Artikel & Tips Ternyata Mudah, Bahan untuk Membuat Sushi Rumahan
Ternyata Mudah, Bahan untuk Membuat Sushi Rumahan

Ternyata Mudah, Bahan untuk Membuat Sushi Rumahan

24 Nov 2022, 16:11

Bisa nggak sih kita membuat sushi sendiri di rumah? Sulit nggak ya membuat hidangan yang warna dan bentuknya bisa secantik dan serapi di foto-foto itu? Pasti Mama sering menanyakan ini ketika melihat tatanan kuliner Jepang ini di toko online atau di media sosial. Nah, karena itulah di artikel ini kita akan mengurai berbagai hal dan bahan untuk membuat sushi rumahan.


Saat ini, sushi sangat mudah kita temukan baik di food court maupun di warung online yang bisa kita pesan melalui aplikasi pengantaran. Isian dan harganya pun sangat bervariasi, mulai dari yang sangat terjangkau dengan bahan-bahan sederhana, hingga yang mahal dengan kualitas ikan salmon paling segar. 


Bahan Wajib Membuat Sushi Rumahan

Sebelum masuk ke contoh-contoh resep sushi ala rumahan yang bisa dibuat di rumah, mari kita lihat dulu bahan-bahan yang wajib ada di rumah agar Mama bisa berkreasi di rumah. Oh ya, yang belum disebutkan di sini adalah ikan segarnya. Ikan salmon segar memang tidak selalu mudah didapatkan. Oleh karena itu, di sini kita akan coba sumber protein gurih lainnya sebagai bahan wajib. 


Tapi, kalau di rumah sedang ada salmon, tentu akan sangat cocok kalau nantinya Mama sertakan saat membuat sushi. 


1. Nasi sushi

Pertama, seperti yang kita tahu, sushi adalah makanan yang terbuat dari nasi. Bahan yang wajib tersedia adalah bahan membuat nasi sushi. Eh, apa sih nasi sushi itu? Kalau memang tersedia, Mama bisa menggunakan beras Jepang. Bila tidak, Mama juga bisa menggunakan nasi yang dicampur beras ketan dengan rasio 3:1, atau 3 bagian nasi dan 1 bagian ketan.


Bila ingin tampilan dan rasa yang persis, Mama perlu menggunakan perasa untuk nasi Jepang. Perasa tersebut terdiri dari ¼ gelas air, ⅓ cup cuka beras, gula, dan garam tidak boleh sampai 2 sdm atau secukupnya sesuai selera. 


Campurkan semua bahan ini campurkan ke nasi dan aduk hingga rata ketika nasi sudah masak dan tidak lagi kering tetapi masih panas. Taruh nasi di mangkok atau piring lebar berbahan selain logam (agar tidak terjadi reaksi dengan cuka). Tuangkan perasa ini ke nasi secara merata dan kemudian aduk dengan sendok nasi hingga perasa merata dengan nasi.


Kalau nasi masih panas, kipas-kipasi hingga nasi tidak lagi menguap. Sekarang, selain rasanya lebih gurih, nasi juga tampak kenyal dan mengkilat. Siapkan nasi lalu kreasikan dengan bahan lain seperti telur dadar dari butir telur yang sudah dimasak, kemudian gulung sushi, lalu potong sushi tersebut. 


2. Sayur

Kedua yang perlu ada adalah sayuran. Untuk keperluan sushi, cara membuat sushi dengan bahan dasar sayur, yang tidak pernah salah adalah wortel dan mentimun. Selain bergizi, wortel tentunya sangat bagus untuk estetika dan warna hidangan. Untuk menggunakan wortel, potong-potong korek agar tidak terlalu keras. 


Untuk mentimun, Mama boleh menggunakan dagingnya saja maupun bagian tengahnya. Bagian tengahnya akan membuat sushi terasa lebih juicy saat dikunyah. 


3. Seafood cepat saji dan telur

Bila Mama tidak selalu bisa menyediakan ikan segar, maka seafood cepat saji dan telur bisa dijadikan sebagai sumber protein dalam sushi. Dan, yang tak kalah pentingnya adalah, seafood cepat saji dan telur ini merupakan sumber rasa gurih yang ciamik. 


Kalau Mama menggunakan telur, salah satu cara memasak yang paling enak adalah dengan menjadikannya telur orak-arik. Tambahkan MASAKO® Rasa Ayam atau Rasa Sapi. 


4. Alpukat

Alpukat juga perlu ada untuk membuat sushi rumahan. Alpukat adalah salah satu makanan sumber lemak nabati yang bagus. Selain itu, rasa creamy dari alpukat ini akan menambah kekayaan rasa dalam hidangan yang Mama buat untuk keluarga. 


Memang, dulu orang Indonesia lebih mengenal alpukat sebagai bagian dari hidangan manis, misalnya dibuat jus dengan coklat dan susu. Namun, di berbagai belahan dunia, rasa gurih alpukat ini menjadikannya sebagai teman makan nasi, ayam, maupun seafood


Sushi rumah dengan alpukat, wortel, dan mentimun


5. Nori

Lembaran rumput laut kering adalah satu bahan wajib yang perlu ada di rumah kalau Mama suka sesekali membuatkan sushi buat anggota keluarga. Nori adalah pembungkus yang paling serbaguna untuk nasi. 

Ada sih pembungkus lain, misalnya dengan ikan salmon yang diiris sangat tipis. Tapi kan tidak sepraktis nori yang sudah hadir dalam bentuk lembaran. Percayalah, Ma, satu lembar nori sangat berarti dalam membuat sushi ini.


Sushi rumahan bisa dibungkus nori dengan rapi


6. Kecap Asin

Yang sama sekali tidak boleh absen dari urusan makanan khas Jepang satu ini baik itu rumahan maupun restoran adalah kecap asin. Si kecap asin ini adalah penguat rasa yang tidak pernah salah dalam hal ini. Mama tinggal siapkan kecap asin di sebelah piring saji ketika hidangan sudah siap. Kecap manis akan menjadi penguat rasa yang efektif. 


Nah, selalu siapkan bahan-bahan ini di rumah ya, Ma. Ini bagus kalau misalnya anak-anak tiba-tiba ingin ngemil sushi. Tapi, kalau Mama ingin cara lain yang lebih unik, ayo mampir ke Dapur Umami dan melihat resep sushi goreng atau sushi simpel ala AJINOMOTO® ini.


Selamat mengkreasikan sushi rumahan yang enak ya, Ma.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.