Artikel & Tips 5 Inspirasi Tumis Umami dan Manfaat Kesehatannya
5 Inspirasi Tumis Umami dan Manfaat Kesehatannya

5 Inspirasi Tumis Umami dan Manfaat Kesehatannya

21 Dec 2022, 17:12

Menumis adalah cara masak yang selalu bisa diandalkan untuk membuat sayur terasa gurih tanpa menggunakan santan. Alasannya adalah penggunaan api yang besar dan waktu masak singkat membuat sayur masih terasa renyah ketika matang. Apalagi kalau ditambah dengan berbagai rasa umami. 


Plus, manfaat kesehatan dari bahan-bahannya pun jadi tetap bisa dipertahankan. Kali ini kita akan lihat 5 tumis dengan rasa umami yang bisa dijadikan inspirasi yang bisa disesuaikan dengan bahan-bahan sayur yang sedang Mama gemari. 


Resep Tumis Sawi Jamur ala Masako® 

Tumisan yang pertama ini memadukan gurihnya sawi dan kenyalnya jamur dengan rasa umami dari Masako® yang sudah kita akrabi. Resep yang satu ini cocok dibuat kapan saja karena sawi dan jamur adalah dua bahan yang nyaris selalu ada di kulkas karena dia bisa masuk ke berbagai resep. 


Tumis sawi jamur, paduan renyah dan kenyal


Selain rasanya yang menonjol, tumis yang satu ini perlu disoroti karena tingginya kandungan vitamin A dan antioksidan. Selain itu, kandungan klorofil yang tinggi pada sawi hijau bisa berfungsi sebagai detoksifikasi karena bisa meluruhkan logam berat dan berbagai racun dalam tubuh. Kalau tertarik dengan ini, Mama bisa langsung melihat resep detailnya di Dapur Umami Ini.


Resep Tumis Sayur Ayam ala AJI-NO-MOTO® 

Resep kita yang kedua ini menggabungkan renyahnya kacang kapri dan jagung muda dengan gurihnya ayam, jenis daging paling universal yang nyaris semua orang suka. Meskipun ada elemen daging, tumisan ini tetap bisa diselesaikan cepat karena daging ayam cepat matang. 


Untuk kandungan gizinya, Mama mungkin akan sangat takjub mengetahuinya. Hidangan yang satu ini kaya dengan vitamin A dan C, yang bila digabung bisa membantu menyembuhkan atau mencegah infeksi dalam tubuh. 


Selain itu, kedua sayur ini juga memiliki fungsi yang besar dalam menjaga kesehatan jantung. Kapri dan jagung muda sama-sama bisa mengontrol tekanan darah, yang berhubungan erat dengan kesehatan jantung. Kalau siap memetik semua manfaat dari sayuran yang dipakai di sini, ayo lihat Resep Tumis Sayur Ayam ini, Ma.  


Resep Tumis Sayur Udang ala Masako® 

Yang ketiga ini adalah resep yang bisa dibilang paling warna-warni dan kaya rasa. Paduan rasa renyah dari wortel, kenyal sawi putih, dan empuknya udang akan membuat siapa saja takjub. Yang penting Mama dan keluarga tidak ada yang alergi udang ya. 


Untuk kandungan gizi, tidak perlu diragukan lagi. Selain manfaatnya bagi kesehatan mata, wortel juga bisa memiliki sumbangan besar terhadap kesehatan saluran cerna. Sementara sawi putih, dia sangat bagus dalam mencegah osteoporosis serta anemia. 


Dari udangnya sendiri, kita juga bisa memetik banyak manfaat, misalnya proteinnya yang rendah lemak dan perannya dalam menjaga kesehatan jantung. Jadi, bersama-sama, kita juga bisa dibilang merawat jantung sambil makan tumis sayur udang ala Masako® ini. Ayo coba resepnya di sini ya, Ma. 


Resep Tumis Labu Siam Wortel ala AJI-NO-MOTO® 

Untuk resep keempat ini, renyah ketemu renyah. Labu siam yang renyah ketemu dengan wortel yang sama-sama renyahnya. Dengan rasa umami dari AJI-NO-MOTO®, kerenyahan ganda ini semakin terasa nikmat.


Plus, karena sekarang sudah ada wortel dan labu siam dalam potongan korek di pasar, proses memasak jadi serasa secepat kilat!

Untuk kandungan gizinya, kedua bahan sayur ini memiliki kesamaan dalam hal perannya dalam mengurangi atau mencegah diabetes. Wortel dikenal sangat aman bagi penderita diabetes. Sementara labu siam memang dikenal dapat mengontrol gula darah. Jadi, kalau sedang waktunya merawat gula darah, resep Tumis Labu Siam ala AJI-NO-MOTO® ini bisa dijadikan andalan.


Resep Tumis Kailan Sapi Saus Tiram Ala SAORI® 

Yang terakhir ini cukup unik karena kailan sebenarnya bukan termasuk sayur yang ada di mana-mana. Abang sayur di pagi hari tidak selalu punya kailan. Tapi, kalau sedang ada, pastikan Mama cepat-cepat merebutnya untuk hidangan kali ini. 


Tumis warna-warni sejuta gizi


Kailan memiliki tekstur yang menyenangkan. Begitu juga daging sapi, yang termasuk sumber rasa umami yang alami. Apalagi kalau dipadukan dengan gurih-legit dari SAORI® Saus Tiram. 


Tapi, yang tidak boleh dilewatkan adalah bahwa kailan ini mirip dengan saudaranya, kale. Keduanya sama-sama superfood dengan segudang manfaat bagi tubuh. Kailan menawarkan pencegah pertumbuhan sel kanker, mengontrol gula darah, pencegah anemia, sebagai sumber gizi bagi ibu hamil, dan sebagainya. Jadi, kalau Mama sudah siap, ayo lihat resep super simple tapi super gizi ini.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.