Artikel & Tips 5 Menu Masakan Daerah yang Sehat dan Bergizi
5 Menu Masakan Daerah yang Sehat dan Bergizi

5 Menu Masakan Daerah yang Sehat dan Bergizi

18 Aug 2023, 11:08

Indonesia merupakan negara yang bukan hanya kaya akan ragam budaya wisatanya saja, melainkan juga punya banyak ragam kuliner yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Ragam menu kuliner atau masakan khas daerah di Indonesia memiliki karakteristik budaya dan filosofi khusus. Biasanya masakan daerah ini menjadi salah satu menu yang ingin dinikmati oleh wisatawan. Selain unik, ternyata masakan daerah di Indonesia ini juga sehat dan bergizi. Yuk, kenali 5 menu masakan khas daerah di Indonesia yang sehat dan bergizi, barangkali saja salah satu menunya nanti cocok jadi menu diet harian mu.


Masakan daerah yang ada di Indonesia selain lezat, juga bergizi. Jika tak sempat berkunjung secara langsung di daerah asal makanan tersebut, masakan tersebut juga bisa kita buat sendiri di rumah. Intip, 5 masakan daerah di Indonesia yang bisa jadi inspirasi masak untuk sajian keluarga.


1. Urap Sayur


Urap sayur adalah menu masakan khas dari daerah Jawa Timur, bisa dibilang urap sayur ini juga merupakan saladnya orang Indonesia. Proses memasaknya pun juga sangat mudah, sayuran cukup dipotong-potong lalu dicampur dengan kelapa parut dan bumbu umami. Urap sayur seringkali dijadikan salah satu menu wajib dalam beberapa proses adat budaya di Indonesia misalnya acara kelahiran hingga pernikahan. Buat kamu yang lagi diet atau bosan makan sayur yang diolah itu-itu saja, yuk coba resep ini.


2. Sup Ikan Batam


Sup Ikan Batam merupakan masakan khas daerah Riau yang bisa dinikmati mulai dari anak-anak hingga lansia. Sup dengan bahan dasar ikan nila ini tentu kaya akan zat gizi. Ikan nila sendiri memiliki kandungan protein sebanyak 20 gram dalam 100 gram bahan segarnya. Selain kaya tinggi protein, sup ikan ini cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin maupun saat berkumpul bersama keluarga. 


Artikel Terkait: Mengenal Antioksidan: Senyawa pada Buah dan Sayur


3. Soto Sokaraja


Soto Sokaraja adalah masakan khas daerah Jawa Tengah. Menu ini biasanya dikonsumsi dengan lontong, mendoan dan bumbu kacang. Soto Sokaraja dibuat dengan rempah-rempah yang menjadikan menu tersebut punya citarasa tersendiri. Semangkuk soto Sokaraja yang hangat, selain bergizi juga cocok jadi menu sarapan untuk awali aktivitas harian mu. 


4. Sate Lilit


Sate lilit tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Menu masakan khas Bali ini saat ini hampir ada di seluruh kota besar yang ada di Indonesia. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate lilit tidak menggunakan tambahan bumbu kacang sehingga menu ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang lagi diet defisit kalori. Apalagi, kalau kamu bisa bikin sate lilit sendiri di rumah dengan menggunakan dada ayam yang tinggi protein. 


5. Rawon 


Rawon adalah makanan khas Jawa Timur yang segar dan punya rasa kuat dari adanya rempah-rempah terutama keluak. Masakan ini biasa disajikan saat ada acara keluarga maupun perayaan hari kematian di daerah Jawa Timur. Masakan ini terbuat dari bahan dasar sapi dan biasanya disajikan bersama dengan telur, tauge, sambal dan kerupuk udang. 


Artikel Terkait: Bentuk Pola Makan yang Baik dengan Makan Bersama Keluarga


Nah, itu dia 5 masakan daerah yang sehat dan juga bergizi. Agar tubuh tetap sehat, pastikan untuk selalu menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. Cukup konsumsi buah dan sayur, hidrasi sehat, olahraga teratur dan manajemen stress yang baik bisa bikin fisik serta jiwamu sehat optimal. Kalau di daerah kamu, ada masakan khas apa nih? 


Reference:
Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI) – [KEMENKES] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2019). Retrieved 15 Agustus 2023. 
Pilar Utama Dalam Prinsip Gizi Seimbang - [KEMENKES] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2022). Retrieved 15 Agustus 2023.
Isi Piringku Sekali Makan - [KEMENKES] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2018). Retrieved 15 Agustus 2023.
Profil Struktur, Bumbu, dan Bahan dalam Kuliner Indonesia – Gardjito et al (2018) – Yogyakarta (ID): UGM Press. Retrieved 15 Agustus 2023.
Kuliner Gizi Berbasis Budaya – Kadir S et al. (2022) – Yogyakarta (ID): Absolute Media. Retrieved 15 Agustus 2023.
(NTR-HF)
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.