Resep Ala Restoran Chinese, Dijamin Cepat Menghabiskan Nasi

Apakah anggota keluarga Mama ada yang menggandrungi masakan Chinese? Tidak salah memang bila menggandrungi masakan Chinese, karena kuliner ini memiliki rasa yang sangat kuat dan unik. Apa ada resep yang membuat restoran Chinese food memiliki cita rasa yang khas itu? 


Masakan chinese food ini memiliki keunikan, karena lebih sering dikonsumsi sebagai menu makan malam dan disajikan dalam pesta, baik pesta pernikahan, ulang tahun, maupun acara kumpul keluarga. 


Meskipun banyak penjual dari pinggir jalan hingga resto, Mama tetap bisa membuatnya di rumah dengan resep yang akan dibahas di dalam artikel ini, dengan begitu Mama bisa mengkreasikan isian dan sayur yang digunakan sesuai dengan yang bahan yang ada di rumah.


Resep capcay ala restoran Chinese.

Salah satu menu yang menjadi andalan di resto Chinese adalah Capcay. Secara Bahasa, cap memiliki arti sepuluh, dan cay ini berarti sayur, jadi secara harfiah capcay berarti sepuluh jenis sayur. 


Inilah yang menyebabkan capcay berisi banyak ragam sayur, namun dalam prakteknya tentu Mama tidak perlu mempersiapkan sepuluh jenis sayur untuk membuatnya. Sayur yang lazim digunakan adalah wortel, sawi putih, sawi hijau, jamur, kol dan berbagai sayuran pelengkap lainnya. 


Dalam proses memasaknya, capcay bisa dimasak dalam dua cara, yakni capcay goreng dan capcay yang berkuah. Untuk resep dan cara membuatnya, Mama bisa cek resep di Dapur Umami. Tips agar sayur masih terasa kresh, masak dengan api besar dan cepat.


Resep Fuyunghai asam manis

Di restoran Chinese, salah satu menu ini merupakan menu yang favorit. Porsinya yang besar, bisa dimakan oleh semua usia, dan rasanya yang gurih, asin ,dan rasa asam dari saosnya. 


Untuk membuatnya Mama harus mempersiapkan bawang bombay 1 buah ( pilih bombay yang besar ), bawang putih, bawang merah, wortel, seledri, ayam cincang, dan tentu saja bahan utamanya telur. 


Untuk resep ini, Mama cukup memasukkan semua bahan, dan mengocok dengan telur hingga tercampur rata. Setelahnya goreng hingga kecoklatan dan garing pinggirannya. 


Selagi menunggu fuyunghai matang, Mama bisa membuat saus asam manisnya, yakni dengan menumis bawang putih, wortel yang diiris memanjang hingga layu, masukkan juga Masako┬« rasa ayam, setelah itu Mama masukkan maizena sebagai pengentalnya. 


Siramkan saus di atas fuyunghai yang telah Mama buat. Fuyunghai ala resto siap dinikmati bersama keluarga. Sedikit tips, untuk mendapatkan hasil fuyunghai yang mengembang dengan sempurna, Mama bisa mengganti pemakaian telur ayam dengan telur bebek.


Resep Ayam saus mentega, dijamin ngabisin nasi 

Salah satu menu dengan protein hewani ini sangat mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan waktu lama untuk membuatnya. Dengan bahan yang sangat sederhana, yang tentu ada di dapur Mama. Untuk bahan utama Mama hanya memerlukan ayam yang telah dimarinasi dengan sedikit jeruk nipis, goreng kering. 


Hal ini agar ayam tidak berbau amis, dan ada sedikit aroma jeruk setelah digoreng. Lalu Mama bisa menumis bawang bombay, mentega, sedikit kecap inggris, kecap asin, SAORI┬« saus mentega, setelah bawang bombay layu masukkan ayam yang telah digoreng. 


Angkat dan ayam saus mentega siap disajikan dengan sepiring nasi, tetapi tentu tidak cukup kalau hanya satu piring nasi, nambah, nambah lagi.

Semua resep ala restoran Chinese ini sangat mudah dibuat, yang jelas terjaga kebersihan dan kualitas bahan.