Artikel & Tips Resep Ayam Kecap Bawang Bombay, Ala Kondangan
Resep Ayam Kecap Bawang Bombay, Ala Kondangan

Resep Ayam Kecap Bawang Bombay, Ala Kondangan

12 Sep 2022, 16:09

Bisa dibilang, Ayam Kecap Bawang Bombay hampir selalu ada bila kita menghadiri kondangan atau acara perjamuan. Ayam kecap bawang bombay ini memang tepat disajikan dan disandingkan dengan menu yang lainnya. 


Eits, tapi kini Mama tidak perlu menunggu datang di kondangan maupun perjamuan untuk menikmatinya, karena Mama bisa membuat dan memodifikasi resepnya di rumah dengan bahan-bahan yang ada di kulkas. 

Untuk referensi ayam kecap yang lainnya, Mama rajin cek di kolom resep website Dapur Umami.


asian-g76a422ba0_1920.jpg

Ayam kecap bawang bombay bisa dimodifikasi dengan buncis atau asparagus


Resep ayam kecap bawang bombay

Untuk resep masak ayam kecap bawang bombay ala kondangan ini, Mama harus mengolahnya dua kali. Yang pertama adalah mengungkep ayam terlebih dahulu, baru kemudian membumbuinya dengan bumbu yang lainnya dan tentu saja bawang bombay. 


Mama bisa pilih ayam yang masih muda. Karena daging ayam yang masih muda lebih mudah menyerap bumbu dan lebih empuk. Potongan ayam pun sebaiknya tidak terlalu besar ya Ma.

Untuk membuatnya, langkah pertamanya adalah Mama perlu menghaluskan bumbu ungkepnya. Bumbu ungkep ini terdiri dari bawang putih, ketumbar, kunyit, lengkuas, dan garam yang sudah menjadi bumbu halus. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong-potong. Kemudian, rendam potongan ayam itu dalam bumbu ungkep dan air secukupnya hingga meresap. 


Lebih baik bila ayam ini dimarinasi dalam bumbu ungkep selama semalam. Kemudian, goreng ayam ini hingga matang kecoklatan. Sisihkan terlebih dahulu.


Langkah terakhirnya adalah Mama iris tipis-tipis bawang bombay dan bawang putih. Pastikan bawang bombay dalam jumlah yang banyak, agar rasa resep ayam kecap spesial ini semakin enak. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu, lalu masukkan sedikit saja air.


Selanjutnya, masukkan kecap manis, saus tomat, SAORI® Saus Tiram, gula, garam, lada bubuk atau merica bubuk (salah satu) dan MASAKO® Rasa Ayam. Tes rasa terlebih dahulu. Bila sudah pas, masukkan ayam hingga menyusut dan dan bumbu meresap. 


Bila menginginkan rasa sedikit pedas, Mama bisa menambahkan potongan cabai sesuai selera. Dengan taburan bawang goreng, ayam kecap bawang bombay siap dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Sudah siap nambah piring kedua kan Ma?


Resep ayam kecap paprika

Variasi resep ayam kecap yang satu ini juga sering kita temui saat kondangan lho, Ma. Selain rasanya yang sangat menggiurkan, warnanya yang cantik. Untuk resep ayam kecap yang enak dengan paduan paprika ini Mama bisa memanfaatkan atau menggunakan ayam fillet (baik itu fillet dada maupun fillet paha). Sesuaikan dengan stok yang ada di kulkas Mama. 


Langkah pertama yang perlu Mama lakukan adalah: potong-potong ayam fillet yang sudah dibersihkan dan marinasi dengan bawang putih, merica, dan sedikit garam. Setelah didiamkan beberapa saat, lumuri ayam yang sudah dimarinasi ini dengan tepung maizena hingga merata. Panaskan minyak untuk menggoreng ayam hingga ayam agak kering (usahakan matang, jangan setengah matang). Kemudian ditiriskan. Sisihkan terlebih dahulu.


Hal terakhir yang perlu Mama lakukan adalah menumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu. Masukkan juga paprika merah, hijau, dan kuning yang sudah diiris korek api hingga layu. Masukkan ayam yang sudah digoreng sebelumnya. Bumbui dengan perpaduan SAORI® Saos Tiram, kecap manis, kecap asin, sedikit merica hitam, garam, gula, dan AJI-NO-MOTO®. Test rasa terlebih dahulu untuk memastikan rasanya pas mantap.


Tuangkan sedikit dan larutan kanji. Kemudian aduk hingga mengental dan tercampur rata. Terakhir, masukkan daun bawang yang diiris menyerong, hingga layu. Ayam kecap paprika ini siap dinikmati bersama keluarga. Sajikan hangat-hangat.


Bagaimana, Ma? Mudah bukan mempraktekkan dua resep ayam kecap ala kondangan di atas? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Ma!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.