Artikel & Tips Manfaat Mentimun Untuk Penderita Hipertensi
Manfaat Mentimun Untuk Penderita Hipertensi

Manfaat Mentimun Untuk Penderita Hipertensi

08 Nov 2022, 16:11

Apakah Mama sudah mengetahui manfaat mentimun? Yak mentimun yang biasa kita temui sebagai pelengkap makanan berupa lalapan atau garnish saja. Banyak diantara kita menyepelekan dan menganggap remeh sayuran hijau yang satu ini ternyata beribu manfaatnya.


 Mengkonsumsi mentimun memiliki banyak khasiat, diantaranya adalah makanan untuk menurunkan tekanan pada darah kita lho Ma, terutama bila Mama ataupun ada anggota keluarga yang memiliki riwayat hipertensi, sehingga kita lebih memiliki risiko terkena tekanan darah tinggi . Selain berkonsultasi dan rutin minum obat – obatan sesuai saran dari dokter, namun tidak ada salahnya kan Ma kalau kita mencoba bahan alami sebagai penurun hipertensi atau tekanan darah tinggi ini. Manfaat mentimun ini sudah melewati penelitian dari ahli. Berikut merupakan kandungan dan manfaatnya :


Kalium Dan Magnesium

Ternyata dalam 100 gram mentimun, mengandung lebih dari 100 mg kalium dan 12 mg magnesium. Mama perlu tahu bahwa dalam dua kandungan tersebut berfungsi sebagai penjaga kinerja dari otot bila kadar darah rendah. Lebih dari itu, kalium dan magnesium ini dapat membuat rileks kerja dari dinding pembuluh darah, sehingga dapat sebagai penurun tekanan darah.


Lebih lanjutnya, tingkat kalium yang baik dalam tubuh juga sangat penting untuk memastikan sinyal sinyal pada sistem saraf dan jantung. Sehingga detak jantung penderita hipertensi tetap pada angka yang normal dan stabil. Karena orang dengan hipertensi memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami serangan jantung bahkan gagal jantung.


Dengan kandungan kalium yang tinggi pada mentimun maka selain baik untuk menurunkan hipertensi, mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, juga berfungsi sebagai pelindung pembuluh darah dan melindungi kesehatan jantung kita. 


Asam Amino

Kandungan asam amino yang tinggi dalam mentimun ini antara lain berupa glycine, alanine maupun methionine. Asam amino ini dapat meningkatkan kemampuan hemeostasis dalam tubuh, yaitu sebuah mekanisme agar tubuh kita tetap berfungsi normal walaupun terjadi perubahan dari dalam maupun luar tubuh kita. Sehingga tidak diragukan lagi, asam amino yang tinggi dari mentimun inilah yang akan efektif dalam menurunkan tekanan darah.


ANTIOKSIDAN

Kandungan dan manfaat baik yang terakhir dari mentimun adalah kandungan antioksidan, berupa lutein, dan lycopein. Kandungan antioksidan ini mampu mencegah stres oksidatif, yang menjadi salah satu pemicu dari timbulnya hipertensi.


Olahan mentimun untuk mencegah hipertensi :


Jus Mentimun

Untuk membuat jus mentimun ini sangatlah mudah. Mama cukup siapkan 2 buah mentimun, kupas mentimun dan cuci bersih. Masukkan kedalam blender hingga halus, saring dan sajikan segera. Jus mentimun segar ini bisa dinikmati kapanpun.


Infused Water Mentimun

Untuk membuat infused water mentimun ini sangatlah sederhana, namun untuk menambah manfaatnya Mama juga bisa memasukkan potongan buah lainnya seperti lemon, daun mint, ataupun stroberi. Siapkan saja air mineral sebanyak 8 hingga 10 gelas, masukkan potongan mentimun dan simpan ke dalam lemari pendingin setidaknya empat jam.


Acar Mentimun

Mama cukup potong-potong mentimun sesuai selera, tambahkan sedikit gula dan garam, kucuri dengan jeruk nipis. Wah acar mentimun yang menyehatkan ini siap dinikmati. Namun Mama harus ingat, pilih mentimun yang kondisi masih segar, agar nutrisi dan kandungan baik dalam mentimun tidak hilang.

Untuk resep olahan mentimun lainnya yang juga baik untuk menggempur hipertensi alias darah tinggi, Mama bisa cek di website Dapur Umami. Selain mengkonsumsi mentimun dan menerapkan pola makan sehat, jangan lupa untuk mengecek kondisi kesehatan secara rutin ya Ma. Salam sehat!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.