Rahasia Bumbu Sate, Super Duper Gampang - Dapur Umami

Rahasia Bumbu Sate, Super Duper Gampang

Sate adalah satu makanan yang melegenda di Indonesia. Bahkan, menurut penelitian, hampir 300 jenis sate bisa ditemukan di negara kita. Salah satu yang menjadikan sajian ini enak adalah bumbunya. Tapi, tahukah Mama bahwa bumbu sate bukan hanya kacang?


Beberapa waktu ini kita sudah menjelajahi khazanah sate di Dapur Umami ini. Tapi, pastinya Mama masih penasaran dong dengan yang lain. Berikut beberapa alternatif sate lagi untuk dicoba rahasia dan ragam bumbunya!


Bumbu sate kecap

Pada artikel ini kita mulai dari bumbu sate yang paling gampang, jadi Mama bisa sat-set dalam membuat sate. Walaupun tidak terlalu banyak bahan yang dibutuhkan, bumbu sate kecap tetap terasa endes, enak dan pedes!


Bahan yang perlu Mama siapkan adalah cabai rawit, cabai merah, bawang merah, dan kecap manis. Yang tidak semua orang ketahui adalah bahwa rahasia bumbu sate kecap ini terletak pada cara pembuatannya. Mama hanya perlu mengiris tipis tipis semua bahan dan mencampurnya dengan kecap manis. Pilih kecap manis berkualitas bagus yang menjadi andalan Mama. 


Untuk memberi hint rasa yang lebih top, jangan lupa Mama tambahkan sedikit perasan jeruk limau pada campuran bumbu sate kecap ini ya, Ma.

Bumbu sate kecap ini selain dijadikan pendamping makan sate, juga bisa digunakan untuk marinasi sebelum sate dibakar lho. Jadi, fungsinya 2 sekaligus!


Bumbu sate kacang

Bumbu sate kacang ini yang paling umum digunakan untuk dinikmati bersama sate, baik itu sate ayam maupun sate daging sapi, daging kambing dan daging lainnya. Bumbu sate ini ternyata gampang membuatnya lho, Ma.


Bahan-bahan yang diperlukan antara lain adalah kacang tanah, cabe merah besar, duo bawang, kemiri, kecap manis, daun jeruk, gula merah, garam, dan MASAKO® sesuai takarannya.


Untuk membuatnya, langkah pertama yang perlu Mama lakukan adalah, goreng kacang tanah hingga matang. Kemudian, goreng bumbu, cabe merah, duo bawang, dan kemiri hingga harum.


Setelah semua siap, Mama haluskan kacang tanah dan bumbu menggunakan blender hingga semua halus.


Di Tempat lain, Mama siapkan wajan, masak bumbu sate yang telah dihaluskan tadi dengan ditambahkan sedikit air. Masukkan juga gula merah, daun jeruk, garam, dan tentu saja MASAKO® untuk memperkuat rasa. Tes rasa, sajikan bersama sate yang sudah Mama buat.


Berikut rahasia biar bumbu sate kacang yang Mama buat semakin lezat:



  • Pakai kacang mete

Untuk rasa yang semakin gurih, mama bisa mengganti kacang tanah dengan kacang mete. Selain itu tekstur bumbu satenya juga lebih creamy.



  • Sertakan kulit kacang

Ketika menggoreng kacang tanah, harus disertakan dengan kulit arinya. Karena hasil akhirnya akan berwarna sangat pucat bila kacang tanah digoreng tidak bersama kulitnya. Selain itu, rasanya juga kurang nendang.



  • Haluskan kacang segera

Haluskan bumbu kacang ini begitu selesai digoreng agar minyak pada kacang keluar. Selain itu, bila Mama menghaluskan kacang dengan ulekan, menghaluskan begitu selesai digoreng akan menjadikan proses semakin cepat.


Bumbu sate taichan

Apakah Mama dan keluarga bosan dengan menu sate yang itu-itu saja? Kalau iya, mungkin ini saatnya Mama mencoba sate dengan bumbu yang satu ini. Sate taichan ini dimakan tanpa bumbu kecap maupun bumbu kacang. Sebaliknya, sate ini ini dinikmati dengan sambal.


Sate taichan ini sebelumnya sudah direndam atau dimarinasi dengan bumbu bawang putih dan beberapa bahan lainnya sebelum dibakar, sehingga sudah memiliki rasa yang nikmat.


Bahan yang Mama siapkan untuk membuat bumbu sate taichan, cabe rawit, cabe keriting, duo bawang, garam, jeruk nipis, dan apalagi kalau bukan MASAKO®.


Cara membuatnya pun, cukup mudah: rebus cabe dan duo bawang hingga lunak. Ulek semua bahan dengan garam dan MASAKO®, lalu tumis bumbu halus tersebut dengan sedikit minyak goreng. Angkat dan sajikan bersama sate taichan. Kalau ingin instruksi yang lebih mendetail, silakan mampir ke sini ya, Ma. 


Nah, macam-macam kan bumbu sate itu? Ini baru tiga lho. Masih ada lagi bumbu sate yang bisa kita eksplorasi untuk dipraktikkan di akhir pekan!