Resep Ikan Mujair Nyat-Nyat Kintamani Enak dan Lezat - Dapur Umami

Resep Ikan Mujair Nyat-Nyat Kintamani Enak dan Lezat

Bosan dengan olahan ikan mujair yang digoreng atau dibakar? Di Kintamani Bali terdapat menu fenomenal yang tidak kalah enak dengan ayam betutu, yaitu ikan mujair nyat nyat. Mama bisa mencoba membuat ikan mujair nyat nyat Kintamani yang menjadi primadona di Bali. Seperti apa sih, ikan mujair nyat nyat dan bagaimana resepnya? Simak ulasan berikut ini. 


Apa Itu Mujair Nyat Nyat?


Salah satu ikan air tawar yang biasa dikonsumsi dan cukup digemari adalah mujair. Rasa gurih, tekstur daging lembut, serta harga terjangkau menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai ikan ini. Selain itu, mujair juga bertulang besar sehingga dagingnya yang lembut bisa dengan mudah dinikmati. 


Tak kalah dengan ikan salmon, mujair juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Seperti kolin, vitamin D, vitamin B12, niacin serta fosfor. Di samping itu, mujair juga mengandung omega-2 yang baik untuk tubuh. 


Menariknya, jenis ikan mujair nyat nyat khas kintamani yang cocok diolah dengan cara dimasak apa pun, mulai dari ikan goreng, ikan bakar atau gulai ikan. Belakangan ini, ikan mujair menjadi makanan favorit di Kintamani, yaitu mujair nyat nyat. 


Mujair nyat nyat adalah salah satu kuliner khas Bali, sebuah pulau surganya destinasi wisata yang berbahan dasar ikan dan dimasak hingga air surut. Sekilas bentuknya mirip dengan ikan pesmol, namun, mujair nyat-nyat menggunakan bumbu khas Bali yang membuat rasa lumpur tidak lagi terasa.  


Mengapa bernama mujair nyat-nyat? Nyat-nyat dalam bahasa Bali artinya air surut. Istilah nyat nyat merujuk pada teknik memasak yang khas, yaitu mengolah bahan makanan hingga bumbu meresap dan air surut.   

Penasaran bagaimana resep dan cara membuatnya?


Resep Mujair Nyat Nyat Kintamani 


Kintamani merupakan daerah di Bali yang terkenal sebagai penghasil ikan. Beberapa penduduk di Kintamani membudidayakan jenis ikan air tawar: ikan mujair, terutama yang tinggal di sekitar Danau Batur di bawah Gunung Batur. Terlebih lagi, ikan-ikan yang berasal dari Danau Batur tidak berbau tanah dan rasanya lebih khas daripada dari tempat lainnya. Tak heran jika wisatawan mudah menemukan masakan berbahan dasar ikan di sini, seperti mujair nyat-nyat.  


Sebagai masakan khas daerah, mujair nyat nyat mempunyai rasa yang unik, karena memasak khas Bali-nya menggunakan bumbu bumbu sampai airnya genep khas Bali. Cara membuat mujair nyat nyat cukup sederhana. Mama hanya perlu menyiapkan ikan mujair yang masih segar. Serta bumbu lengkap khas Bali seperti kunyit, lengkuas, jahe, kencur, duo bawang, ketumbar, cabai, dan terasi. 


Untuk menghilangkan bau lumpur, maka lumuri ikan dengan jeruk nipis dan rendam dalam bumbu kuning. Marinasi selama 5 menit, kemudian goreng atau bakar setengah matang. Sisihkan. 

Di tempat terpisah, Mama bisa menghaluskan bumbu genep khas bali dan tambahkan serai dan daun salam. Tumis bumbu genep, hingga tercium aroma yang gurih. Setelah itu, tuang 1 liter air ke dalam bumbu genep yang sudah beraroma gurih tersebut. 


Tambahkan penyedap rasa Masako┬« agar lebih sedap. Masukkan seikat kemangi sebagai bahan pelengkap, namun ini bisa opsional saja karena jika tidak ada pun, tidak akan mengurangi rasa lezatnya. 

Tunggu beberapa saat hingga air mendidih, kemudian masukkan ikan dan masak hingga air menyusut. Bagaimana, mudah, bukan? 


Begitulah resep ikan mujair nyat nyat Kintamani yang bisa Mama coba sebagai menu makan malam bersama keluarga. Agar lebih nikmat, Mama bisa menghidangkan mujair nyat nyat dengan cah kangkung dan nasi hangat. Soal rasa, jelas tak ada lawan, karena begitu Mama mencobanya akan terasa gurih yang bercampur dengan asam, asin dan pedas. Siapkah mencoba kuliner Nusantara ini, Ma?






Source of Thumbnail: Grill Fish by didoi