5 Resep Bumbu Ayam Goreng, Meresap Hingga Tulang - Dapur Umami

5 Resep Bumbu Ayam Goreng, Meresap Hingga Tulang

Menikmati sepotong ayam goreng dengan bumbu yang berbeda akan menjadikan meja makan Mama lebih meriah. Untuk resep ayam goreng tepung dengan kriuknya, Mama bisa intip di sini. Di artikel kali ini, kita akan mengulas lengkap beberapa bumbu ayam goreng yang lain daripada yang lain. Simak sampai habis ya, Ma.



Ayam goreng bumbu ketumbar

Sesuai dengan namanya, resep bumbu ayam goreng ini memakai ketumbar dalam pembuatannya.Proses pembuatannya sangat mudah, ayam goreng ungkep tidak dilakukan. Mama hanya perlu memarinasi dengan bumbu ketumbarnya.


Untuk membuat ayam goreng ini Mama siapkan terlebih dahulu bahan makanan nya ya. Siapkan bawang putih yang diparut halus, sedikit gula merah, tepung tapioka, kecap asin, garam, MASAKO® rasa ayam, dan tentu saja ketumbar. Untuk ketumbar ini, Mama bisa menggunakan ketumbar bubuk instan agar lebih praktis.


Mama siapkan daging ayam yang telah dicuci bersih, lalu campurkan dengan semua bumbu di atas. Aduk rata dan marinasi paling cepat 4 jam sebelum digoreng ya, Ma. Setelah itu, goreng dengan api sedang sebelum kemudian disajikan dengan sambal. Sepotong? Mana cukup.


Ayam goreng bumbu bawang putih

Peran bawang putih pada resep ini tidak hanya sebagai bumbu, namun juga digoreng dan disajikan bersama ayamnya. Bahannya sangat simple alias anti ribet: Mama hanya perlu menghaluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan tapioka. Tentu saja, MASAKO® Rasa Ayam untuk menambah kelezatan rasa.


Cara membuatnya mudah saja: Pertama, Mama marinasi ayam dengan semua sisa bumbu yang telah dihaluskan. Setelah itu, goreng ayam di api sedang cenderung kecil saja. Tidak lupa masukkan bawang putih utuh ke dalam wajan, bawang ini jangan dikupas ya Ma, goreng bersama kulit arinya. 


Resep ini wajib dicoba di rumah dicocol dengan sambal atau kecap manis!


Ayam goreng bumbu kemangi

Siapa yang tidak kenal dengan kelezatan ayam goreng bumbu kemangi? Kalau biasanya Mama beli dari restoran favorit, sekarang Mama bisa juga membuatnya sendiri di rumah lho. Bila biasanya kemangi dimanfaatkan untuk lalapannya, maka kali ini kemangi dipakai untuk menambah aroma dan rasa.


Mama perlu menghaluskan bumbu rempahnya, duo bawang, kunyit, merica, dan sedikit cabe rawit merah. Untuk membuatnya, Mama rebus ayam dengan bumbu halus yang telah dibersihkan dengan bumbu ungkepnya hingga empuk dan bumbu meresap.


Langkah terakhirnya adalah dengan menggoreng ayam yang telah diungkep tadi dengan kemangi yang telah disiangi. Hmm, aromanya saja sangat menggoda kan Ma?


Ayam goreng bumbu jahe

Untuk membuat ayam goreng bumbu jahe ini tentu saja Mama perlu menggunakan jahe dalam jumlah yang banyak. Iris memanjang jahe yang sudah dibersihkan itu dengan bentuk korek ap. Goreng terlebih dahulu. 

Untuk bahan lainnya, Mama marinasi ayam yang sudah dibersihkan dengan SAJIKU® Bumbu Ayam Goreng hingga bumbu meresap ke dalamnya.


Mama tidak perlu lagi repot menghaluskan bumbu karena takaran Sajiku® ini sudah pas mantap. Lalu goreng ayam dengan minyak bekas menggoreng jahe tadi. Panaskan minyak tersebut kembali. Angkat bila sudah mulai kekuningan, sajikan bersama jahe yang telah digoreng.


Ayam goreng bumbu kari

Menu ayam goreng yang satu ini bakal menjadi idola keluarga dengan rasa yang kuat. Ayam goreng bumbu kari ini memerlukan bahan yang sangat mudah didapatkan, bawang putih yang sudah dicincang kasar, telur, tepung tapioka, sedikit larutan cuka, merica, bumbu kari instan dan tentu saja MASAKO® Rasa Ayam.


Marinasi ayam dengan semua bahan di atas dan simpan semalaman. Goreng ayam hingga coklat keemasan kira-kira kurang dari 30 menit. Sajikan bersama sambal andalan.

Dengan lima pilihan resep ini, Mama siap berkreasi di dapur akhir pekan ini pastinya!