Artikel & Tips 3 Resep Ayam Kecap Tanpa Digoreng, Simple dan Bikin Nagih
3 Resep Ayam Kecap Tanpa Digoreng, Simple dan Bikin Nagih

3 Resep Ayam Kecap Tanpa Digoreng, Simple dan Bikin Nagih

27 Sep 2022, 14:09

Mau masak resep ayam kecap tanpa digoreng yang simple tapi lezatnya bikin ketagihan pengen lagi? Ini ada 3 resep yang bisa Mama tiru.

Image: freepik 


Buat Mama yang sedang cari variasi bahan makanan resep ayam kecap spesial yang simple tapi enaknya bikin nagih, di sini tempatnya.

Ayam kecap memang masakan lezat. Bahkan, anak-anak yang sering malas makan bisa langsung bangkit selera makannya karena menu ini.


Kali ini, Dapur Umami akan berbagi 3 resep ayam kecap tanpa menggoreng ayam yang cara masaknya sangat simple dan cepat. Walau begitu, rasanya udah pasti lezat dan bikin siapapun yang makan langsung nagih pengen lagi.


Simak resepnya.


Ayam Kecap Simple Ala Masako

https://www.dapurumami.com/resep/ayam-kecap-masako-aHCE7 


Resep ayam kecap simple ala Masako ini sangat mudah dan cepat. Kelompok bahan yang perlu Mama siapkan yaitu ayam sebagai bahan utama, lalu bumbu halus dan bumbu kecap.

Untuk bumbu halus, hanya perlu bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabe rawit. Uleg atau giling dulu bumbu halus ini karena nanti akan ditumis bersama dengan daun jeruk.


Kemudian, yang termasuk bumbu kecap yaitu kayu manis, kapulaga, Masako® Rasa Ayam, serta gula dan garam untuk koreksi rasa.


Selanjutnya, cara memasak Ayam Kecap ala Masako ini sangat gampang. Tumis dulu bumbu halusnya bersama dengan daun jeruk sampai harum, lalu masukkan ayam yang sudah bersih dengan ukuran potongan sesuai selera.


Terakhir, masukkan bumbu kecapnya beserta air sampai ayamnya terendam. Setelah itu tinggal masak sambil diaduk sampai airnya susut.

Jika ragu, Mama bisa melihat takaran dan cara memasaknya di halaman Resep Ayam Kecap Masako.


Ayam Gongso Ala Masako

Gongso berarti oseng. Untuk membuatnya, ayam perlu diungkep agar empuk. Selain itu, masakan ini juga menggunakan saus tiram sehingga rasanya tak hanya manis, tapi juga gurih.


https://www.dapurumami.com/resep/ayam-gongso-ala-masako


Cara membuat ayam kecap, Mama perlu menyiapkan bumbu halus, tumis, dan bumbu gongso.


Bumbu halusnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, gula merah, cabe merah keriting dan jahe. Nantinya, bumbu ini akan ditumis bersama minyak goreng sedikit dengan daun jeruk, daun salam, daun bawang (jika suka), serai, dan tentunya Masako® Rasa Ayam.


Setelah bumbu matang, masukkan potongan ayam lalu ungkep sekitar 15 menit sampai empuk, kemudian angkat dan sisihkan.


Selanjutnya, Mama perlu menumis bumbu Gongso secara terpisah. Bumbunya terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe hijau, tomat, dan lada.


Setelah harum, masukkan ayam ungkep yang tadi, lalu tambahkan kecap manis dan saus tiram. Lanjutkan memasak dengan api sedang sampai matangnya merata.

Untuk takaran dan langkah memasaknya, Mama bisa mencoba resep masakan Ayam Gongso Ala Masako yang sudah teruji ini.


Ayam Kecap Saus Teriyaki

Jika mau yang lebih mudah dan simpel, Mama bisa memilih resep ayam kecap untuk pemula ini, yaitu Ayam Kecap Saus Teriyaki. Menu ini bisa untuk 10 porsi dan waktu memasaknya pun hanya sekitar 30 menit. Cepat, bukan?


https://www.dapurumami.com/resep/ayam-saus-teriyaki-6vRsB


Bumbunya tidak banyak, hanya kecap manis dan SAORI® Saus Teriyaki serta potongan bawang bombai dan cabe merah.

Cara memasaknya mulai dengan menumis bawang bombai dan cabe merah terlebih dahulu. Kemudian, masukkan potongan ayam dan aduk sampai kecoklatan.


Selanjutnya, tambahkan kecap manis, SAORI® Saus Teriyaki, dan air. Tinggal masak hingga air menyusut dan bumbu meresap, masakan pun siap untuk disantap.

Untuk takaran dan cara memasak, Mama bisa contek di halaman Resep Ayam Saus Teriyaki yang sudah teruji di Dapur Umami berikut. 


Tips Memasak Ayam Kecap

Kalau Mama belum pernah mencoba masak ayam kecap tanpa digoreng, mungkin agak takut kalau aromanya masih amis atau ayamnya kurang matang.

Untuk itu, Mama bisa menerapkan tips berikut.


Pertama, potong ayam dalam ukuran kecil-kecil. Ini akan memudahkan dagingnya cepat matang dan seluruh bagiannya dapat terendam dalam kuah ayam kecap tersebut.


Selanjutnya, setelah mencuci ayam, sebelum mulai memasak, beri tetesan air jeruk limau pada potongan daging ayam. Ini akan membuat bau amisnya hilang saat pemasakan.


Terakhir, pastikan semua bagian ayam terendam dalam kuah dan tutup wajan (ungkep) selama 10 - 15 menit agar ayam empuk.

Resep Ayam Kecap Tanpa Digoreng di atas semua sudah teruji di Dapur Umami. Jadi, Mama tak perlu khawatir dengan rasanya. Walaupun simpel, pasti bakal bikin ketagihan.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.