggi kadar sodiumnya. Ganti bumbu mi instan dengan kaldu ayam asli atau kaldu jamur dan siapkan bumbu-bumbu lain yang lebih alamiah, seperti garam, kecap dan sambal. Cara membuat seperti ini bisa menghindari masalah kesehatan akibat makanan yang terlalu asin.


Tambahkan sumber protein

Pasti Mama sudah tahu cara membuat mi instan yang lebih sehat seperti ini: iris daun bawang, tomat dan cabai untuk dimasukkan ke mangkuk mi instan sebagai cara membuat yang lebih sehat. Jika ada, keluarkan juga potongan daging tipis atau pakai telur rebus untuk melengkapi nutrisi keluarga di rumah. Lebih lengkap lagi, pakai sayur hijau seperti daun basil, daun ketumbar atau daun bayam. Hmm, nikmat!


Olah sebagai martabak mi

Dengan mi goreng instan, Mama bisa mencoba membuat mi tersebut jadi masakan lain seperti martabak mi. Contoh resep dari Dapur Umami yang satu ini atau silakan berkreasi sendiri. Lagi-lagi dengan menambahkan bahan-bahan alami dan sehat lainnya, mi instan langsung bertransformasi menjadi makanan lezat yang membantu gizi keluarga.


Perkenalkan jenis mi lain

Agar bisa makan lebih sehat, Mama bisa mulai memperkenalkan jenis kreasi mie lain kepada si kecil atau suami. Cobalah memasak mie goreng sambal matah, mie Aceh spesial, atau cwie mie Malang. Ini cara membuat si kecil atau sang suami bisa mulai menjauhi mi instan dan lebih mendekati kreasi mi dengan cita rasa lebih sehat.


Sekarang Mama sudah tahu cara membuat mi instan jadi lebih sehat. Jadi Mama bisa mulai membantu si kecil dan keluarga Mama lainnya untuk tetap santai di rumah dengan gizi yang lebih seimbang. Selamat mencoba, Ma!


sumber:https://pixabay.com/id/photos/jepang-mi-sehat-sup-mangkuk-3723515/