Artikel & Tips Mengenal Chachan, Makanan Favorit Member BTS yang Bisa Dibuat di Indonesia
Mengenal Chachan, Makanan Favorit Member BTS yang Bisa Dibuat di Indonesia

Mengenal Chachan, Makanan Favorit Member BTS yang Bisa Dibuat di Indonesia

09 Nov 2022, 13:11

Seperti pernah kita bahas di artikel sebelumnya, salah satu makanan kesukaan member BTS atau Bangtan Sonyeondan atau yang sering disapa juga Bangtan Boys asal Korea Selatan adalah nasi goreng Jepang yang disebut chahan. Pasti Mama bertanya-tanya, seperti apa sih kira-kira bedanya dengan nasi goreng yang kita kenal itu. Memang sudah sepantasnya kita bertanya begitu. Ayo kita kenali chahan khas Korea agar kita juga bisa membuatnya di Indonesia.


Chahan vs Yakimeshi

Beberapa sumber mengatakan bahwa Jungkook suka makan nasi goreng Jepang tetapi yang disebutkan adalah “yakimeshi.” Jungkook sangat menyukainya. Bisa jadi keduanya benar, tapi “yakimeshi” memang lebih dikenal. Dan “yakimeshi” inilah yang sebenarnya paling mirip dengan nasi goreng kita di Indonesia. 


Agar lebih mantap pengetahuan Mama, mari kita lihat letak perbedaannya di mana. Yakimeshi adalah nasi yang digoreng di wajan dengan sedikit minyak. Biasanya nasi yang dipakai adalah nasi yang sudah dingin. Kalau kita ingin tambahkan telur, biasanya telur tersebut goreng terpisah setelah atau sebelum nasi dan ditaruh di atas nasi dalam keadaan sudah jadi. 


Chahan agak berbeda. Meskipun sama-sama menggunakan nasi yang sudah dingin (atau nasi dari hari kemarin), tapi cara memasaknya cukup berbeda. Yang paling menonjol adalah bagaimana kita menggunakan telor saat memasaknya. Telor biasanya dimasak berbarengan dengan nasi. Selain itu, kita bisa menggunakan banyak sayur, udang, atau daging. Yang terakhir, Mama juga bisa menambahkan kuah tertentu saat memasak Chahan. 


Chahanan, makanan favorit member BTS ini bisa disajikan dengan kuah


Cara Memasak Makanan Favorit Member BTS

Nah, sekarang mari kita mencoba cara memasak Chahan. Misi kita sudah pasti ya, Ma: membahagiakan para remaja kita di rumah yang sedang gandrung sama para idol K-Pop dan K-Drama itu. Ayo!


Pertama, mari kita daftar dulu bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat chahan. Tentu Mama butuh nasi yang sudah dingin dua piring, dua butir telur (kocok), tiga siung bawang putih (cincang), bawang bombay, dua atau tiga bawang daun (iris-iris), minyak sayur, kecap asin, garam, lada, dan ayam atau daging sapi (potong dadu kecil-kecil), acar jahe atau gari secukupnya diiris korek.


Jangan lupa MASAKO® Rasa Ayam atau Rasa Sapi sebagai penguat rasa.

Oh ya, khusus untuk acar jahe, Mama boleh membuat sendiri atau membeli di marketplace online dari lapak yang tidak jauh dari tempat tinggal Mama. Atau, kalau mau membuat sendiri juga boleh kok. 


Nah, sekarang mari kita mulai memasaknya. Caranya sebenarnya simpel saja. Pertama, tumis bawang putih cincang dengan sedikit minyak sayur. Ketika sudah mulai harum, masukkan daging atau irisan ayam, potong dadu. Saat Mama rasa daging sudah mulai matang, masukkan kocokan telur, dan nasi. Masukkan garam dan lada sambil terus diaduk rata. 


Selanjutnya, ketika nasi sudah terbumbui dengan baik, Mama perlu memasukkan irisan daun bawang. Kalau Mama kebetulan punya sawi di kulkas atau kacang polong, Mama boleh masukkan semua itu pada saat ini. Selanjutnya masukkan kecap asin sesuai selera. Terakhir, jangan lupa beri MASAKO® Rasa Ayam atau Rasa Sapi secukupnya. 


Ketika semuanya sudah siap, angkat Chahan dan sajikan dengan sejumput gari atau acar jahe. Kalau acar jahenya yang warna pink itu, wah, akan cantik sekali nasi goreng Jepang karya Mama ini. Pasti begitu lihat warna-warni Mama dan keluarga langsung bergairah makan. 


Makanya, tidak heran makanan ini jadi favorit member BTS (Jimin, J hope, Suga, RM, Jungkook, V, dan Jin) selain kimchi jjigae, naengmyeon atau mie dingin, ataupun makanan Korea lain, baik ketika mereka berada di kampung halaman maupun ketika mereka berada di Indonesia. Memang pantas kok sepupu nasi goreng Indonesia ini menjadi makanan favorit bintang dunia. 


Kalau sudah bisa bikin, jangan share resepnya Dapur Umami ya, Ma, untuk melengkapi Kimchi Hot Fried Rice yang sudah pernah Mama coba itu!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.