Artikel & Tips Sandwich, Resep Bekal Piknik Keluarga Paling Andal
Sandwich, Resep Bekal Piknik Keluarga Paling Andal

Sandwich, Resep Bekal Piknik Keluarga Paling Andal

08 Nov 2022, 20:11

Memang musimnya sekarang lagi banyak hujan. Kegiatan piknik dan rekreasi tidak sedang tidak bagus di sebagian besar Indonesia. Tapi, sebentar lagi, ketika musim hujan sudah usai, Mama dan keluarga pasti sudah sibuk healing lagi. Nah, agar siap kalau sudah musimnya liburan nanti, inilah saat kita mengenali resep bekal piknik keluarga, yang kebetulan adalah sandwich!


Tapi, sebelum masuk ke bekal piknik yang bisa kita pilih, Mama mungkin perlu tahu cerita lucu di balik sandwich atau roti lapis ini. Menurut Wikipedia, roti lapis adalah salah satu hasil sumbangan penting dari aristokrat Inggris bernama John Montague, the 4th Earl of Sandwich. 


Sejarah Bekal Piknik Andalan

Ceritanya, si bangsawan adalah penggemar permainan kartu. Seringkali, ketika bermain, dia tetap ingin makan tanpa harus menghentikan permainan kartunya. Karena itulah kemudian bawahannya memasukkan daging dan keju dengan dibungkus dua lapis roti. Dengan penataan yang simpel ini, dia tetap bisa bermain kartu dengan satu tangan dan memegang roti dengan tangan lainnya.


Selain itu, tangannya pun tidak berminyak seperti bila dia langsung memegang daging yang dia makan. 


Nilai sandwich atau roti lapis ini memang ada di kepraktisannya. Dan itulah yang membuat banyak orang menjadikannya pilihan ketika harus makan di luar. Bahkan di Indonesia, di mana roti belum lama menjadi bagian dari makanan pokok. Saat ini tidak sedikit orang Indonesia yang menggunakan sandwich sebagai sarapan dan bagian dari resep bekal piknik keluarga. 


Kali ini, untuk memberikan dua saja rekomendasi bekal piknik, kita akan coba membuat dua jenis sandwich Dapur Umami yang bisa dijadikan andalan. 


Sandwich Mayo ala Mayumi®

Yang pertama ini adalah sandwich yang rasanya dijamin sangat gurih dan mengenyangkan. Hal ini karena keju ini menggunakan paduan antara mayones, telur, keju, dan daging asap. Mendengar bahan-bahan ini saja mama pasti sudah bisa membayangkan seperti apa gurihnya, kan? 


Tanpa berlama-lama, mari kita lihat dulu resep hingga cara membuat sandwich andalan kita ini. Pertama-tama, tentu kita perlu siapkan bahannya untuk dua buah sandwich. Di sini, yang kita butuhkan adalah 4 lembar roti tawar (kalau suka roti gandum utuh atau whole wheat, silakan), 2 lembar daging asap, 2 butir telor (jadikan telur mata sapi), 2 sendok makan keju cheddar parut, 2 lembar selada, tomat (iris tipis), mentimun (juga iris tipis), dan terakhir adalah 1 bungkus Mayumi® pedas. 


Setelah semua bahan ini ada, kita tinggal membuatnya. Hanya ada satu langkah khusus yang perlu diperhatikan: panggang roti tawar hingga cukup kering. Mama bisa menggunakan wajan yang diolesi sedikit mentega atau menggunakan toaster untuk ini.

Setelah itu, mari kita tata semua dengan saran urutan: roti, selada, mentimun, Mayumi®, daging lapis, tomat, telur, selada dan roti. Tentu ini hanya saran. Pasti Mama tahu mana yang lebih disukai keluarga. 


Sandwich Teriyaki ala Saori®

Yang kedua ini sedikit berbeda karena menggunakan isian utama tuna. Bagaimanapun, ini tetap sandwich yang tetap menjadi resep bekal piknik keluarga yang selalu bisa diandalkan. Ayo kita siapkan ya, Ma. 

Pertama, bahan-bahan yang dibutuhkan. Kali ini, kita siapkan untuk 3 buah sandwich.


Siapkan 6 lembar roti tawar, 120 gr ikan tuna rebus, wortel, kacang polong, jagung, dan ¼ buah bawang bombay, 1 bungkus Saori® bumbu Teriyaki, 3 sendok makan minyak goreng. Untuk lebih detail tentang ukurannya, Mama bisa lihat di resep Dapur Umami ini ya? 


Untuk membuatnya, kita perlu menyiapkan isiannya dulu. Pertama-tama, iris bawang bombay memanjang dan tumis di wajan. Ketika bawang bombay cukup layu dan sudah wangi, masukkan potongan tuna rebus, wortel potong dadu, kacang polong, jagung dan Saori® bumbu Teriyaki. Ketika sudah matang, angkat isian ini dan tata yang rapi pada roti. 


Dengan dua pilihan sandwich ini, keluarga tetap bergairah selama piknik sambil tetap kenyang. Kira-kira keluarga Mama lebih suka yang mana ya?

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.