Artikel & Tips Resep Sop Ikan Batam, Pakai Ikan Tenggiri
Resep Sop Ikan Batam, Pakai Ikan Tenggiri

Resep Sop Ikan Batam, Pakai Ikan Tenggiri

08 Nov 2022, 21:11

Artikel kali ini akan mengajak Mama sekalian untuk berwisata rasa hingga ke Batam. Yup, kota Batam yang terletak di Kepulauan Riau ini memang surganya bagi para pecinta seafood. Salah satu olahan seafood yang populer di sini adalah sop ikan. 


Dengan rasa kuahnya yang agak asam dan segar, berpadu dengan tekstur dari ikan tenggiri yang lembut, siapa yang mampu untuk menolaknya. sekarang kita tantang Mama untuk berani mencoba dan mempraktekannya sendiri di rumah.


Bahan-bahan Sop Ikan Batam

Untuk bahan utama yang diperlukan dalam pembuatan sop ikan batam ini, Mama bisa gunakan berbagai jenis ikan yang tersedia dan mudah di dapat di daerah Mama. Dalam masakan ini biasanya digunakan jenis ikan yang memiliki daging berwarna putih, seperti ikan nila, ikan kakap, maupun seperti yang akan kita ulas, yakni menggunakan ikan tenggiri. Dalam penggunaannya, Mama bisa pilih ikan yang masih fresh alias segar maupun ikan fillet yang sudah dalam bentuk frozen.


Bahan lain yang diperlukan yaitu bawang putih, ebi kering yang direndam dengan air panas, tomat hijau atau tomat ijo, jahe, rebusan tulang ikan, garam, merica,dan tak lupa untuk menambah rasa masakan agar semakin umami AJI-NO-MOTO®.


Untuk sayur yang digunakan, Mama bisa pakai sesuai selera. Mama bisa potong-potong kasar sawi asin, selada dan sawi putih.


Cara Membuat Sop Ikan Batam

Langkah pertama, Mama harus mengolah terlebih dahulu ikan tenggirinya. Bersihkan ikan tenggiri, lalu potong- potong kotak. Jangan lupa pisahkan juga dengan tulangnya. Setelah selesai, rebus tulang ikan tenggiri ini dengan kurang lebih satu liter air. Selagi menunggu rebusan tulang ikan mendidih (air kaldu dari ikan, tidak perlu kaldu bubuk ya, Ma), Mama bisa mempersiapkan langkah selanjutnya.


Haluskan ebi yang sudah direndam air panas tadi dengan bawang putih, merica, dan garam hingga lembut. Lalu panaskan wajan dan beri dengan sedikit minyak, tumis bumbu halus tersebut hingga matang dan harum, masukkan jahe. Jahe ini bisa mama geprek atau iris tipis seperti korek api, sesuaikan dengan selera. Bila bumbu sudah matang, masukkan sebentar ikan tenggiri hingga berubah warnanya.


Bila rebusan tulang ikan tenggiri ini sudah mendidih, maka akan menghasilkan kaldu ikan. Masukkan ikan tenggiri yang sudah dimasak dengan bumbu kedalam panci berisi kaldu ikan. Memasaknya jangan terlalu lama ya Ma, agar ikan tidak hancur. Setelah itu Mama bisa tambahkan sawi asin, sawi putih, dan tomat yang sudah dipotong kecil. Jangan lupa test rasa dan tentu saja masukkan AJI-NO-MOTO® ke dalam masakan.


Cara menyajikannya, Mama siapkan mangkuk, tata terlebih dahulu selada, lalu tuang sop ikan yang sudah masak hingga ikan matang ini. Jangan lupa kucuri air jeruk nipis untuk menambah kenikmatan rasa ya Ma.


Ada rahasianya juga nih Ma, agar menikmati semangkuk sup ikan batam ini lebih nikmat lagi, Mama bisa membuat racikan kecapnya. Cara membuatnya cukup simpel, Mama potong potong atau gunting cabe rawit, dan campurkan dengan kecap asin dan sedikit kecap ikan (jika diperlukan), aduk – aduk hingga merata. Wah rasanya akan semakin seru, perpaduan gurih, asam, dan pedas akan meledak di mulut.


Tertarik untuk mencobanya kan, Ma? Apalagi cuaca sering hujan seperti ini, cocok banget lah dengan sajian ini. Untuk resep sop ikan ala Batam lainnya, Mama bisa kulik lebih lanjut dengan berselancar di website Dapur Umami yang lengkap banget dari A hingga Z. Selamat berkreasi di dapur Ma!



Source of thumbnail: fish soup or sour fish soup by Jobrestful
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.