Artikel & Tips Makanan Favorit Member BTS di Indonesia, Apakah Nasi Goreng?
Makanan Favorit Member BTS di Indonesia, Apakah Nasi Goreng?

Makanan Favorit Member BTS di Indonesia, Apakah Nasi Goreng?

09 Nov 2022, 12:11

Dalam banyak video yang bertebaran di YouTube, para member BTS, Boyband asal Korea Selatan ini, suka sekali mengomentari makanan. Tampaknya mereka penggemar kuliner yang cukup militan ya, Ma? Satu ada satu makanan yang sering di-review para member BTS yang sebenarnya juga makanan khas Indonesia, yaitu nasi goreng. Tapi, apa betul makanan tersebut adalah jadi favorit member BTS (Bangtan Boys) di Indonesia? 


Jawabannya adalah ya dan tidak, Ma. Pertama iya karena ketika Jungkook ke Indonesia, dia sempat makanan yang sering disingkat nasgor tersebut. Jungkook sangat menyukainya. Bahkan si Jungkook sampai hapal lho nama makanan kesukaan-nya tersebut. 


Tapi sebenarnya yang dia favoritkan ketika di Korea bukan nasi goreng biasa. Setelah ditelusuri, para member BTS ini suka nasi goreng ala Jepang yang namanya Chahan. Di artikel lain kita bicarakan soal tapi. 

Kali ini, yang perlu kita tahu adalah bahwa Chahan sebenarnya tentu tidak terlalu berbeda dengan nasi yang digoreng yang suka Mama buat untuk keluarga. Toh, asalnya juga sama-sama dari Tiongkok. 


Tapi, ada dua jenis nasi goreng kegemaran Jungkook and the gang yang bisa Mama siapkan di rumah, yaitu fried-rice kimchi dan nasi goreng daging. Untungnya kedua ada di Dapur Umami, situs kuliner kegemaran Mama semua! 


Konon, nasi goreng adalah makanan favorit member BTS di Indonesia


Nasgor Kimchi, favorit BTS

Kalau ada makanan Korea yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan orang Korea, pasti Mama sudah hapal: Kimchi. J-Hope sang jago ngerap itu gemar sekali dengan yang namanya Kimchi. Nah, kalau mereka Mama tawari Kimchi Hot Fried Rice ala Dapur Umami ini, pastinya mereka akan suka ya, Ma? 


Tapi, bahan-bahannya apa saja sih untuk membuat makanan ini? Cukup standar sih sebenarnya, selain beberapa tambahan khas Korea. Bahannya adalah nasi dingin, kimchi, sawi hijau, daun bawang bombay (diiris memanjang), SAJIKU® Nasi Goreng Pedas, minyak untuk menumis dan minyak wijen secukupnya. Untuk toppingnya, Mama siapkan telur mata sapi, nori yang diiris seperti mie, dan biji wijen, atau tambahan irisan ayam. 


Cara memasaknya cukup simpel. Pertama, iris-iris kimchi. Selanjutnya, tumis irisan kimchi dengan minyak hingga mengering. Kemudian masukkan nasi dan SAJIKU® dan aduk-aduk dengan api kecil. Setelah semuanya tercampur rata, masukkan sawi hijau yang telah dipotong-potong, daun bawang, dan minyak wijen (skip dulu bawang merah dan bawang putih ya, Ma). 


Setelah tekstur nasi goreng sudah sesuai keinginan Mama, angkat nasi dan sajikan di atas piring. Tambahkan toping yang telah Mama siapkan. 


Cara penyajian yang membuat para Army meledak

Nah, kalau sudah siap, yang perlu Mama lakukan selanjutnya adalah penyajiannya. Memang makan nasi paling mantap di meja makan. Tapi, tidak ada salahnya juga Mama mencoba menyajikannya di depan TV atau internet TV yang sudah siap memutar BTS di salah satu kanal streaming kegemaran. 


Selanjutnya, ceritakan kepada keluarga nasi goreng adalah kegemaran Jungkook. Dan, yang lebih spesial lagi adalah, bahwa nasi goreng yang sudah Mama masak ini adalah nasi goreng kimchi! Pastinya, tidak ada remaja yang tidak tahu bahwa kimchi adalah salah satu makanan favorit member BTS, seperti hanya kebanyakan orang Korea. 


Kalau sudah begitu, dijamin deh anggota keluarga semua langsung bisa menghubungkan bahwa Mama sedang membawa mereka ke Korea. Di sinilah mereka jadi seperti lagunya BTS: 

“I’m a light it up like dynamite, whoa oh ooh!”



Resep Kimchi Hot Fried Rice ala Sajiku®



Nasi goreng favorit lainnya

Pertanyaan terakhirnya sekarang adalah: apakah cuma nasi goreng kimchi jjigae saja yang bisa jadi makanan favorit para member BTS di Indonesia? Apakah kira-kira ada nasi goreng lain yang akan mereka sukai di Indonesia? 


Tentu jawaban pastinya hanya ada pada diri para member BTS itu. Namun, kalau kita memperhatikan bahwa mereka sangat suka makan berbagai jenis daging, mungkin ada satu lagi resep yang akan mereka sukai, yaitu Nasi Goreng Daging Sayur ala Dapur Umami ini. Nah, yang ini bisa Mama coba lihat sendiri ya? 

Selamat mencoba, Ma!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.