Artikel & Tips 4 Resep Sate Non-Sambal Kacang yang Wajib Dicoba
4 Resep Sate Non-Sambal Kacang yang Wajib Dicoba

4 Resep Sate Non-Sambal Kacang yang Wajib Dicoba

14 Dec 2022, 13:12

Kalau ngomong tentang sate di Indonesia, pasti yang muncul di kepala adalah sambal kacang seperti jenis sate madura, sate maranggi, dan lainnya. Tentu itu selain daging ayam atau kambingnya. Padahal, Ma, ada lho resep sate non-sambal bumbu kacang. Coba deh Mama ingat-ingat apakah ada barbekyu khas Indonesia yang tidak menggunakan sambal kacang?


Sate adalah terbuat dari potongan daging. Kali ini, kita akan coba eksplor sedikit hidangan daging panggang ini yang menggunakan berbagai jenis bumbu selain sambal kacang. Untungnya, tidak perlu jauh-jauh, Dapur Umami punya daftar unik yang layak dijadikan rujukan ini. 


Kacang memang lezat ketika dijadikan bumbu untuk gado-gado, pecel, atau sejenisnya. Tapi, yang kita perlukan adalah jangan sampai kita terjebak sambal kacang untuk urusan sate ini. Setidaknya, kalau ada keponakan atau kenalan yang alergi kacang, Mama bisa menyiapkan alternatif non-sambal kacang ini. 


Oke, Ma, mari kita lihat dulu 4 resep jenis sate non-sambal kacang dari Dapur Umami ini: 


1. Sate Ayam Asam Manis

Mari kita awali dengan mulai dari sate satu ini. Pasti Mama sudah bisa merasakan kesegarannya hanya dengan mendengar “asam manis” ini. Tapi, kalau biasanya Mama dan keluarga menggunakan cita rasa ini untuk makan resep ikan, kali ini kita akan menggunakannya untuk memasak ayam. 


Kabar baiknya, hidangan kita kali ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Mama hanya membutuhkan sekitar 30 menit saja membuat hidangan super lezat ini. 

Pertama-tama, mari kita mulai dulu dengan bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuatnya. Catat ya, Ma?


  • Ayam dada dan paha fillet
  • Paprika hijau
  • Paprika merah
  • Nanas
  • AJI-NO-MOTO®
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Air asam jawa
  • Gula jawa
  • Air
  • Garam

Selain ini, ada juga bahan-bahan bumbu sate halus yang harus Mama siapkan, yaitu: 


  • Cabai merah keriting
  • Cabai rawit merah
  • Irisan Bawang merah
  • Bawang putih
  • Kemiri sangrai
  • Jahe

Di bahan-bahan bumbu halus inilah terletak rahasia dari sate ini, selain rasa asam manis dari asam dan gula Jawanya tentu saja. 

Uniknya adalah, meskipun bahannya ini terlihat banyak, cara pembuatan sate ini sebenarnya terbilang sangat mudah. Yang perlu Mama lakukan adalah, pertama, menghaluskan bumbu ini dan menumisnya. 


Selanjutnya, saat tumisan bumbu halus sudah mulai tercium, Mama bisa mulai memasukkan ayam, air asam jawa, gula jawa, dan garam secukupnya. 

Setelah ayam sudah matang dan bumbu sudah meresap, Mama bisa mengangkatnya dan menusukkan daging ayam selang seling dengan potong nanas dan paprika merah-hijau secara selang-seling. 


Terakhir, panggang sebentar untuk mendapatkan aroma baskaran dan tekstur daging sudah sesuai keinginan. 

Untuk tahu lebih mendetail tentang ukuran masing-masing bahan, silakan lihat di halaman Dapur Umami ini ya, Ma.


2. Sate Kambing Masako®

Nah, ini pasti akan membuat Mama bertanya-tanya: Bagaimana mungkin membuat sate kambing dengan Masako®? Yang pasti memang mungkin melakukan itu da prosesnya juga tidak sulit sama sekali. Plus, hasilnya juga tetap lezat meski tanpa menggunakan sambal kacang. 

Agar lebih mudah dibayangkan, ayo kita lihat bahan-bahannya yang sederhana sekali: 


  • Daging kambing dipotong dadu sesuai selera
  • Masako® rasa daging sapi
  • Daun pepaya

Ya, memang sesederhana itu bahan-bahannya, seperti halnya membuat sate pada umumnya. Bedanya, di sini Mama akan menggunakan Masako® Rasa Daging Sapi untuk membuat daging kambingnya semakin sedap. 


Plus, di situ ada juga daun pepaya yang mungkin akan membuat penasaran. Daun pepaya ini digunakan untuk membungkus daging kambing yang sudah dipotong-potong dan dicampur dengan Masako®. Tujuannya adalah untuk mengempukkan si daging kambing. 

Daun pepaya itu digunakan membungkus dengan cara seperti di gambar ini: 


Membungkus daging kambing dengan pepaya agar sate empuk


Kalau Mama ingin tahu detail bahan-bahan yang diperlukan dan cara pembuatannya disertai gambar-gambarnya, silakan kunjungi resep Sate Kambing Masako® di Dapur Umami.


3. Sate Kambing Teriyaki Ala SAORI®

Setelah menggunakan resep super sederhana ala Masako, kini kita akan mencoba membuat sate kambing yang tak kalah sederhananya tapi dengan cita rasa yang benar-benar berbeda. Dari namanya pasti kelihatan Jepang-jepangnya. 

Untuk membuat panggangan yang satu ini, ada beberapa bahan yang perlu Mama siapkan: 


  • Daging kambing
  • SAORI® Saus Teriyaki
  • Daun pepaya
  • Minyak goreng

Betul, Mama, memang bahannya sesederhana ini. Kali ini, selain cita rasa umami, yang kita coba hadirkan adalah cita rasa teriyaki yang cenderung manis dan legit. 

Cara pembuatannya secara sekilas adalah seperti ini. 


Pertama, potong dadu daging kambing sesuai dengan selera yang nantinya diinginkan buat ukuran sate 

Selanjutnya, tuangkan seluruh isi SAORI® Saus Teriyaki ke potongan daging tadi. Ratakan agar seluruh permukaan daging terkena SAORI®. 


Ketiga, yang merupakan bagian sangat vital, bungkus bungkus dengan daun pepaya semua daging yang sudah dicampur dengan bumbu tadi. Biarkan daging terbungkus daun pepaya selama kurang lebih 60 menit hingga daging bereaksi dengan enzim papain yang ada di daun pepaya. 


Setelah menunggu satu jam dan daging kambing sudah empuk, Mama bisa melanjutkan dengan menusukkan sate ke tusuk yang sudah Mama siapkan dan bersiap memangangnya. Untuk bagian ini, Mama bisa menggunakan teflon anti lengket atau hot plate rumahan yang sekarang favorit dan mudah digunakan itu. 


Jadilah panggangan daging kambing dengan cita rasa umami Jepang tanpa sambal kacang. Untuk mendapatkan detail bahan dan cara pembuatan, ayo mampir ke resep sate kambing SAORI® ini ya, Ma.


4. Sate Ayam Ala SAORI® 

Kalau yang satu ini buat Mama dan keluarga yang lebih suka sate yang agak-agak ringan. Maksudnya adalah, ini buat keluarga yang lebih menyukai sate ayam daripada sate kambing. Memang, tidak semua orang ngefans dengan daging kambing, kan, Ma? 

Namun, ada satu cita rasa yang tidak berbeda di sini, yaitu cita rasa teriyaki yang merupakan paduan dari manis, gurih, dan legit. Dan, yang membuat cita rasa itu lebih kuat adalah karena kita akan memanggangnya. 

Bahan utamanya tentu saja daging ayam dan daun pepaya. Tapi, selain daging ayam, ada bumbu oles yang perlu Mama siapkan, yang terdiri dari: 


  • bawang putih, cincang
  • SAORI® Saus Teriyaki
  • mentega
  • minyak wijen

Bumbu oles ini yang menjadikan sate ayam ala SAORI® berbeda dengan versi kambing yang ditunjukkan di poin sebelumnya. Kali ini ada panduan gurih mentega ditambah aroma minyak wijen yang khas masakan oriental. 

Cara membuatnya sendiri terbilang sangat sederhana: 


Pertama, Mama perlu memotong dadu daging ayam yang sudah disiapkan. 

Kemudian, campurkan semua bumbu oleh (termasuk bawang putih cincang) dan masukkan daging ke sana. Pastikan seluruh bumbu tercampur merata dan seluruh bagian ayam terlumuri. 


Kalau Mama dan keluarga penggemar kecap manis, boleh lho menambahkan kecap manis di bagian ini.

Ketiga, bungkus seluruh daging dengan dua lembar daun pepaya untuk melunakkan daging.


Terakhir, tata daging pada tusuk bambu dan panggang sesuai selera. Kalau ingin aroma sate yang maksimal, gunakan arang. Kalau ingin praktis gunakan hot plate atau teflon. 

Hasilnya nanti akan seperti ini ya, Ma: 


Sate ayam ala SAORI®, tetap lezat tanpa sambal bumbu kacang


Kalau Mama ingin mengetahui ukuran detail setiap bahan dan gambar cara membuatnya, silakan kunjungi resep Sate Ayam ala SAORI® ini ya, Ma.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.