Masak Lezat Gizi Lengkap ala Rumah Makan Lesehan

Pasti sesekali Mama dan keluarga kangen keluar rumah dan menikmati kuliner di tempat-tempat eksotik. Pasti beda rasanya makan ikan bakar atau ikan goreng di rumah makan lesehan. Untuk mengobati itu, sebenarnya bisa kok Mama masak sendiri menu-menu eksotis tersebut. 


Seperti apa sih? Kali ini, mari kita coba melihat menu sederhana tapi gizi lengkap yang bisa Mama masak di rumah untuk keluarga. Selain nasi sebagai sumber kalori kita, ada setidaknya tiga kuliner lain yang pasti menghadirkan suasana Rumah Makan Lesehan, yaitu ikan goreng bumbu kuning, tumis kangkung, dan lemon tea. 



Mujair Goreng Bumbu Kuning

Mari kita mulai dengan masak yang paling menggoda dulu. Mujair goreng adalah menu mudah dan favorit untuk rumah makan lesehan. Untuk menyiapkan ini, bahan-bahannya cukup mudah: ikan mujair (3 atau 4 ekor), jeruk nipis, garam dan merica bubuk, dan tentu saja minyak goreng. Untuk bumbu halusnya, siapkan kunyit (1 jari), ketumbar (1 butir), bawang putih (3 siung), bawang merah (6 siung) dan jahe. 


Ikan mujair dapat dibersihkan dan kemudian dilumuri perasan jeruk nipis dan garam campur merica. Biarkan bahan-bahan ini meresap sambil menunggu menyiapkan bumbu halus. 


Untuk bumbu halus, campur semuanya dan kemudian blender atau tumbuk sampai benar-benar halus. Pada prinsipnya, semakin halus bumbu semakin mudah pula dia meresap ke dalam makanan. 


Setelah semuanya siap, oleskan bumbu halus ke seluruh permukaan mujair dan biarkan bumbu meresap selama beberapa saat. Sangat dianjurkan agar Mama menyiapkan ini malam hari untuk dimasak keesokan harinya. Semakin lama bumbu meresap, semakin lezat rasa ikan. 


Selanjutnya mama tinggal memanaskan minyak di atas kompor dan kemudian menggoreng ikan hingga cukup kering. Selanjutnya Mama dan keluarga bisa menikmati mujair yang kandungan proteinnya tidak kalah dengan dada ayam. 


Masak mujair sebenarnya mudah

Hadirkan sensasi rumah makan lesehan dengan masak mujair goreng



Tumis Kangkung

Untuk melengkapi mujair goreng, Mama juga perlu masak tumis kangkung yang merupakan sumber serat yang bagus serta beberapa mineral lainnya. Selain itu, kangkung adalah termasuk yang paling mudah Mama temukan. Mama bisa temukan kangkung di penjual sayuran mana saja, mulai pasar tradisional sampai bagian sayuran di swalayan besar.

 

Untuk membuat tumis kangkung, berikut bahan-bahan yang diperlukan: kangkung (3 atau 4 ikat), bawang putih (3 siung, dirajang), bawang merah (6 siung, dirajang), laos dan jahe. Bahan lainnya adalah saus tiram, kecap, gula dan garam, minyak goreng, cabe merah (sesuai selera, diiris tipis-tipis, dan penyedap rasa. 


Untuk menyiapkan tumis ini, pastinya Mama sudah hapal betul. Kalau butuh pengingat, berikut yang bisa dijadikan kunci: panaskan minyak, masukkan bumbu rajang dan tumis, masukkan kangkung dan tumis hingga cukup lunak, dan tambahkan bahan-bahan lain yang memperkuat rasa.



Lemon Tea

Terakhir, tidaklah lengkap masak mujair goreng dan tumis kangkung tanpa yang biasa menemaninya di rumah-rumah makan lesehan. Tempe dan tahu adalah teman yang tidak pernah salah. Namun, minuman yang khas dan memberikan suasana lesehan adalah teh atau lemon tea. 


Untuk lemon tea, Mama bisa memakai teh jenis apa saja asalkan dicampur dengan perasan dan irisan jeruk lemon. Jeruk lemon saat ini juga tidak terlalu sulit didapatkan di penjual buah di mana-mana. Kabar baiknya adalah lemon tea bisa disiapkan dalam waktu 5 menit saja


Tapi, kalau Mama ingin yang lebih mudah dan bahannya pasti bisa ditemukan di mana saja, lemon bisa diganti dengan jeruk nipis. Mungkin cita rasanya akan sedikit berbeda dengan lemon tea. Namun, efek yang didapatkan (yaitu aroma teh dan kesegaran jeruk) tetap bisa diperoleh.  


Jadi, apakah Mama sudah siap masak dan menghadirkan atmosfer rumah makan eksotik di ruang makan keluarga? Inilah saatnya! Kalau masih belum bisa ke rumah makan lesehan, mari kita bawa rumah makan lesehan ke rumah kita.