Artikel & Tips 3 Sate Khas yang Hanya ada di Indonesia
3 Sate Khas yang Hanya ada di Indonesia

3 Sate Khas yang Hanya ada di Indonesia

14 Dec 2022, 13:12

Sate adalah kata dalam bahasa Indonesia yang digunakan untuk menyebut segala jenis makanan terbuat dari potongan daging yang dipanggang dengan cara ditusuk dengan tongkat kayu atau bambu. Di luar negeri, yang seperti ini sering disebut barbekyu atau BBQ. Namun, ada lho sate khas yang hanya ada di Indonesia. 


Kalau kita lihat di film-film Hollywood, biasanya yang disebut barbekyu adalah masakan dari daging hewan darat seperti sate ayam, sate kambing, atau sate dengan daging sapi, dan lainnya. Dan bumbu satenya pun cenderung sederhana, antara garam, lada hitam, atau saus barbekyu. 


Nah, sekarang mari kita tunjukkan kepada dunia sate yang tidak bisa ditemukan di mana pun di seluruh dunia kecuali di Indonesia sendiri. Jenis sate-sate ini menggabungkan antara keragaman bahan dan kekayaan cita rasa rempah nusantara. 


1. Resep Sate Kerang 

Yang pertama ini tentu Mama dan keluarga sudah sering lihat, atau bahkan suka mengkonsumsinya. Sate ini memiliki rasa yang cenderung gurih manis dan sangat nikmat untuk menemani kuliner tradisional, misalnya gudeg atau kupang. 

Nah, yang menjadi pertanyaan Mama mungkin adalah bagaimana cara memasak sate kerang ini untuk hidangan di rumah? Untuk itu, mari kita mulai dulu dengan melihat bahan-bahan apa yang dibutuhkan. 


Kalau lihat daftar bahan ini, pasti Mama akan setuju bahwa kuliner semacam ini hanya bisa ada di Indonesia. Bahan utamanya adalah kerang merah atau hijau. Untuk bumbunya, ini dia yang perlu dicatat: kunyit, jahe, bawang merah dan putih, kemiri, cabai merah, lengkuas, daun salam, dan AJI-NO-MOTO®. 


Setelah semua bahan ini tersedia, Mama tinggal mulai proses membuatnya. Pada prinsipnya, kita haluskan bahan-bahan bumbu selain daun salam, lengkuas, dan AJI-NO-MOTO®. Kita tumis bumbu halus dan masukkan sisa bumbunya beserta kerang. 

Terakhir, kita tata kerang yang sudah berbumbu itu pada tusuk sate dari bambu dan kita panggang dengan kompor atau arang. 

Untuk detailnya, Mama bisa melihat laman resep Sate Kerang AJI-NO-MOTO® ini


2. Sate Bandeng 

Ada juga sate khas nusantara yang tidak kalah uniknya, yaitu sate bandeng. Di sini, yang menjadi bahan utama adalah ikan bandeng, yang sangat populer di sejumlah daerah di Indonesia. Tampilan satenya unik seperti ini: 


Sate bandeng yang tidak bisa ditemukan di luar Indonesia


Untuk membuat ini, selain bandeng Mama membutuhkan sejumlah bahan berikut: kelapa parut yang disangrai, santan kental, air asam, telur kocok, minyak goreng. Selain ini, Mama juga membutuhkan bumbu halus yang terdiri dari: cabe merah keriting, ketumbar, jintan, jahe, lengkuas, kunyit, bawang merah, bawang putih. 


Bahan pendukungnya adalah daun pisang untuk membungkus dan bambu yang bisa dibelah sebagai pegangan jepit saat memanggang.


Setelah semua bahan ini siap, cara membuatnya ada beberapa tahap. Pada intinya, cara memasaknya terdiri dari menghancurkan daging bandeng, mencampurnya dengan bumbu, dan memasukkan isinya ke dalam kulit bandeng.

Setelah tahap-tahap ini terlewati, gunakan bambu untuk menjepitnya. Bungkus dengan daun pisang dan panggang hingga sesuai selera.


Kalau Mama tertarik lebih jauh, ayo ke halaman resep Sate Bandeng AJI-NO-MOTO® ini .


3. Resep Sate Pentul Tenggiri ala AJI-NO-MOTO® 

Di sejumlah daerah, sate pentul dikenal juga sebagai sate lilit. Bedanya dengan sate lilit bali, kali ini bahannya tenggiri. Tenggiri cukup populer untuk makanan kegemaran dari berbagai daerah di Indonesia. Mungkin, yang paling populer adalah saat dipakai untuk membuat pempek Palembang. 


Mari kita lihat sekilas bahan-bahan yang perlu dipakai untuk membuat sate pentul tenggiri ini. Bahan utama adalah ikan tenggiri cincang. Untuk bumbu, siapkan: putih telur, kelapa parut, bawang merah dan putih, kunyit, santan, garam, dan AJI-NO-MOTO®. Siapkan sebagai “tusuk” sate ini. 


Cara membuatnya relatif mudah: haluskan semua bahan bumbu dengan ulekan atau blender. Campurkan daging ikan tenggiri. Terakhir, bungkuskan bahan ke pangkal sereh. Panggang di atas wajan anti lengket. 

Sederhana sekali, kan, Mama? 


Untuk mengetahui detail bahannya, kunjungi halaman Sate Pentul Tenggiri ala AJI-NO-MOTO® ini .


Nusantara adalah kawasan yang kaya dengan cita rasa. Suku-sukunya sangat kreatif memadukan semua kekayaan rempah dengan berbagai cara memasak, termasuk sate. 

Selamat mencoba dan mengapresiasi kekayaan nusantara!


Source of thumbnail: Sate Tiram or Mussels Satay. Indonesian Traditional famous seafood menu by Heri Mardinal
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.