Rupa-rupa Resep Ayam Berbagai Suasana

Mama semua pasti setuju bahwa sumber protein yang bisa dipakai untuk berbagai resep adalah daging ayam. Ada berjuta cara untuk memasak ayam. Tapi jangan salah: banyak lho yang mengolah ayam dengan cara itu-itu saja. Padahal ada banyak sekali cara memasak ayam secara tidak lazim yang tersebar di dunia maya. Situs Dapur Umami kegemaran Mama ini punya beberapa resep ayam yang kemungkinan besar belum Mama coba. 

Mari kita bagi berdasarkan cara memasaknya.


Tumisan

Di kelompok pertama ini dua resep ayam yang tidak terlalu umum, yaitu Ayam Suwir ala AJI-NO-MOTO® dan Tumis Ayam Jagung Manis. 



Bisa dibilang, ini adalah resep yang paling sederhana dalam daftar ini. Bumbu yang digunakan memang banyak. Namun, asalkan diikuti sesuai petunjuk di Dapur Umami ini, Mama mestinya akan berhasil membuatnya. 

Yang perlu dicatat di sini adalah Mama akan mendapatkan sumber protein yang bagus dan minim lemak. Karena tidak adanya tulang, masakan ini juga cocok untuk dijadikan bekal makan siang si kecil. 



Resep yang satu ini membutuhkan bumbu yang tidak terlalu banyak tetapi ada beberapa proses yang harus Mama lewati untuk bisa menikmatinya. Daya tarik resep ini ada pada cita rasanya yang gabungan antara seafood dan cabe merah. 

Ayam jagung manis cenderung mengandung sedikit lebih banyak lemak karena kulit ayam tidak dilepas dan perlu melewati proses goreng. Tapi, hal itu bisa diimbangi dengan tidak mengkonsumsi secara berlebihan dan meningkatkan konsumsi serat (sayuran) sebagai teman makan. 


Resep Ayam Jagung Manis yang sederhana ini bercita rasa goreng dan tumis


Cemilan

Untuk cemilan yang berbasis ayam, ada dua yang mungkin tidak banyak dikenal Mama, yaitu Ayam Gulung Sayur dan Gyoza Ayam Sajiku®



Resep ini akan memberi Mama camilan bergizi. Paduan antara ayam dan sayur sudah menjanjikan kandungan gizi yang cukup seimbang. Camilan ini menawarkan sayur-sayuran dan daging ayam yang ditumis dengan sedikit minyak dan kemudian dibungkus kulit pangsit tanpa dikukus. 

Cemilan ini cocok dinikmati dengan saus cabe, saus tomat, maupun kecap. Bahkan, kalau Mama ingin menyajikan ini sebagai makan malam untuk keluarga, ayam gulung sayur ini tetap cocok.



Cemilan ayam yang satu ini memiliki bahan paling sedikit, yaitu ayam, wortel, Sajiku® bumbu nasi goreng rasa ayam dan kulit pangsit. Cemilan yang satu ini cocok untuk menemani acara makan malam atau arisan dengan kawan-kawan dekat.


Resep Kompleks

Kalau Mama ingin yang sedikit tidak biasa dengan cara memasak yang berbeda, silakan coba Ayam Panggang Saus Jamur dan Sup Bayam Asparagus? 



Ayam panggang yang satu ini sekilas saja terlihat tidak biasa. Berbeda dengan masakan Indonesia yang menggunakan santan untuk menghasilkan rasa creamy dan gurih, masakan ini menggunakan susu cair untuk menghasilkan rasa yang sama. Masakan ini sangat cocok dinikmati dengan nasi maupun roti tawar. Peterseli dan susu yang dipakai dalam resep ini memberi masakan ini cita rasa Eropa. 



Yang terakhir ini adalah sejenis sup kental dengan cita rasa gurih. Bahan utama resep ini terletak pada bayam, ayam, asparagus, dan jagung yang masing-masing memiliki cita rasa dan tekstur yang berbeda. 

Cara membuatnya merupakan gabungan antara tumis dan rebus. Rasa yang dihadirkan bumbu sayur sop Sajiku® bertambah dengan penggunaan telur kocok di bagian akhir proses memasak.


Olahan ayam, bawang, asparagus dan bayam yang terasa kaya


Sepilihan resep ayam yang dimasak dengan berbagai cara ini dijamin memberi Mama inspirasi yang tak habis-habis baik itu makanan sehari-hari maupun untuk makanan di akhir pekan. Jangan lupa, dua jenis cemilan yang ada di atas itu juga bagus lho buat perhelatan-perhelatan kecil di rumah.